Heartburn pada Ibu Hamil
Pic by Google


Kalo mendengar heartburn apa sih yang terlintas di pikiran emak semua? 

Heartburn atau Refluks adalah perasaan terbakar yang dirasa di sekitar dada hingga tenggorokan. 

Ibu hamil tri semester akhir akan sering mengalaminya. 
Apalagi ibu hamil dengan riwayat asam lambung.

Duuuuh,  jangan tanya rasanya..
tidur jadi susah, kenyamanan langsung hilang.
Apalagi seringnya ibu hamil merasakan heartburn saat malam.

Apa saja yang harus dilakukan bila mau menghindari heartburn sih mak?

1. Makanlah dengan porsi kecil.

boleh.. ibu hamil boleh makan sering-sering tapi dengan porsi kecil.  Kenapa? 
Karena dengan bentuk perut yang sudah limited di akhir trisemester membuat perut ibu hamil cepat penuh. 
Ini sih yang membuat gas berdesakan di dalam perut sehingga membuat kita merasakan heartburn.

2. Hindari makanan bergas. 

Yuhhu.. Makanan bergas seperti kol, durian, apalagi minuman bersoda.  Ini makanan pantangan bila ibu hamil sering merasakan heartburn. 
Ditahan dulu ya mak selera nya hingga adek bayi lahir.

3. Hindari makanan berbumbu tajam.

Makanan berbumbu tajam seperti kare,  dan makanan spicy yang pedas-pedas harap dihindari ya mak.
Meski pun emak-emak kadang adalah pecinta kuliner yang pedas sampe dower, lebih baik dihindari agar kehamilan yang tinggal beberapa bulan lagi ini tidak bertambah menyiksa.

4. Jangan makan sebelum tidur.

Sebaiknya makan 2-3 jam sebelum tidur. Makan terlalu malam hingga langsung tidur selesai makan sebaiknya memang ditinggalkan. Lambung masih bekerja dan menciptakan banyak gas yang bisa naik ke tenggorokan bila kita langsung tidur. 

5. Letakkan kepala lebih tinggi dari perut.

Ibu hamil disarankan memakai bantal yang lebih tinggi dari pada perut agar heartburn bisa dihindari.

6. Tinggalkan kafein

Uhuk.. Kadang pecinta kopi tidak bisa meninggalkan kebiasaan yang satu ini meskipun sedang hamil.
tapi sebaiknya memang jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi atau pun coklat.


Naaaah..
itulah beberapa langkah dan saran yang bisa emak bagi agar tak lagi mengalami heartburn saat hamil ya mak.


Jangan lupa jaga kesehatan, biar fit hingga lahiran nanti..

♥♥♥♥

12 Comments

  1. sehat-sehat ya bumil.... semoga persalinannya lancar, Aamiinn...

    ReplyDelete
  2. Saya juga mengalami heartburn ini saat hamil 7 bulan sampai mau lahiran, rasanya sedap sekali yah sampai gak bisa tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes.. Rasanya nyesss.
      kadang udah tau penyebabnya, tapi karena makanan itu enak, tetep aja dilakuin Hehehhe.

      Delete
  3. sehat..sehat ya bumil. penyakitku banget nih asam lambung 😅 selain ini krn terllau sering muntah. sakit di ulu hati juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak dyah..

      Iya, apalagi kalo muntah pas perut kosong. Serasa perut diperes ya kak..

      Delete
  4. Semoga lancar. Tiada kesusahan dlm lahiran semoga bayinya sehat juga.

    ReplyDelete
  5. Sehat terus kak. For u for baby and for all families 😊

    ReplyDelete
  6. Makasi informasinya, kak, semoga sehat terus ya, kak....

    ReplyDelete