Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Wisata Syariah Pamah Simelir

Taman wisata syariah pamah Simelir


 Anak-anak belum masuk sekolah. Nanti Tanggal 15 Juli baru masuk kembali. Mereka minta jalan-jalan karena sepupunya yang dari Sidempuan ada di rumah.

Awalnya pengen ngajak anak-anak ke Tangkahan. Tapi mereka cerita tentang Kebun binatang yang ada kolam renangnya. Emak pun kebayang ke Central Park and Zoo bawa mereka. Memang gak jauh sih, tapi ternyata Emak salah duga.

Maksud sepupunya ke R Zoo yang di daerah Pegajahan. Haha, maaf akhirnya kami memutuskan ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Ke TWS Pamah Simelir alias Taman Wisata Syariah Pamah Simelir.

TWS Pamah Simelir

Terletak di Dusun Pamah Simelir, Telagah, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Berjarak sekitar 75 KM dari Medan. 

Kami berangkat dari Medan pagi sih sebenarnya. Harusnya dari rumah kami lewat Binjai karena secara posisi TWS kan ada di Langkat. Tapi karena kami harus menuju ke Medan Kota jadi kami lanjutkan ke arah Tuntungan.

Nah dari sana kami melewati jalan potong yang melewati wisata Armaya. Selebihnya kami melewati jalan potong yang disarankan Google. Ternyata ketemu beberapa jalan rusak. Inilah yang kemudian membuat kami sampai di TWS pukul 11.30.

Memang sih kami sempat berhenti di pertengahan perjalanan. Kami sarapan sebentar di dekat bendungan. Setelahnya kami berangkat kembali dan mendapati TWS Pamah Simelir pas sekali di pinggir jalan.

Turun dari mobil suasana sejuk segera menyapa. Memang hari itu kami tidak menghidupkan AC mobil karena sejak pagi cuaca mendung dan dingin. Apalagi kami jalan potong melewati bukit-bukit. Sayang melewatkan panorama yang menyegarkan mata.

Tiket Masuk ke TWS Pamah Simelir 20K untuk dewasa. Anak-anak berusia 3-7 tahun membayar 10K week day. Sementara week end membayar 15K. 

Apa Aja di TWS Pamah Simelir?

1. Miniatur Beberapa Masjid

Dari pinggir jalan kita bisa langsung melihat Masjid yang berbentuk Kakbah. Masjid ini bersih sekali. Untuk jamaah perempuan harus naik ke atas untuk mendapati mukenah yang bersih dan harum.

Kamar mandi di manapun posisi bersih. Mau yang dekat masjid, dekat kolam ataupun dekat dengan penginapan. Terjaga dengan baik.

Miniatur kompleks al aqsa

Miniatur masjidil aqsa

Miniatur masjid nabawi


Ada beberapa miniatur seperti Masjid Nabawi, Kompleks Masjidil Aqsa, Kakbah dan juga Masjid Istiqlal. Di dalam Masjid Nabawi kita bisa masuk dan membaca beberapa informasi seperti beberapa profil Ilmuwan Muslimin, Kakbah dari masa ke masa, pahlawan wanita Indonesia hingga potret perjalanan haji di masa lalu.

2. Kolam Renang

Ada beberapa kolam yang tersedia di sini. Ada yang khusus buat muslimah juga. Semuanya bersih. Buat yang gak tahan dingin sih biasanya melewatkan berenang di kolam.

Namanya cuaca pegunungan yang sejuk, Mungkin orang mencari air hangat ya. Hehehe tapi di sini kolam berisi air pegunungan yang sejuknya luar biasa.

Kolam TWS Pamah Simelir


Oh ya, ketika masuk di kawasan kolam renang ada petugas yang akan menanyakan apakah kita akan menyewa pondok?

Tenang aja, masih terjangkau kok. Pondok membayar 30K untuk ukuran yang lega untuk sekeluarga. Emak juga sempat melihat ada keluarga besar yang hanya menyewa satu pondok. Mereka sampai dan langsung bikin pesta bakar ikan. Syukurnya bekal kami cukup menggugah selera. Jadi gak ngiler amat. 🤣

Begitu sampai di kolam anak-anak minta berenang langsung padahal Emak sarankan makan lagi sebelum berenang. Benar saja, belum 5 menit berenang anak-anak minta makan. 

3. Penginapan

Untuk yang ingin bermalam di sini juga bisa. Ada beberapa tipe yang tersedia. Harganya juga bervariasi. Tersedia mulai glamping, pods maupun camping area. Harganya bervariasi.

Mulai 150K-350K untuk weekdays. Kalo di weekend yang termahal 450K. Tapi jangan lupa ya, sebelum menginap tiket masuk tetap dihitung perorang ya.

4. Wifi

Setelah google mqps menyatakan kita telah sampai tujuan, otomatis hilanglah semua sinyal hp. Liburan sebenarnya libur. Gak ada yang bisa menghubungi kita baik melalui panggilan seluler maupun internet.

Makanya ada petugas yang menanyakan apakah kita butuh sewa wifi. Sebenarnya gak mahal. Cuma 10K saja. Tapi karena Emak dan suami butuh space untuk beneran libur maka kami tidak butuh sewa wifi.

5. Fasilitas Umum

Fasilitas seperti masjid, kamar mandi, kantin dan cafe juga ada tempat membeli oleh-oleh. Harga makanan dan minuman masih terjangkau. Gak terlalu mahal. 

Kesemuanya bersih dan pelayanan ramah. Emak perhatikan, setiap ada pengunjung yang pulang otomatis semua dibersihkan saat itu juga. Makanya gak ada sampah yang tercecer.

Ada satu spot namanya kantin kejujuran. Di situ diletakkan beberapa barang yang dijual dengan label harganya. Nanti kita tinggal letakkan saja uangnya di situ.

Oh ya, masjid juga punya banyak agenda ya. Untuk kajian juga tertulis jadwalnya di dinding masjid. Bener-bener taman wisata syariah. 

Penutup

Liburan ke TWS Pamah Simelir menjadi salah satu alternatif liburan yang menyenangkan di sekitar Medan. Tempatnya yang bersih dan pelayanan yang ramah menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

Oh ya, pulangnya kami lewat dari arah Tahura Berastagi. Meskipun lebih jauh namun jalannya bagus. Kami sempat berpoto dengan background Gunung Sinabung yang gagah. Alhamdulillah Allah beri kami rezeki berlibur ke sini. 

Gunung Sinabung


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

Posting Komentar untuk "Taman Wisata Syariah Pamah Simelir"