Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Kartu Telkomsel

Ganti Kartu Telkomsel


Semenjak pertama sekali punya handphone, Emak memilih provider Telkomsel. Tulisan kali ini pure pengalaman Emak mengganti kartu Telkomsel. Mana tau ada yang butuh info bisa juga mengikuti tips yang Emak tulis. 

Emak tipe setia, dari zaman SMA, Kuliah, Kerja sampe punya anak nomernya gak pernah berubah. Terakhir ganti nomer karena dikasih suami, katanya biar sama (ujung nomernya). 

Nah, kalo dulu mau ganti kartu karena hilang sudah pasti diharuskan membawa surat keterangan hilang dari kepolisian, sekarang tidak lagi. 

Nah apa sajakah yang diperlukan ketika harus mengganti kartu Telkomsel? Simak ya penjelasan Emak berikut.. 

Sebagai blogger, influencer, content creator sekaligus pedagang tipis-tipis sudah tentu nomer handphone adalah sebuah modal penting. Bayangin ketika ada job calling tapi nomer HP kita tidak bisa dihubungi.. Mh.. Kerjaan bukan lagi rezeki kita. Karena gak semua client berusaha menghubungi kita melalui email atau media sosial. Apalagi ketika kita harus log in ke sebuah medsos atau aplikasi melalui nomer tersebut. Wah berabe.. 

Gak jarang, zaman now nomer HP adalah dompet. Gak bawa dompet it's ok. Masih bisa bayaran pake e money. Nah kalo gak bawa HP? Payah bilang, kalo kata orang Medan. Belum lagi terhubung ke M banking, SMS Banking, dll. 

Dengan kata lain, nomer HP adalah aset dan modal. Karena kebanyakan client sudah tau dengan nomer tersebut. Mau menyusahkan hidup orang zaman now itu mudah ternyata, hilangin deh kartu providernya 😆😆😆

Ganti Kartu Telkomsel

Sebenarnya ada 3 cara mengganti kartu Telkomsel. Emak kasih tau mulai yang termudah ya.. Cukup diam di rumah tapi bisa ganti kartu. 

1. Dari GRaPARI Online

Sebagai manusia yang hidup di zaman digital, sudah tentu segala sesuatu pengen selesai secara online. Syukurnya ganti nomer bisa melalui GraPARI online. 
Caranya cukup mudah, buka GraPARI online melalui browser, klik layanan lalu klik ganti kartu. Namun perlu diperhatikan bahwa kartu yang terhubung dengan SMS-banking ataupun E-banking biasanya tidak bisa memakai layanan ini. Khawatir disalahgunakan. Maka jalan selanjutnya adalah bertemu customer service di GraPARI offline. 

2. Ganti Kartu Mandiri melalui mesin

Cara ini cukup mudah, dengan adanya KTP, cukup datang ke GraPARI dan katakan kepada satpam bahwa kita berniat untuk mengganti kartu secara mandiri melalui mesin.  
Gak pake lama karena antri, kartu rusak/hilang bisa sekejap saja diganti. Namun sama halnya dengan layanan GRaPARI online. Bila kartu kita terhubung dengan E-Banking maupun SMS-Banking kita wajib ketemu Customer service. 

3. Ganti Kartu lewat Customer Service

Ini adalah pilihan terakhir karena biasanya semua selesai melalui customer service. Sebalnya sih memang antrian cukup padat ya. Yang perlu dibawa hanya KTP asli dengan KK sebagai pelengkap. 
Nah bagaimana bila KTP kita juga hilang? 
Beberapa wilayah di Indonesia tidak memiliki pelayanan publik yang cepat dan baik. Masak sih harus menunggu lama? 

Nah simak penjelasan Emak berikut... 

Ganti Kartu Telkomsel tanpa KTP

1. Announce ke Media Sosial Telkomsel. 

Tag akun sosmed di twitter/ig biasanya cepat respon


Kekuatan sosial media bisa dibilang terbaik. Saat itu Emak nge-tweet dan tag akun twitter Telkomsel soal pergantian kartu dan KTP Yang hilang. Alhamdulillah responnya baik sekali. 
Emak tinggal DM saja akun Telkomsel dan menyebutkan nomer HP agar dilakukan verifikasi. Selain itu Emak disarankan membawa resi (bukti KTP sedang dibuat/diganti). 

2. Segera ke kecamatan untuk meminta resi/bukti pengurusan KTP. 

Tentu saja sebelumnya Emak sowan dulu ke kantor polisi sektor terdekat. Meminta surat keterangan hilang berupa KTP untuk pengurusan KTP baru. 

3. Lanjut ke GraPARI offline 

Sampaikan dengan runut bahwa kita mau mengganti kartu dan membawa resi serta KK asli. Katakan juga bahwa admin di Twitter Telkomsel sudah mengizinkan kita datang untuk mengganti kartu hanya dengan resi. 
Jangan lupa bawa identitas lain untuk lebih meyakinkan. Misalnya SIM, NPWP ataupun kartu BPJS. 

Biasanya verifikasi melalui 3 nomer yang sering kita hubungi dalam 3 bukan terakhir. Menjelaskan SMS-Banking atau E-banking kita terhubung dengan Bank mana, dll. 
Sepanjang Emak dilayani oleh customer service, Emak merasa dilayani dengan baik karena customer service sabar dan komunikatif. 
Gak sampe setengah jam kartu baru dengan nomer milik kita sudah jadi. 

Penutup

Kartu telepon/ nomer HP adalah hal yang penting yang kita miliki. Kehilangannya tentu berakibat pada semua pekerjaan kita. Apalagi nomer HP adalah identitas kedua kita. Rasanya susah untuk mengganti ke nomer lain saat kartu kita hilang atau rusak. 
Mengganti ke GraPARI online dapat dilakukan asalkan nomer kita tidak terhubung ke bank manapun. Bila ternyata terhubung seperti milik Emak sebaiknya langsung ke GraPARI offline terdekat dengan membawa KTP dan KK. 


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

12 komentar untuk "Ganti Kartu Telkomsel"

  1. Bener juga ya mak. Ganti nomor saat ini bukan hanya berdampak pada gimana temen-temen / keluarga ngehubungin kita. Tapi no telp sudah memiliki fungsi yang lebih luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh keinget zaman dulu tahun 2000 kartu perdana Telkomsel masih mehong beud, ingat banget pernah beli kartu Telkomsel pertama itu seharga Rp. 575,000 coba, hiks.. uang makan anak kos sebulan di masa itu

      Hapus
  2. Wah..ternyata ada beberapa cara ya ganti kartu Telkomsel, mudah pula. Makasih infonya, Kak Icha
    Memang HP tuh sekarang ga boleh terlupa. Ada aneka data di sana bahkan saat pandemi bikin kita tertahan enggak bisa masuk ke suatu tempat - terutama di Jakarta- karena mesti nunjukin aplikasi Peduli Lindungi di HP kita

    BalasHapus
  3. Bisa yaaaa ganti kartu Telkomsel tanpa KTP. Tetapi tetap harus bawa resi/ bukti pengurusan KTP dari kecamatan. Belasan tahun pakai Kartu AS, saya pernah 2x mengalami ganti kartu. Selalu saya ke Grapari paling gampang. Bisa sekalian tukar poin Telkomsel dan bawa pulang hadiah. Hahahaha.

    BalasHapus
  4. baru juga kemarin pengen ganti kartu telkomsel nih, tapi udah mati emang masa berlakunya jadi udh gak bisa ternyata huhu

    BalasHapus
  5. Ganti kartu sekarang ini lebih mudah ya gak kayak dulu ribet, malah ujung2nya jadi ganti nomor wkwk, bener cha klo nomor kita udah banyak yg tau jadi sayang buat diganti, usahain jangan sampe hangus atau diblokir dah biar awet nomornya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kak. Nomor kontak Alfie dari jaman sekolah tak diganti. Kalau pun ada ganti sim card, pergantiannya sangat mudah. Ga pake ribet.

      Hapus
  6. Alfie pernah ganti kartu telkomsel. Sangat mudah. Ga bayar. Kalau pun bayar, itu karena kita lupa data diri dan seolah-olah punya orang yang tak dipakai. Tapi pun pembayaran untuk beli pulsa atau NSP

    BalasHapus
  7. Ngurus surat hilang ke kantor pulici mudah gak kk?

    BalasHapus
  8. Mudah2an ada layanan untuk menghidupkan no yg sudah mati ya

    BalasHapus
  9. Bagus juga penggantian kartu Telkomsel yang terhubung dengan layanan m-banking dan e-wallet wajib jumpa sama CS nya ya di Grapari.

    BalasHapus
  10. Aku udah 2 kali ganti kartu SIM telkomsel. Bisa secara online dan kartu baru langsung dikirim ke alamat KTP. Tapi itu untuk SIM card yang tidak terhubung dengan m-banking. Pas giliran ganti SIM card yang terhubung ke m-banking, ya wajib ke grapari. Antri sepanjang apapun mesti dilewati yang penting nomor lama tetap bisa dipakai. Sayang kalau mau ganti nomor lagi karena udah banyak yang tau kan.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️