Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kena Tipes Sekeluarga

Kena tipes sekeluarga


Setelah di rawat inap sendiri beberapa hari karena tipes score 6 . Anak nomer 3 juga ikut dirawat. Esoknya langsung bergantian si nomer 4 masuk inap lagi. Akhirnya si nomer 2 masuk juga inap.

Total 6 hari Emak masuk ruang inap di RS. Ketiga anak yang inap ditempatkan dalam satu kamar biar mudah diawasi. Berasa booking satu kamar di RS. Tahun 2024 ini seakan de javu seperti tahun 2022.

Tahun 2022 kakak Emak sekeluarga pun pernah inap karena tipes. Di tahun itu pula si nomer 3 sebenarnya pernah kena tipes score 4. Tak separah ini. Tipes kami score 6.

Gejalanya berbeda tiap individu. Tergantung ketahanan tubuh. Buat Emak kemarin sangat tidak tahan dengan kepala yang sakit. Tidak ada nafsu makan sama sekali makanya Emak pun menyerah dirawat.

Gejala si nomer 4 hanya demam dan lemas terus menerus. Selera makan menurun namun tetap mau mencicipi sedikit makanan. Tidak bergairah apa-apa. Maunya cuma tiduran aja tak berdaya.

Sementara si nomer 3 mual muntah makanya cepat dibawa ke RS. Gejalanya lebih tampak nyata tipes. Demam tinggi dan menggigil. Selera makan musnah sudah.

Terakhir si nomer 2, gejala awalnya lemas tak bertenaga, kemudian demam menggigil. Tak ada selera makan dan rasanya ingin tidur terus.

Setelah Emak dibebaskan dari rawat inap, tak lanjut pulang untuk istirahat. Emak jadinya lanjut menjaga si nomer 2,3, dan 4 agar mereka juga segera pulih. 

Masih ada rasa demam akibat bekas infus yang membengkak. Namun Emak tangani secara mandiri agar tidak berakhir menggigil lagi.

Emak yakin episode-episode ini akan terlewati. Meskipun ada rasa sedih ada ibadah Syawal yang terlewat namun Emak yakin inilah takdir Allah yang terbaik.

Dari kenanya tipes kami berempat, hingga dirawat maraton begini mengajarkan Emak beberapa hal:

1. Emak jadi lebih paham beragam gejala tipes.

2. Emak jadi lebih memahami bahwa apapun takdir yang Allah beri itulah yang terbaik. 

3. Emak lebih berhati-hati bila ada anak yang terkena gejala tipes. Akan mengisolasi anak tersebut dari yang lainnya agar tidak mudah menular.

4. Emak lebih menghargai bahwa sehat adalah rezeki yang patut disyukuri. 

5. Emak belajar bahwa hal-hal yang tampak biasa seperti berkumpul di rumah adalah nikmat yang mahal harganya.


Memang benar, sesuatu yang belum hilang akan tampak biasa saja (seperti kesehatan, berkumpul keluarga di rumah). Namun hal tersebut akan sangat diinginkan bila telah dicabut sesaat. 

Musim pancaroba seperti ini, jangan lupa jaga kesehatan ya Mak! Karena kesehatan seorang emak di rumah adalah penentu keseimbangan keadaan di rumah.


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

8 komentar untuk "Kena Tipes Sekeluarga "

  1. Musim yang nggak menentu nih kita semua harus waspada....apalagi satu keluarga gampang ketular......emak emak harus kencangin bibir buat ngomelin yang terbaik haha

    BalasHapus
  2. Penyakit tipes ini memang sangat menyiksa buat saya. Pernah mengalami beberapa kali waktu kecil, dan sekali pada saat kuliah. Sungguh tak berdaya dan butuh perawatan ekstra. Masyaalah kalau barengan sekeluarga. Semoga sehat selalu ya kak.

    BalasHapus
  3. Ternyata bisa juga sekeluarga kena tipes. Harus jadi lebih paham lagi akan beragam gejala tipesnya biar nanti tahu penangannya dan cepet sembuh.

    BalasHapus
  4. Sehat-sehat ya, Mba. Musim pancaroba memang harus jaga kesehatan. Anakku yang kecil lagi rentan sakit banget. Sama punya gejala tipes juga.

    BalasHapus
  5. Ya Allah, semoga lebih kuat lagi menghadapi semua ujian Nya ya
    Tipes memang seperti tidak sakit pada awalnya
    Kalau lengah bisa bahaya
    Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik kan semuanya?
    Semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
  6. Penyebab tipes ini apa ya cha...
    Selain menjaga makanan dari yang kurang higienis, ada lagikah penyebab lainnya?
    Secara anak awak suka jajaj. Yang ga tau la kebersihan dari jajanannya itu bagaimana.

    BalasHapus
  7. Ya Allah mba.. kebayang banget kalau sekeluarga diopname di rumah sakit. Pasti rempong. Satu orang saja diopname berasa ribet banget. Saya pernah mengalami pas suami diopname. Sehat-sehat selalu ya mbak utk mba Dan keluarga.

    BalasHapus
  8. Waduh booking RS...ikut prihatin ya Kak, bisa kena tipes bersamaan. Semoga setelah ini semua sehat wal afiat alam lindungan Allah SWT. aamiin

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️