Langsung ke konten utama

Gapura Digital Medan

Sudah anak 5, sudah sibuk - sibuknya malah minta izin ke suami buat ikutan acara dari Google, yakni Gapura Digital. Sempat suami tidak memberi izin karena masih bingung soal anak-anak mau dititip kemana.

Yap, akhirnya diberi izin juga. Emak bersyukur meski anak semakin banyak, suami jadi lebih fleksibel memberi izin. Dulu saat masih tinggal di area Medan, anak masih 2 dan 3, malah gak pernah ke luar ikut komunitas. Paling sesekali boleh ikut pas ekskul almamater dulu mengadakan pagelaran acara teater, selebihnya diam saja di rumah.

Akhirnya,  Sabtu dan Ahad menjadi jadwal emak ikut pelatihan Gapura Digital by Google. Sebenarnya ini bukan kali pertama Google memberikan pelatihan gratis ini, dan emak pun mengikuti sesi yang ke tiga, dimana modul yang emak pelajari di hari pertama adalah modul ke 9 dan ke 10 yaitu tentang iklan Google Search Ads.


Kenapa Harus Beriklan di Google Search Ads
Mungkin bagi pengusaha ataupun orang yang baru memulai bisnis akan bertanya, kenapa sih harus beriklan di Google Search Ads?

Tentu kita sering ya melihat iklan di jalanan,  apakah di billboard dengan cara sewa bulanan,  spanduk, bahkan ada yang membagi - bagikan brosur di jalan. Cara-cara seperti itu belum tentu efektif untuk menarik minat dari target konsumen.

Penyewaan billboard yang mahal belum tentu setiap yang melihat iklan tersebut sesuai dengan target pasar dari produk yang kita tawarkan.  Belum lagi biaya yang tidak sedikit dan juga belum tentu semua melihat iklan tersebut.

Begitu juga dengan brosur yang sering dibagikan, Jujur lah mak, bila mendapat brosur lebih sering dibaca atau segera dilipat tak peduli? Bahkan tak jarang orang yang dibagikan brosur tersebut, membuang kembali brosur dalam jarak 5 meter saja. Sakit nya tuh di sini.. hehe

Dengan iklan Google Search Ads, secara otomatis Google akan menayangkan iklan kita sesuai dengan target pasar dan konsumen. Bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki,  dan bisa kita kendalikan iklan akan muncul di jam berapa. Daaan kita bisa melihat dan menelaah siapa saja sih yang sudah melihat iklan kita.

Tentu ini akan menjadikan langkah beriklan yang efektif dibanding dengan beriklan melalui cara konvensional.

Gapura Digital,  di Swiss Bellin Medan

Hari pertama ada 2 sesi modul yang kita pelajari. Yakni tentang iklan Google Search Ads dan juga iklan Google Display. Keduanya diisi oleh Fasilitator Google yang komunikatif menyampaikan seluruh isi materi. Di hari pertama, saya memfavoritkan pak Marzuki sebagai Fasilitator Google yang baik.  Beliau juga pemilik dari merk Maidanii Pancake Durian


Pak Marzuki,  Fasilitator Google


Ilmu periklanan memang terus berkembang pesan mak. Dulu saat masih kuliah dan belajar tentang iklan, emak hanya tau tujuan berkampanye atau beriklan ada 4 yakni disingkat AIDA. Sekarang bertambah 1 lagi, dengan huruf L, yaitu Loyalty. 

Berikut adalah tujuan beriklan:
1. Awareness. 
Untuk membangun kesadaran target market bisnis anda tentang produk yang anda bangun.

2. Interest
Kampanye untuk membuat orang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang produk anda.

3. Desire
Kampanye untuk membuat orang lebih tertarik lagi untuk membeli produk anda.

4. Action
Kampanye untuk membuat orang membeli produk anda.

5. Loyalty
Kampanye untuk membuat orang tetap menggunakan produk anda.



Bagaimana Google Ads bekerja

Menggunakan Google Ads melalui Google Bisnisku

Tujuan beriklan/Kampanye

Di hari pertama, setelah belajar di modul 9, kita masuk ke modul ke 10. Yakni belajar tentang Google Display.  Di sini dijelaskan banyak tentang perbedaan Google Search Ads dan Google Display. Mulai dari tampilan hingga jenis bisnis yang cocok dengan keduanya. 

Berikut, jenis produk yang cocok menggunakan Google Display:

1. Bisnis yang ingin membangun atau meningkatkan  kesadaran merk / brand awareness.
2. Bisnis yang ingin mendatangkan metrik ke situsnya. 
3. Bisnis yang sedang menjalankan promosi untuk  meningkatkan penjualan. 
4. Bisnis yang memiliki  daya visual yang kuat.


Contoh ukuran format Google Display

Beberapa syarat dan element penting Google Display

Selesai lah emak di hari pertama, di hari kedua emak belajar modul 11 dan modul makanan.  Kali ini emak sangat tertarik dengan Fasilitator Google yang kedua, yakni kak Mollyta Moehtar. Beliau menjelaskan beberapa teknik pengambilan gambar yang bisa menarik minat pembeli. 

Sungguh ilmu itu memang berkembang. Teknik foto yang dulu dipelajari di bangku kuliah pun mengalami banyak perubahan dan nama. Gak salah memang kalo emak belajar kembali untuk meng-upgrade ilmu.

Modul 11 sih yang kita pelajari kebanyakan pengulangan materi hari pertama dan beberapa dasbor.  Kebanyakan juga kita belajar tentang tombol-tombol yang ada di Google Display. 

Belajar sambil bawa bayi

Beberapa foto menu yang menarik dan alasannya

Beberapa channel Google

Overall, keseluruhan acara Gapura Digital by Google ini sarat manfaat buat emak dan juga pebisnis lain. Di akhir setiap sesi modul kita dipersilakan mengirim feedback ke sebuah alamat.
Nah, yang pengen tau modul apa aja yang kita pelajari boleh buka beberapa link berikut. Semoga bermanfaat.  Dan emak pun berencana akan mengikuti kembali semua modul dari yang pertama hingga akhir. Thanks Google. 

bit.ly/moduleGD09
bit.ly/moduleGD10
bit.ly/moduleGD11
bit.ly/modulemakanan





Kak Mollyta Moehtar

Bersama para wanita kece blogger Sumut


Komentar

Nurhilmiyah mengatakan…
Semoga ilmu yang didapat bisa barokah dan bermanfaat ya Kak Icha. Kemaren akutu gak fokus coz anakku lari-larian di ruangan. Untung suami juga ikut, jadi beliau ajadeh yg menyimak materi dengan baik, hehe
jendelamamak mengatakan…
Belum ikutan Gapura Digital nya, masih di kelas basic WomenWill. Mudah2an ada kesempatan lagi utk ikut kelas ini. Salut lho aku mbak, bisa bawa bayi ikutan kelas. Terbaikkkk!!!
LinRaNa Mom mengatakan…
Selain itu pak marzuki juga adlah ayahnya zulharmin ya cha....
Kwkwkkwkw

Gak bisa colek2 di sini ya.. Hihihi
blogger parenting mengatakan…
Hihi kak mia, namanya anak-anak.
Aamiin
blogger parenting mengatakan…
Iya Dev, rencana mau ikut womanwill juga.. Masih nyari jadwal yang pas.
kalo keseringan keluar rumah takut gak dikasih, wkwk
blogger parenting mengatakan…
Iya kah kak vivi? Wkwkwk Kupikir Zulharmin cuma kerja doank di situ.. hehehe
Dian Restu Agustina mengatakan…
Seru dan hepi pasti bisa ikutan acara Gapura Digital by Google yang sarat manfaat khususnya buat pebisnis ini. Alhamdulillah tambah ilmu dan jaringan baru ya Mbak:)
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Semoga nanti gapura juga ada di pekanbaru. hiks, baperlah aku gak bisa ikutan dan bisa baca keseruan kalian.
irpanisme mengatakan…
Alhamdulillah saya juga dapat banyak ilmu dari acara serupa di Bandung, malah saya daftar jadi Fasilitator, dan keterima. ^_^
Maliha mengatakan…
Beruntungnya ya mba salah satu peserta di Gapura Google ya, dan Saya sampai saat ini masih maju mundur ingin pasang iklan google ads di blog,ternyata manfaatnya lumayan ya untuk lebih menjangkau luas tulisan kita
Zahara mengatakan…
waaah. asli aku jadikepingin ikut gapura digital deh! kepingin belajar lebih dalam soal gugel ads
Aini dian mengatakan…
Wah iri lah aku sama mamak-mamak yang satu ini. Semangatnya patut dicontoh. Nice info maaaaaak. Love u
Selvijua mengatakan…
Senangnya bisa ikutan komunitas didukung suami. Dan aku juga jadi lebih tau beriklan yang paling efektif itu dimana, karna aku juga mau memulai usaha juga
Erfano mengatakan…
Wah, acaranya seru banget mbak. Suka dnegan acara acra begini, bagaimana melakukan branding terhadap sebuah produk, mencari sasaran untuk pasar. Mantaap! Semoga kalau ada Gapura Digiral lagi aku bisa ikutan. Aamiin.

Satu lagi, salut buat mbak mencari ilmu sambil membawa bayi. Dan salut buat cara yang membolehkan ibu untuk membawa bayi. keren!
blogger parenting mengatakan…
Iya mba dian.. ♥
blogger parenting mengatakan…
Ayo kak dyah, awak doain segera dapet komunitas yang seru di sana ya.. ♡
blogger parenting mengatakan…
Wah, keren mas irpan. Semoga makin sukses ya..
blogger parenting mengatakan…
Iya mba maliha ♥
blogger parenting mengatakan…
Hehe iya mba Zahara.. Ayo semangat
blogger parenting mengatakan…
Makasih banyak kak aini ♥
blogger parenting mengatakan…
Iya mba Selvi...
blogger parenting mengatakan…
Iya mas Erfano. Acaranya mendukung ibu banget..
April Hamsa mengatakan…
Aku belum pernah berkesempatan ikutan acara kyk gini mbak seru dan ilmunya bergizi banget yaaaa.
Btw aku setuju zaman skrng iklan tu msh memegang peranan penting buat promosiin usaha dll, apalagi zaman digital kyk sekarang ini, kudu belajar manfaatin ads juga yang disediakan oleh Google salah satunya ya :D
blogger parenting mengatakan…
Iya mba April. Bener itu
sugatangguh mengatakan…
Keren acaranya. Apalagi ilmu ya tentang per-google-an. Tapi sayangnya aku belum pernah ikutan acara gede seperti ini. Alasannya mungkin karena tinggal di kota kecil di Jawa Timur. Tapi kalau misal kan ada info dan acara diadakan di kota besar terdekat, Surabaya. Aku sangat tertarik.
Pringadi mengatakan…
Syaang banget aku melewatkan kesempatan emaa untuk belajar soal google search ads ini. pasti bermanfaat banget
Ilham Sadli mengatakan…
ilmu tentang bagaimana dunia google ini memang tidak ada habisnya, terutama periklanan. Tetapi memang sebagain besar iklan bisa menarik konsumen untuk lanjut berbelanja apa yang dijual, karena memang efektif.

Tapi terlepas dari itu semua, aku belum benar-benar mengerti dengan dunia google karena kian hari algoritmanya selalu update
Farhati Mardhiyah mengatakan…
ilmunya bermanfaat banget kak apalagi buat blogger yang mau monitize blognya lebih profesional, aku mau terapin pelan-pelan dulu aaah
lrdailyroutine mengatakan…
wuah, ada belajar mengenai google adsence ya kak e ? padahal pengen tau ilmu ttggoogl ads ini. tapi monmaap daku salfok ke dedek bayi yang digendong. gemesss masyaAllah.
blogger parenting mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
blogger parenting mengatakan…
Iya mas Suga, surabaya termasuk kota besar tempat diadakan gapura digital.
blogger parenting mengatakan…
Mas Pring coba cari info deket dari kota besar, biasanya serentak diadakan.
blogger parenting mengatakan…
Hehehe mas Ilham, saya juga gak ngerti ttg algoritma itu.. Tapi di sini dipelajari cara membaca trafik dan memperbaiki penjualan bila iklan nya kurang efektif.
blogger parenting mengatakan…
Siiip mba farha♡
blogger parenting mengatakan…
Yuk Lance the kita pelajari modul selanjutnya...

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…