3 Bahan Skincare yang Wajib Dihindari Bumil dan Busui

3 Bahan Skincare yang Wajib Dihindari Bumil dan Busui


 Hamil dan menyusui adalah sebuah anugerah yang dimiliki seorang wanita. Meski gak semua wanita diberkahi kesempatan ini, namun pastinya wajib untuk mensyukuri keadaan hamil dan menyusui karena ada masanya seorang ibu kangen dengan masa-masa tersebut. 

Salah satu cara mensyukuri berkah hamil dan menyusui adalah menjaga agar kandungan serta anak kita sebaiknya. Namun, disebabkan perubahan hormon di masa hamil dan menyusui tak jarang membuat beberapa masalah kulit khususnya di wajah kita. 

Hamil tapi tetep pengen cantik donk.. gak ada salahnya. Banyak kok produk skincare yang aman dipakai saat hamil dan menyusui. Namun, ada pula beberapa produk yang meng-klaim dirinya aman Busui dan Bumil, ternyata tidak demikian ketika kita cek ingredient dari skincare tersebut. 

Buat perempuan yang terbiasa dengan krim racikan (etiket biru), saatnya untuk konsul ulang ke dokter karena bisa saja ada beberapa bahan obat yang tak boleh dipakai selagi hamil. Dua bahan di bawah ini wajib dihindari :

1. Hydroquinone

Pada kosmetik yang dijual bebas, hydroquinone tak boleh ada pada bahan tersebut. Dokter hanya meresepkan hydroquinone pada beberapa kasus tertentu dan tidak untuk dipakai dalam jangka waktu lama. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Canadian Family Physician, hydroquinone memiliki tingkat penyerapan yang tinggi ke kulit, yakni 35-45 persen. Makanya ditakutkan akan terserap oleh janin maupun ASI. Sehingga sebaiknya dihindari ya.

Memang sih, ada keadaan ketika hamil kulit menjadi kusam dan tampak kucel (mitosnya sih hamil anak lelaki, inget ini mitos loh ya..). Keadaan tersebut tentu bikin gak pede. Makanya hydroquinone adalah obat praktis yang cepat mencerahkan dan mengatasi flek saat hamil. Sayangnya, tidak dianjurkan ya Mak..

Kalo ditanya Emak, apakah tertarik memakai hydroquinone saat nantinya tidak lagi menyusui? Emak jawab tidak. Karena masih banyak bahan skincare lain yang tidak tergolong "obat" yang bisa mencerahkan kulit. Meskipun tidak secepat hydroquinone. Namun yang pasti, lebih sehat karena prosesnya yang tidak sesingkat "obat".

2. Steroid

Tau gak, kenapa krim racikan sering sepaket? Ada Hydroquinone lalu ada steroid? Karena bleaching ala hydroquinone terkadang membuat kulit ruam sehingga dibutuhkan "pendingin" seperti steroid. Pada keadaan normal steroid atau kortikosteroid adalah obat untuk pengobatan asma, bronkitis hingga alergi. 

Ketika sedang hamil dan menyusui tentu steroid ini dilarang penggunaannya oleh dokter karena menyebabkan janin gagal tumbuh dan ASI yang tercemar steroid. Penggunaan steroid pada krim kecantikan biasanya membuat wajah tampak lebih berbulu. Untuk poin satu ini makanya Emak menghindari penggunaan steroid meski tidak dalam keadaan hamil atau menyusui.

Nah, kedua bahan di atas wajib dihindari untuk skincare racikan ataupun etiket biru. Untuk skincare yang dijual bebas? Bahan apa saja yang wajib dihindari? Inilah 3 bahan skincare yang wajib dihindari ketika ibu sedang hamil maupun menyusui:

1. Retinol

Retinol adalah bentuk turunan dari vitamin A. Digunakan dalam skincare sebagai produk pencerah dan juga mengurangi garis halus pada wajah (kerutan). Tak jarang pula pada kasus jerawat parah diresepkan retinol. Retinol ini mempercepat atau menstimulasi regenerasi kulit sehingga menjadi lebih baik. Krim perawatan anti aging biasanya menggunakan bahan ini pula.

Nah, kenapa retinol dilarang untuk busui dan bumil? Karena segala turunan vitamin A dari retinol dikatakan mengganggu perkembangan janin dan juga penyebab lahir cacat pada bayi. Sehingga lebih baik selama hamil stop dulu krim anti aging / serum anti aging. 

Nama lain retinol secara umum adalah tretinoid, retinyl, retin A, retinoid. Jadi, sebelum pakai berbagai skincare kudu cek dulu ya ingredient-nya..


2. Benzoyl Peroxide

Ketika hamil dan menyusui terkadang perubahan hormon menyebabkan wajah menjadi berjerawat. Tak jarang kondisi ini membuat kita segera mencari produk skincare anti acne. Namun jangan lupa untuk cek apakah ada benzoyl peroxide di dalamnya. 

Secara umum, produk berbahan benzoyl peroxide aman untuk jerawat. Namun beberapa dokter tidak menyarankan benzoyl peroxide digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena ditakutkan terserap dalam kandungan dan ASI. Meskipun studi kasus pada manusia belum dilengkapi. 

Untuk ibu hamil, ganti dengan dengan bahan skincare yang lebih lembut seperti AHA (Glicolic Acid).  


3. BHA 

Terkadang banyak orang yang menyamakan AHA dengan BHA. Padahal AHA adalah Alpha Hydroxy Acid, sedangkan BHA adalah Beta Hydroxy Acid. Perbedaan AHA dan DHA yakni AHA dapat larut dalam air, dan hanya mengeksfoliasi kulit bagian terluar. Sementara BHA masuk dalam kulit lebih dalam dan hanya larut dalam minyak. 

Produk AHA contohnya Glicolic Acid, Malic Acid, Tartaric Acid, Lactic Acid, dan Mandelic Acid. Sementara produk BHA yang biasa kita kenal adalah Asam Salisilat atau Salicylic Acid. 

Oke, jadi udah bisa di-check ya.. apakah skin care ibu hamil ada yang mengandung BHA / asam salisilat. 

Itulah ketiga bahan skincare yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Tenang, hamil dan menyusui tidak akan bertahan lama, maka tahan sebentar untuk tidak menggunakan produk di atas. Masih banyak kok skincare yang aman untuk bumil dan busui. Hanya saja kita harus lebih jeli dalam melihat ingredient skincare yang kita pakai.



49 comments:

  1. Ternyata walau hanya pemakaian di luar, skincare bisa bermasalah pada ibu hamil dan menyusui ya, Mbak. Dengan catatan ada bahan-bahan berbahayanya.
    Saya kira hanya sesuatu yang dikonsumsi saja. Maknya sebelum memakai, harus di periksa dulu bahan-bahan skincare itu.

    ReplyDelete
  2. Dulu banget aku bingung kenapa ibu hamil dan menyusui gak boleh sembarang pakai skincare ternyata bisa membahayakan janin. Alhamduillah sekarang informasi sudah mulai menyebar jadi bisa makin waspada ya memilih skincare yg aman

    ReplyDelete
  3. Punten itu dibagian penjelasan ada kata DHA, seharusnya BHA ya mbak, karena DHA lain lagi masalahnya hehe.

    Berarti sebisa mungkin bahan-bahan di atas dihindari ya takutnya kondisi kulit yang memang tidak cocok, sehingga bagusnya menggunakan bahan yang lebih ramah

    ReplyDelete
  4. Noted!!!

    Aku tahu nih kalau hydroquinone itu bahaya untuk bumil dan busui karen tergolong keras.

    Tapi kalau BHA dan retinol, bisa diganti apa ya yang fungsinya sejenis

    ReplyDelete
  5. Mbak, ini retinol dan BHA sama sekali nggak boleh dipakai atau boleh-boleh aja asal ngikutin aturan pakai ya mbak? Soalnya biasanya retinol jadi skincare wajib nih apalagi buat anti-aging.

    ReplyDelete
  6. Makanya ada yang bilang, sebaiknya bumil dan busui nggak pake skincare karena khawatir pengaruh ketiga kandungan ini kali ya mbak???

    ReplyDelete
  7. Wah, ngeri juga yah. Maunya cantik kulit terawat, tapi berbahaya bagi janin. Lebih aman engga pakai dulu yah, demi janin dan anak buat ibu yang masih menyusui. Ada solusi ga, penggantinya apa skin care yang aman untuk ibu hamil & menyusui...

    ReplyDelete
  8. makasih sharingnya ya, mbak. aku jadi tau apa yang ga boleh aku pakai, karena lagi menyusui.
    aku baru liat ternyata essence yang aku pakai mengandung BHA, huhuhu

    ReplyDelete
  9. Kubaru tahu kalau BHA ternyata enggak boleh ya. Terima kasih infonya kak. Sangat bermanfaat soalnya lagi menyusui sekarang.

    ReplyDelete
  10. Salah satu sumber dari luar yang pernah saya baca, ada yg bilang retinol dalam kadar tertentu masih aman, tapi memang belum ada penelitian khusus. Jadi disarankan tetap konsultasi. Tapi kalau buat aku pribadi ya prefer enggaklah. Dalam kondisi gak hamil aja kandungan ini termasuk "keras", lha apalagi pas hamil dan menyusui, kudu lebih hati-hati.

    ReplyDelete
  11. Aku dulu waktu hamil udah gak berani pake macem2 mb. Lebih suka yg perawatan slami buatan sdr

    ReplyDelete
  12. CATET! hydroquinone itu bahaya untuk bumil dan busui karena tergolong obat keras.

    Cari skincare yang sudah lolos uji BPOM dan punya bahan2 lebih alami atau komposisi kimia di bawah batas wajar

    ReplyDelete
  13. Benzoyl peroxide ini buat obat bisul jg. Btw jd teringat drakor Flower Evil yg si Ji Won istrinya menyiramkan cairan ini ke rubanah utk melihat jejak dan sidik jari perbuatan suaminya #cmiiw

    ReplyDelete
  14. Ini angka urutannya apa salah ketik, Kak?
    Eh iya, bahan bahan di atas sebisa mungkin tak ada buat busui deh. Kasihan sama anaknya jika terkontaminasi.

    ReplyDelete
  15. wah zat itu yang di sebutkan di atas memang berbahaya bagi bumi dan busui, terimakasih infonya kak berkat ini aku akan jaga calon istriku nanti

    ReplyDelete
  16. Aku mau share nih ke temenku yang busui agar bisa baca penjelasan ini. Biar paham bahaya menggunakan skincare yang mengandung bahan di atas

    ReplyDelete
  17. Setuju kakak, mesti hati hati banget ya memilih kosmetik untuk ibu hamil dan menyusui ^^ Syukurlah sekarang mulai banyak brand yang memenuhi syarat ini ya kak.

    ReplyDelete
  18. memang harus jeli dan perhatiin komposisi skincare ya untuk para bumil dan busui jadi gak membahayakan diri dan baby juga

    ReplyDelete
  19. Skincare memang penting tapi harus pandai merawat kulit tetapi kalau hamil harus waspada terhadap produk yang digunakan ya

    ReplyDelete
  20. Bumil dan busui tetap tampil vantik harus dong ya, tampil rapi dan cantik juga memperbaiki mood saat hamil. Tapi emang skincarenya harus diperhatikan, jangan sampai ada kandungannya yang berbahaya, bagi diri sendiri dan juga janin dalam perut

    ReplyDelete
  21. duh bahasa hidroquinone jadi inget yang lagi viral hehe. iya nih bener banget. dulu pas hamil sempet bingung mau pakai skincare apa, takuut ada dampaknya. akhirnya enggak skincare-an wkwkwk. tapi ternyata masih bisa ya, asal kitanya juga tau kandungannya ada apa aja, biar enggak salah. makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih banyak Mbak infonya. Jadi lebih hati-hati dalam membeli kosmetik apalagi ketika menyusui bayi

    ReplyDelete
  23. Mbak Icha, baca list bahan skincare yang wajib dihindari ibu hamil dan ibu menyusui jadi related sama yang lagi tawur perihal skincare yang berbahaya atau enggak antara seseartis dan sesedokter itu akutuuu.
    Mencerahkan benar info seperti ini. Apalagi banyak perempuan ingin instan, gamau telaten perawatan. Tanpa peduli ingridientsnya aman atau enggak buat dirinya.
    Duh
    Apalagi kalau lagi hamil atau menyususi ya...mesti ekstra hati-hati!
    Thanks sudah diingatkan:)

    ReplyDelete
  24. Pengetahuan yang penting banget nih. Memang kalau hamil tuh suka rentan ya. Tapi kita ga tahu, yg harus bener dihindari itu apa aja, gak hanya ikuti mitos. Catatan ini saya simpan biar ga lupa semoga saya bisa diberi kesempatan hamil lagi. Aamiin...

    ReplyDelete
  25. memang ya mbak, Hydroquinone dan steroid ini lagi hits banget gara2 banyak oknum yang menyalah gunakan kedua kandungan ini. padahal mah nggak bahaya asal melalui dokter spesialis kulit. sayangnya, banyak krim abal2 yang mengandung dua bahan ini melebihi batas keamanan untuk kulit. btw, terima kasih sudah menuliskan artikel yang bikin aware para permpuan, mbak :)

    ReplyDelete
  26. Setuju bumil busui mesti hati_hati banget ya kak, gak cuma soal makanan tetapi juga soal kosmetik dan perawatan tubuh dan badan.

    ReplyDelete
  27. Ternyata bumil harus hati2 ya gunakan skincare karena banyak yang bikinnya skincare tuh asal aja sehingga membahayakan kesehatan kulit wajah

    ReplyDelete
  28. Wah ternyata ada banyak bahan aktif bahaya untuk bumil dan busui ya. Bakal diinget2 nih kak biar tetep aman dan kinclong pas hamil nanti

    ReplyDelete
  29. Betul sekali ini mba harus hati-hati menggunakan skincare saat hamil atau menyusui. Bahaya langsung ke Janin.

    ReplyDelete
  30. Ternyata tidak semua skincare bener bener care ya untuk para ibu ibu hamil. Saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak tau kalo skincare harus hati hati.
      dulu kalo mau pergi pergi, bedakan gak kepkiran soal bahayanya.
      Alhamdulillah gak kenapa kenapa semua anak-anak

      Delete
  31. Pernah dengar emang cha, kalo ibunya pas hamil itu wajah kusam dan jadi elek, artinya anaknya laki.
    Tapi akiu, pas hamil semua anak jadi bersinar sinar kwkwkwkwkw..
    Tapi ternyata anaknya laki semua.
    emang mitos
    tapi yang pasti, pas hamil aku kerjaannya mati, makan tidur, pengaruh obat.
    jadi habis mandi dan sarapan minum obat, tidur, gak pernah dandan. gak sempat, keburu ngantuk.
    ada bagusnya juga ya, jadi gak pusing mikirin skin care dan segala macamnya yang pasti waktu itu aku gak bakal mikir skincare bahaya apa gak

    ReplyDelete
  32. Lengkap. Terima kasih banyak atas sharing-nya. Jadi mau periksa kembali noh kandungan dari skincare yang selama ini saya gunakan.

    ReplyDelete
  33. useful banget informasinya kak buat aku, nanti kalau aku hamil bisa menghindari bahan-bahan yang kurang baik ini buat kehamilan

    ReplyDelete
  34. Kupikir hanya cukup menghindari hydroquinnon sama steroid udah aman, ternyata kalau bumil dan busui ada pantangan lainnya ya. Wah berarti kalau mau tetap skincarean di masa hamil harus ceki-ceki bahan di dalamnya dengan lebih hati-hati ya.

    ReplyDelete
  35. Selama ini tahunya cuma cek review skin care, yg penting ada tulisan "aman buat ibu hamil dan menyusui" tanpa tahu lebih lanjut kenapa aman? Apa saja bahan terlarang yg tidak ada di dalam skin care ini? Berkat pembahasan Mba Icha, saya lebih tahu banyak informasi lagi mengenai keamanan skin care untuk ibu hamil dan menyusui.

    ReplyDelete
  36. Bahan2 skincare tsb tertulis ya di komposisi bahan skincare? Kalo ada bisa ngecek dulu ya sebelum beli. Kakao bahan tersebut memang sebaiknya dihindari biar tidak berefek ke janin. Terima kasih kak informasinya

    ReplyDelete
  37. ermanfaat banget nih artikelnya. Jadi enggak asal sembarangan makai skincare ya kan. Kudu diperhatikan dulu kandungannya dan dampaknya apa. Baru tahu kalau bumil dan busui sebaiknya menghindari beberapa kandungan skincare yang tidak aman bagi janin. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah, paling pernah pake yg ada AHA nya habistu tobat, skrg pake produk natural, ada tuh merk sebelah hehee

    ReplyDelete
  39. Waktu hamil dulu saya sempat stop skincare. Karena takut ngefek ke janin. Memang sih muka agak kusam. Tapi sebenernya bisa diakali dengan penggunaan bahan2 alami seperti masker tomat, lidah buaya, telur, madu dan lainnya ke wajah. Tapiiiii... Kalo rajin yaaaa,, wkwk

    ReplyDelete
  40. Saya kalau lagi hamil sebisa mungkin gak pake kosmetik deh takut ada apa2 pake bedak bayi aja hehe, btw Alpha Arbutin kandungan skincare yg lagi viral skrg pun tidak boleh utk ibu hamil/menyusui lho

    ReplyDelete
  41. Belom hamil ama menyusui tapi dah pusing ama jerawat tu gimana bun��

    ReplyDelete
  42. Lg hamil biasanya udah cantik kok, gak perlu ribet dikasih Hydroquinon segala hehe

    ReplyDelete
  43. Wah harus teliti, cek dan ricek nih sebelum beli peralatan bayi buat ibu ibu hamil ternyata.
    Literasi untuk ibu hamil penting sekali ya, nggak asal nyomot atay rekomendasi dari tetangga aja

    ReplyDelete
  44. Lagi cari cari info skincare untuk bumil. Pas banget baca artikel ini. Abis tau gini, langsung cek ingredient skincare di rumah deh..

    ReplyDelete
  45. Streiod ini pendingin pasangannya Hydroquinon ya jd kulit wajah ruamnya bisa didinginkan si Steroid ini ya,. noted deh buat adik yg sedang hamil ntar dibilangin

    ReplyDelete
  46. Pdhal aku lg ngebet2nya pengen skincare an nih. Lagi menyusui harus hati2 jg ya melihat komposisi dari skincare ketika menyusui. Alhamdulillah terselamatkan berkat membaca tisanmu mbak, ku kira hanya makanan tok ternyata skincare jg ya

    ReplyDelete
  47. saya tahu ada bahan tertentu yang bahaya jika dipakai oleh ibu hamil dan busui, tp tidak tahu persis bahan apa. Baca tulisan ini saya jadi paham,

    Terima kasih infonya kak

    ReplyDelete
  48. Mesti hati2 banget sama ketiga bahan ini. Saya selama hamil gak berani dulu pakai skincare apapun meskipun gak ada kandungan dari ketiga bahan berbahaya ini, soalnya kwatir aja berdampak pada janinku mbak. Thanks banget infonya

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews