Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Central Park Zoo and Resort Review

Central Park Zoo and resort


Akhirnya ya.. Banyak yang masuk sekolah di tanggal 2 Mei kemarin. Tapi anak kami belum masuk.. Nah.. Saatnya bawa anak pergi ketika sudah tidak terlalu rame lagi tempat wisata. 

Pilihan kali ini jatuh ke Central Park Zoo and Resort. Kali ini kita review semua yang ada si Central Park kecuali resortnya. Ya karena kita gak staycation di sini. Dateng cuma buat main doank. 

Awalnya kenapa ke sini sih? Karena kalo liat medsos dari Central Park ini, satu tiket masuk usah bisa menikmati 5 fasilitas yang tersedia di sini. Apa aja? 

1. Mini Zoo

2. Kolam Renang

3. Aviary

4. Aquarium

5. Museum Hewan

Tiket masuk di weekday 50K rupiah. Sementara di hari libur kena 60K. Kebetulan kita datang di hari Kamis, kita ada bertujuh jadinya kena 350K. Lumayan ya.. Lumayan dalem kantong emaknya 🀣. Pake nanya pula ada promo atau gak, biar dapet potongan harga πŸ˜‚. Sungguh Emak bijak sekali.. 

Kuy langsung aja kita review ya.. 

Central Park Zoo and Resort

Nah.. Kita berangkat dari rumah sekitar jam setengah 10 pagi. Jarak dari rumah kami ke Central Park Zoo and Resort ini lumayan juga. Sekitar 35 kilo (lewat tol soalnya). Emangnya ada di mana sih? 

Sebenarnya gak jauh dari Medan. Tempatnya ada di Jalan Jamin Ginting Pancur Batu. Gak begitu jauh lah dari pajak Pancur Batu (inget, kalo orang Medan bilang pajak itu artinya pasar🀣). 

Sebagai Emak yang anti repot saat bawa anak (anti repot ndasmu.  Anak ada 5 πŸ˜†πŸ˜†) jadi Emak cuma bawa nasi putih dari rumah. Sisanya beli Nasi Padang cukup 2 bungkus. Cukup? Cukuplah kan bawa nasi putih lagi. 

Nah singkat cerita kita nyampe sekitar jam 11. Dikira Emak, karena ini hari Kamis pasti gak rame lah. Weekday gitu loh. Oalahhh.. Ternyata sudah rame bus travel berjejer di parkiran. Ditambah lagi dengan beberapa mobil pribadi yang saat itu cukup bikin bingung di mana mau parkir. 

Alhamdulillah nya, Central Park ini lumayan luas. Meski parkiran penuh tapi di dalam gak terlalu desak-desakan. Apalagi saat di kolam renang. Syukurlah.. 

Karena jam 11 kita nyampe, Emak langsung atur perjalanan kita mau ke mana dulu karena kita punya 5 tempat yang bisa didatangi. Akhirnya Emak putuskan kita ke mini zoo dan segala yang ada di dalamnya sebelum berenang. Biar gak terganggu kita shalat dzuhur dulu baru enakin berenang. 

Nah.. Sekalian kita Review per-item ya.. Dimulai dari mini zoo.. 

1. Mini Zoo

Pertama kali masuk ke dalam langsung  bertemu dengan kandang beberapa harimau Sumatera. Tak lama kemudian bertemu dengan sepasang Singa. 

Biasa ya.. Namanya jenis kucing, mereka agak malas-malasan.. Terkesan cuek aja gitu cuma duduk atau malah tidur siang . Pokoknya semua kucing itu mager. 

Kalo diteruskan ke ujung kita bertemu dengan beberapa kuda di kandangnya. Bervariasi mulai umur 4 hingga 16 tahun. Bahkan ada yang merupakan mamak anak. 

Di dekat kandang kuda ada beberapa jenis unggas yang dekat dengan keluarga ayam. Kandang tinggi merpati dan juga beberapa burung hantu. 

Gak lama bertemu dengan kandang ostrich alias burung unta. Untuk beberapa hewan nocturnal terkadang sembunyi di dalam kandangnya. Seperti kangguru pohon. Oh ya, di sini ada kangguru pohon. 

Oh ya, hewan di sini masing-masing memiliki nama ya.. Jadi teringat sama si Kiran.. Orang utan yang ada di Central Park. Di sebelah Kiran ada beruang madu. 

Nah ke bagian ujung ada lebih banyak hewan nocturnal seperti binturung dan musang. Ada landak, berang-berang dan berbagai jenis burung seperti Kakaktua dan juga berbagai jenis rangkong. Favorit Emak adalah Enggang Jambul yang masih merupakan jenis dari Rangkong. 

Di bagian atas ada berbagai jenis rusa, kelinci dan berbagai primata seperti monyet ekor panjang dan siamang. Menurut Emak, mini zoo di Central Park Zoo and Resort lumayan bervariasi meskipun namanya mini zoo. 

2. Aviary

Aviary terletak persis di depan kandang Kiran si orang utan. Ada seorang penjaga yang memastikan pengunjung yang masuk ke dalam tidak membawa makanan dan juga memastikan berbagai aves atau burung di dalamnya tidak lepas. 

Konsep aviary ini adalah kandang besar dan tinggi sehingga semua burung tidak merasa dikurung. Semua burung bebas terbang di dalam aviary ini. Ada berbagai burung kecil seperti love bird dan juga burung beo. 

Kita harus mendongak ke atas biar bisa melihat banyaknya burung yang bertengger di bagian atas dan juga pepohonan yang terdapat di aviary. 

Di sudut, ada kandang kura-kura. Kura-kura yang tersedia jenis sulcata. Ukurannya pun variatif. Dari yang kecil hingga yang sudah besaaaar sekali. Kura-kura terlihat makan bersama berbagai jenis burung kecil. 

3. Aquarium

Aquarium letaknya tidak jauh juga dari Aviary. Persis di sebelah kandang Beruang Madu. Letaknya di sebuah bangunan di lantai 1. Jenis ikannya memang belum terlalu banyak. Namun ada ikan hiu juga yang bisa dilihat dari dekat oleh anak-anak. 

Berbeda dengan mini zoo, beberapa ikan tak tampak diberi nama maupun keterangan. Sebenarnya lebih asyik bila diberi nama oleh pengelola agar anak-anak yang berkunjung semakin kenal dengan berbagai jenis ikan. 

Yang paling seru pas ngeliat ikan batu. Karena ikan batu stagnan tak bergerak banyak yang tak menyangka bongkahan mirip batu itu adalah ikan. 

4. Museum Hewan

Letaknya pas di lantai 2 alias di atas aquarium. Naik ke lantai dua kita bisa melihat berbagai macam hewan yang sudah diawetkan. 

Memang tidak terlalu besar seperti Museum Hewan Rahmat Gallery di Medan. Namun cukup lah untuk membuat anak-anak senang melihat berbagai hewan yang ad di museum tersebut. 

5. Kolam Renang

Nah yang terakhir bisa kita nikmati dengan tiket seharga 50K rupiah adalah kolam renang. Sebelumnya kami telah beristirahat untuk makan dan shalat di mushala. 

Memang mushala yang tersedia di Central Park Zoo and Resort tidak terlalu besar, namun cukup lah untuk pengunjung. Kamar mandi yang tersedia di beberapa spot juga lumayan terjaga kebersihannya. 

Masuk ke area kolam renang, ada banyak gazebo/pondok yang kita sewa. Harganya 70K. Alhamdulillah ada alas duduk yang selalu tersedia di mobil (kakak ipar) yang Emak sekeluarga kendarai. 

Jadi kami hanya butuh spot di bawah pohon tanpa sewa pondokan. Untuk beberapa barang berharga yang akan kami tinggal saat main air kami letakkan di loker yang disewakan. Sewa loker 10K ya. Alhamdulillah aman daripada letak begitu saja. 

Eh jangan lupa uang jaminan untuk loker 20K. Nanti saat kita memulangkan kunci, uang 20K kita dikembalikan. Alhamdulillah kami bawa pula papan berenang jadi tidak perlu sewa ban. Lumayan banget harganya 55K. (udah bisa beli ban baru ini mah πŸ˜‚). 

Kolam ada 2. Kolam untuk dewasa dan anak. Kolam anak juga bisa dimainkan orang dewasa karena ada seluncuran. Seluncuran ada empat. Dua terbuka dua lagi berbentuk terowongan. 

Seru banget pokoknya, dan di sekeliling kolam renang anak tersebut ada kolam hangat yang bisa kita susuri. Berguna banget saat menjelang sore. Kenapa? 

Saat berenang cuaca lumayan terik. Sekitar jam 3 menuju Ashar tiba-tiba hujan deras turun. Daripada kedinginan mending masuk ke kolam yang airnya cenderung hangat. Gak panas seperti kolam belerang di sekitaran Sidebu-debu. Namun cukup lah membuat tak terlalu kedinginan karena hujan.

Tak lama kemudian panggilan dari penjaga kolam ditujukan untuk semua pengguna kolam renang untuk naik. Karena petir kemudian datang bersahutan. Sebelum ada petir penjaga mengizinkan bermain air meski hujan amat deras. 

Kami pun naik dan memutuskan untuk mencukupkan diri untuk mandi dan beranjak pulang. Alhamdulillah hari itu anak-anak cukup senang. 

Oh ya, untuk pengunjung yang tak suka bawa bekal bisa menemukan banyak makanan di sini. Untuk makanan tidak terlalu mahal lah. Namun untuk sewa ban, sewa pondokan, apalagi sewa baju renang,  lebih baik bawa sendiri. 



Penutup

Overall untuk Central Park Zoo and Resort seru buat dikunjungi bersama anak dan keluarga. Awalnya terasa mahal ya karena bayar sekitar 50K untuk satu tiket. Namun karena mendapat banyak sekali spot yang bisa kita nikmati. 

Libur cukup panjang, Alhamdulillah anak gak protes cuma dibawa ke sini ya 😁. 

Kalo kamu Mak.. Ke mana saja liburan lebaran kemarin? 






blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

9 comments for "Central Park Zoo and Resort Review"

  1. Wah seru bgt ya mbak wisatanya. Kalau ke zoo, anak-anak pasti seneng bgt. Hanya saja, tiketnya lumayan juga tuh. Hihi.. Tapi demi anak, apa sih yg enggak ya.

    ReplyDelete
  2. Wah 50 ribu kalau banyak pengalaman begini jadi sepadan..Setuju harusnya semua bernama biar anak kenal sama hewannya. Jadi kenal kan mereka
    Seru benar nih isi liburan lebaran ke Central Park Zoo

    ReplyDelete
  3. Kebun Binatang dan Resor Central Park, berbagai fasilitasnya, termasuk kebun binatang mini, kolam renang, kandang burung, akuarium, dan museum hewan, semuanya tersedia dengan satu tiket. Harga tiketnya adalah Rp 50K pada hari kerja dan Rp 60K pada akhir pekan. sudah bermanfaat mengenal semua tentang hewan, semoga kedepan bisa kesana amin

    ReplyDelete
  4. Menariknya Central Park Zoo and Resort ini ya .. bisa lihat macam-macam binatang di sana, habis itu bisa nyemplung di kolam renang ... wah kesukaan anak2 banget.

    ReplyDelete
  5. Smart banget ke Central Park Zoo weekday, gak ramai kali kayak weeked, wooo nontoni orang, wkwk. Btw, anak-anak sukaa liat beragam varian ikan di Aquarium, sekalian wisata edukasi.

    ReplyDelete
  6. Kami udah ke sini beberapa tahun lalu, awal-awal covid kalo ndak salah, dia pun baru buka, dan belum rame.
    Alhamdulillah waktu itu semua spot yang Icha ceritain di atas udah ada.
    Resortnya yang belum ada.
    Senangnya ke Central Park Zoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya masuknya 50K per orang ya Cha...
      Dulu berapa ya...
      Apa 50K juga apa gak ya...
      Kayaknya gak sama, mungkin 40 gitu
      Beda sepuluh ribu yak hehe

      Delete
  7. "Pajak" sama dengan "pasar" kalau di Medan ya? Waaaah, orang yang gak ngerti bingung pasti itu kak. Hahaha. Lengkap yaaaa, bahkan ada kolam renang. Sekali masuk, bisa seharian di dalam.

    ReplyDelete
  8. Ini maah kesukaan anakku banget, mana ada zoonya hihi.. pasti bakalan betah anak-anak kalo diajakin kesini nihh >.<

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️