Langsung ke konten utama

Tips ibu yg "alhamdulillah ya sesuatu.." part 1

tulisan ini terinspirasi dari temen
awak yetong aka yessi.
berhubung dia sudah tua.. umur
mau 24 tp ingatan 42,apalagi saat ini
sedang hamil, jadi ia suka lupa dan
gak tau mau berbuat apa untuk
membuat bayinya smart dan sehat.
ok guys..
saia akan buat beberapa tips buat
calon ibu yang sesuatu bgt yah...
menjadi ibu adalah anugerah yg tak
terkira. menunggu hadirnya si buah
hati yang telah ada di rahim menjadi
kenikmatan tersendiri. apapun jenis
suami kita, siaga, cuek atau malah
gak keliatan peduli sama sekali..
namun jangan sampe mempengaruhi
emosi dan membuat stress karena
akan mempengaruhi calon baby kita.
percayalah ibu cantik,, meskipun
kelihatan suami kita cuek, namun di
lubuk hatinya yang terdalam dia
sangat menantikan kehadiran
anaknya.
"tips untuk tri semester pertama"
1. pastikan asupan makanan kita
sehat ya bu..
sebaiknya hindari sup yang berisi
daging yang membuat kita gemuk.
memang kelihatannya sehat banget
makan sup.. tapi ternyata sup sangat
ampuh membuat body kita yang sexy
menjadi sebesar gajah, namun calon
baby kita bobotnya gak naik2.
kl pengen sup, seenggaknya 1 bln
sekali aja bu..
tapi ingat, harus sup yang kita masak
sendiri.
sup yang dijual di pasaran meskipun
enak namun mengandung MSG.
MSG atau monosodium glutamat
adalah bahan kimia untuk membuat
masakan gurih.
semua penyedap rasa pasti ada msg
nya.
dan msg itu selain memicu kanker,
gak baik untuk baby kita.
dan mulai sekarang, hentikan jajan di
luar.
kalo gak tahan bgt, dua bln sekali
bolehlah.
hindari juga makan mi instan, bakso,
mie ayam dan semua jajanan yang
menandung saos..
apalagi saos olahan yang tidak jelas.
2. tambahan vit bila diperlukan.
kalo saya bu,, dulu minum vit untuk
DHA yang berguna untuk
pembentukan otak bayi.
3. minum susu bila perlu.
kalo asupan makanan kita cukup gizi
dan seimbang, sebenarnya gak
minum susu ibu hamil tidak apa-apa.
namun bila kita tidak yakin gizi
seimbang setiap hari tidak asa
salahnya mencoba minum susu
minimal 1 hari sekali.
4. olah raga secukupnya.
meskipun kita bekerja, coba bangun
pagi, jalan sebentar dan nikmati
udara pagi yang bersih sangat baik
untuk kita bu..
5. check up ke dokter sesekali.
gak perlu tiap bulan.. 2 bln sekali
untuk kontrol berat badan dan
perkembangannya aja udah cukup..
"tips untuk tri semester kedua"
masih sama seperti tips di atas..
namun bu.. sekarang fokus kita
bukan karena anak laki-laki atau
perempuan. karena usia 4 bln
biasanya sudah terlihat jenis
kelaminnya.
fokus kita terhadap perkembangan
calon baby. tanyakan dokter saat
check up, apakah perkembangannya
normal, berat badan cukup dan tidak
ada kelainan pada si bayi.
kalo berat badan bayi kurang..
perbanyak konsumsi teri dan brokoli
karena efektif menaikkan bb bayi.
"tips untuk tri semester ketiga"
masih sama seperti sebelumnya..
namun bu, rajinlah olahraga untuk
membantu memperlancar kelahiran
anak.
untuk yg beragama islam, sujud saat
shalat diperlama ya bu..
karena gerakan sujud mampu
membenarkan letak bayi yang tidak
normal.
mulai rajin bangun malam tahajud
ternyata berguna saat si bayi sudah
lahir.
bayi lbh sering terbangun malam
tidak akan memberatkan kita kalo kita
rajin dan sering bangun malam.
saat check up, apalagi memasuki bkn
ke 8, lihat posisi bayi, sudah normal
apa belum, ini bisa jadi pertimbanan
kita untuk melahirkan normal atau
caesar.
lalu, perhatikan berat bayi.
jangan sampai terlalu besar.
menurut pengalaman saya bu,
meskipun saya tidak merasa
keberatan, namun tubuh
menunjukkan gejala lain saat bayi
membesar.
tiap ibu memang berbeda, hanya saja
pastikan badan ibu sesuai dengan
berat bayi.
oh iya bu, jangan lupa cek kadar gula
dan tekanan darah saat hamil.
kadar gula tinggi, anak beresiko kena
diabetes nantinya dan lahir dengan
badan yang besar.
tekanan darah tinggi bisa membuat
bayi lahir tdk sehat dan sering terjadi
kasus cacat.
ok..
tips tambahan untuk bersalin..
rencanakan di mana akan melahirkan,
di dokter atau bidan.
kemudian ingin caesar atau normal.
jangan takut melahirkan normal kalo
memang bisa.
kalo kita rajin merawat tubuh, tdk
akan ada perubahan kok..
hitung besaran biaya, keluarga yang
menjaga saat melahirkan dan
peralatan baby yang disiapkan.
oh y bu, menurut pengalaman saya,
buatlah plan A dan B.
semisal bidan /dokter tiba2
membatalkan bantuan, kita tidak
kelimpungan lagi.
nah menjelang bersalin..
agar tidak menunggu terlalu lama,
saat bidan/dokter sudah mengatakan
bukaan 1.. minumlah rendaman air
"rumput fatimah".. insya Allah lancar
dan sebentar.
rumput fatimah itu sejenis akar2an
berbunga dari arab yang berwarna
putih menguncup. saat direndam air
panas, ia akan kembang.
tiriskan dan keringkan ia akan kuncup
kembali.
simpan lagi untuk kelahiran anak
berikutnya.
jadi jgn dibuang ya..
sekian dulu tips yang sesuatu bgt
ya..
nantikan tips selanjutnya dari saya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…