Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lahiran Normal



Assalamualaikum, apa kabar Mak?

Ketemu lagi di Blogpost kali ini.. mhhh ada cerita apa ya?

Hihihi. Kali ini Emak mau ngasih tips ni lahiran normal. Kepikiran mau nulis ini karena banyak juga yang nanya gimana sih kok bisa lahiran normal semua anaknya. Emak warning dulu ya.. lahiran normal itu sebenarnya Allah yang berkehendak. Tiada daya dan upaya Emak sebagai manusia. Namun ada ikhtiar yang diusahakan agar berjalan dengan lancar. Penyakit kanker pun bisa dihindari asal kita berikhtiar menjalankan hidup sehat.


Balik lagi nih ke topik kita. Tips gimana agar lahiran dengan normal. Sebelum Emak membagikan tips ini. Perlu digarisbawahi bahwa Emak bukan hebat 😭. Lima kali melahirkan normal dengan cerita berbeda itu dikarenakan satu rahasia. Emak penakut. Iih takut apa? Takut meja operasi. Dikarenakan alasan satu itu maka melahirkan normal harus diupayakan. 

Tips Lahiran Normal

1. Kuatkan Tekad

Segala sesuatu yang ingin kita capai memang hendaknya diawali dengan tekad yang kuat. Tanamkan dalam pikiran bawah sadar kita bahwa kita menginginkan kelahiran anak pervaginam. 

Dulu saya selain takut operasi, lahiran normal juga diupayakan karena tidak ada yang mengurus jikalau harus stay di tempat tidur.  

Emak terus berkata dalam hati, "aku harus lahiran normal.." atau "aku bisa lahiran normal". Afirmasi positif ini seperti mempersiapkan tubuh untuk bekerja sama mewujudkan cita-cita Emak di saat lahiran.

2. Banyak Latihan

Jenis latihan setiap ibu hamil memang berbeda-beda. Tujuannya cuma satu. Yakni sehat dan lancar hingga lahiran. Ada ibu hamil yang rajin berjalan di pagi hari. Ada pula yang ikut kelas senam hamil. Setiap kondisi ibu hamil dan keluarga pasti berbeda. Maka Emak pun latihannya berbeda.

Kebanyakan dari hamil pertama Emak selalu bergerak beres rumah. Kalo di kehamilan kedua hingga kelima beres rumah sambil ngasuh anak sudah menjadi ritme tersendiri. Di anak pertama emak sengaja mengepel rumah dengan kain biar serasa latihan senam hamil. 

Disesuaikan saja dengan keadaan ya Mak.. jangan dipaksain. Pilih saja latihan yang sesuai dengan kehidupan kita.

3. Jaga Pola Makan

Memang sih hamil itu butuh nutrisi buat ibu dan bayi tapi bukan berarti makan dengan kalap. Makan harus bener sehat dan jauhin makan berlebihan. Apalagi di awal kehamilan Emak dulu mengalami emesis. Mual dan muntah di semester pertama tak pernah absen. Yang paling penting makan sedikit dan sering. 

Kenapa sih gak boleh makan berlebihan? Selain menghindari bobot bayi yang terlalu besar (tentu menyusahkan bila harus lahiran normal), juga menjaga gula darah dan tensi darah si ibu hamil. 

Gula darah tinggi beresiko si bayi akan mengalami gula darah turunan. Sementara tekanan darah tinggi membuat si anak malnutrisi hingga kecacatan. Si ibu pun sulit lahiran normal. 

Ingat ya Mak jauhi MSG, pemanis buatan, pengawet makanan serta pewarna makanan. 

Ngemil lah makanan sehat bila terlalu sering kelaparan. Seperti buah dan sayur. 

4. Periksakan Kehamilan secara Teratur

Rajinlah check up ke dokter mengenai kehamilan. Sejak kunjungan pertama, sampaikan pada dokter bila kita menginginkan kelahiran normal. 

Di akhir semester ketiga, biasanya posisi bayi sudah mantab mengarah ke panggul. Namun bila belum  pas jangan berkecil hati karena masih ada beberapa bulan agar posisinya pas. 

Nah, menjelang lahiran jangan lupa periksakan kembali posisi si bayi dan juga kemungkin bayi terlilit tali pusar. Bila semuanya sudah oke, perbanyak doa agar tidak ada lagi masalah menjelang persalinan.

Bila bayi tak kunjung masuk panggul, perbanyak posisi sujud ya Mak! Alhamdulillah posisi sujud sering dijadikan ikhtiar bayi masuk ke panggul dan posisi siap lahir.

5. Biasakan Ngemil Kurma

Kurma sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kadar gulanya berbeda dengan gula pasir. Nah, menjelang lahiran tentu banyak sekali tenaga yang dibutuhkan oleh Emak agar kuat lahiran normal. 

6. Stay Happy Keep Positif

Bahagianya ibu hamil juga membuat bahagia janin di dalam rahim. Seringlah berpikiran positif dan selalu bahagia menjalani hidup. Tentu kita ingin kan bayi juga merespon kita dengan positif. 

7. Sering Berkomunikasi dengan Bayi 

Bahkan bayi di dalam perut pun suka loh diajak berkomunikasi. Minta si bayi bekerjasama dengan baik agar berdua melewati lahiran dengan lancar. Boleh mengatakan "Dek, nanti kamu keluarnya yang pinter ya.."

8. Doa

Doa menjadi senjata ampuh Mak! 

Apapun yang kita usahakan, hanya Ridho Allah yang menjadikan ia terkabul. Mintalah padaNya sejak awal kita ingin lahiran normal. Jangan lupakan Waktu Mustajab saat berdoa. Biasanya cepat sekali terkabul. 

Jangan lupa minta doa pula pada orang terdekat seperti ibu. Doa ibu untuk anaknya biasanya tanpa penghalang apapun..

Sekian tips hari ini dari Emak. Semoga bermanfaat. Oh ya jikalau sudah melakukan semua hal tersebut di atas namun masih gagal melahirkan secara normal tak perlu berkecil hati. Yang terpenting adalah Emak dan anak lahir dengan sehat dan selamat. 

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya..

blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

56 komentar untuk "Tips Lahiran Normal"

  1. Memang tekad yang kuat pertama kali harus ditanamkan ya kak, mind setnya harus dikuatkan, saya bisa lahiran normal. insyaallah terjabah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, katanya lahiran normal juga dipengaruhi bentuk pinggul. Kata orang ketika aku hamil anak pertama, pada sanksi aku bisa lahiran normal. Ternyata bukan soal panggul besar atau kecil. Tapi keyakinan kuat dan konsultasikan dengan dokter. Insya allah normal.

      Hapus
  2. Luar biasa ya kak perjuangan seorang ibu

    BalasHapus
  3. Setuju, kak. Semua itu kehendak Allah. Daku jalanin sesar setelah ikhtiar normal, sampe induksi. Akhirnya, harus sesar karena detak jantung bayi ga kedengeran.

    BalasHapus
  4. Wow MasyaAllah,udah 5x. Tengkyu buat tipsnya, Mba.

    Betul, Mba. Salah satunya minimal ada kemauan.

    Jangan kaya ade aku. Ga kuat nahan kontraksi, eh minta sc. Untung ga boleh sama dokternya, hihi.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah tips lahiran normal yag lengkap, memang tekad yang utama ya..seperti saat kehamilan ketiga saya juga penginnya normal, tapi karena plasenta menutupi jalan lahir jadi pendarahan selama kehamilan, maka dokter menyarankan sesar.

    BalasHapus
  6. Masya Allah, iya benar2 kehendak Allah ya, Mak.

    saya pun alhamdulillah 3x melahirkan normal sementara qadarullah adik perempuan dan ipar2 semuanya caesar padahal mereka ikhtiarnya luar biasa.

    Yang jelas, ikhtiar semaksimal mumgkin seperti dalam tulisan ini. Nanti di hari H, serahkan pada kehendak Allah.

    BalasHapus
  7. Informasinya sangat bermanfaat Mak.. Suka deh bacanya ^_^.. Setuju banget.. Doa senjata ampuh .. Kuasa Nya mampukan semua ^_^

    BalasHapus
  8. Saya dulu lakukan semua tips ini pas kehamilan pertama, selain makan kurma sih, pas lahiran, ehhh belah perut juga hahaha.

    Padahal, meski kata orang lahiran pervaginal itu sakit banget, saya lebih milih sakit ketimbang bayangin perut saya dibelah hahaha :D

    BalasHapus
  9. Memang lahiran normal dambaan semua wanita ya. Aku pun alhamdulillah bisa VBAC kmrn...MasyaAllah. Ka icha udah lima kali ya lahiran...huaaaah keren. semoga berkah, sehat dan bahagia terus ya ka..

    BalasHapus
  10. BErsyukur banget semua wanita yg bisa merasakan melahirkan ya mbak, Semoga suatu saat saya juga bisa merasakan melahirkan. Aamiin

    BalasHapus
  11. lahiran normal dambaan yang mba untuk semua calon ibu, tapi sayangnya aq nggak ngerasain krn sudah 2 kali sesar dan sudah di vonis sama dokter kalau kelahiran anak ketiga pun gak memungkinkan untuk normal, yah gak apa2 deh yang penting debay sehat lahirnya..

    BalasHapus
  12. Noted thanks mba sharingnya, setiap wanita pasti ingin sekali bisa merasakan lahiran normal yaaa.

    BalasHapus
  13. Masya Allah lima kali lahiran normal semua Mak. Keren. Barokallah.

    Saya anak 2 secar semua. PPD pulak yang anak pertama. Anak kesua baby blues tapi cuma sebentar.

    BalasHapus
  14. Alhamdulilah, di 4 kali melahirkan, aku melakukan hampir semua yang dituliskan di atas. Walopun pas prosesnya beda-beda. Yang paling kerasa ke diri adalah sugesti kalo aku bisa melahirkan secara normal. Banyak ngobrol ke bayinya juga. Ngajak dia supaya berjuang bersama saat melahirkan nanti. Terusnya bayak jalan kaki di trimester ketiga. Dengan catatan kitanya dalam keadaan sehat dan fit. Dan pastinya doa. Dari siapa pun itu. Melancarkan kita banget deh.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Faktor terbesar dr kelahiran normal adalah kesiapan mental. Insyaallah kl mental siap, lahiran normal lancaaarrr

    BalasHapus
  17. Semua tips melahirkan normalnya betul banget mbak, Saya pun alhamdulillah 2 kali melahirkan normal. Semua memiliki momen special semua, melahirkan anak perempuan dan melahirkan anak laki-laki. Tipsnya jadi mengenang masa2 maubmelahirkan dulu.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. wah aku baru tau loh, ternyata konsumsi kurma juga bisa memperlancar lahiran normal ya mba

    BalasHapus
  20. Pengen x lah normal,, sayang awq kategori wanita gak normal heheheee

    BalasHapus
  21. Pengen banget bisa lahiran normal, apa daya..udah melahirkan dua anak, eh pada caesar semua :( huhuhu

    BalasHapus
  22. TUlisan ini agaknya perlu dibaca oleh semua ibu ibu muda yang katanya pingin lahiran normal. Inspiratf mbak..

    BalasHapus
  23. spertinya untuk jadi seorang wanita hamil memang sangat susah banget dalam bergerak :( apalagi sudah usia kandungan tua hmm

    BalasHapus
  24. Icha ini kecil2 badannya tp cabe rawit ya kelima anak lahiran normal masyaallah, tips lahirannya sudah terbukti smua berarti. Noted.

    BalasHapus
  25. Ya Allah..semoga hamil lagi..🥰

    Semangat ni jadinya setelah membaca postingan ini..😀

    BalasHapus
  26. Semangattt buat bumil2
    Semoga lahiran lancar apalagi dah ada tips kece ini, mantabs kan hehe

    BalasHapus
  27. Tipsnya penting banget neh, buat mahmud milenial yang kayaknya ketakutan lahiran normal. Padahal lahiran normal lebih baik ya Kak

    BalasHapus
  28. Tekad yang kuat dan mau memberdayakan diri juga jadi salah satu poin penting bagi ibu yang punya cita cita melahirkan dengan normal. Disamping itu, harus bener2 update status kesehatan diri dan janin

    BalasHapus
  29. Ah mantul tipsnya.
    Pas buat yg lagi hamil, buat persiapan lahiran

    BalasHapus
  30. wah, salut kak icha lahirannya bisa normal semua. pd dasarnya mau melahirkan lwt jalur apapun ttp ibu kan ya kak. yg pntg mnjalankan 5 tips td. tapi apa kak icha ga prnh merasakan pengen jajan aneh2 gt pas hamil? kalo ada kek mana menyiasatinya kak?😂

    BalasHapus
  31. Setuju banget mak ! Tp sayangnya dijaman sekarang udah jarang menemukan bidan dan dokter yg sabarrrrr, banyakan yg nyuruh op sc , hmmm

    BalasHapus
  32. Intinya di tekad ya mak. InsyaAllah kalo tekad udah kuat dan doa agar dimudahkan, kita bisa lahiran normal. Tapi tetap harus kontrol ke dokter juga untuk memastikan kondisi kehamilan dan janin sebelum melahirkan.

    BalasHapus
  33. periksa kehamilan tujuannya mengetahui kondisi bayi. jika aman bisa lahiran normal. tapi bila kondisi ada masalah, misalnya bayi terlilit tali pusar dll, maka harus ada jalan keluar yg aman

    BalasHapus
  34. Banyak anak jadi kaya pengalaman ya Cha, semoga kelimanya sehat selalu jadi kebanggaan orang tua dan agamanya. aamiin

    BalasHapus
  35. Semoga semua perempuan Indonesia atau istri yang hamil bisa melahirkan dengan normal ya.

    BalasHapus
  36. Memang kalau dipikir enak lahiran normal ya kak. Kalau lahiran nggak normal caesar pulihnya lama nggak kebayang ngilunya kadang

    BalasHapus
  37. Luar biasa banget mak 5 kali melahirkan per vaginam. Obgyn ku dulu bilang melahirkan itu marathon jadi harus pinter bikin strategi biar tahan sampai garis finish :))

    BalasHapus
  38. Makasi Mba Sharingnya, Puji Tuhan aku ngerasain melahirkan normal untuk anak pertama dan caesar untuk anak kedua karena preklamsia

    BalasHapus
  39. Wah makasih banyak ilmunya ka , emang perjuangan sang ibu saat hamil dan melahirkan tapi apapun proses melahirkan tetap seorang ibu

    BalasHapus
  40. Masya Allah tabarakallah mom.. Kalau aku hampir aja nyerah karena ngga keluar keluar pas ngeden hihu jadi agak trauma.

    BalasHapus
  41. setuju, mbak. yang pertama memang harus kuatkan tekad buat lahiran normal biar kita bisa tetap kuat. Tapi lahiran normal atau cesar tentunya sama-sama ada tantangannya sih ya

    BalasHapus
  42. Nah banyk ibu2 yang takut lahiran normal mbak..jadi lbh milih sec. pdhal pulihnya lahiran normal lbh cepat ya timbang sec.

    BalasHapus
  43. sy gagal mb dan mau g mau jadi caesar deh, nunggu di RS 2 hari g bukaan 8 juga akhirnya operasi

    BalasHapus
  44. Masyaa Allah perjuangannya, itulah mengapa surga di bawah telapak kaki ibu, krn emang perjuangannya gak bisa dibalas dgn apapun.

    BalasHapus
  45. Dan konsultasikan juga dengan dokter ahli terkait kak.. perihal lahir normal atau sesar... karena kembali lagi menyangkut keselamatan ibu dan anak

    BalasHapus
  46. Aku dulu pengen normal tapi apa daya karena kondisi bayi harus SC. Ini juga atas saran dokter, yang memang ahli di bidangnya. Jadi memang harus legowo juga kalau rencana ga berjalan semestinya :)

    BalasHapus
  47. Untung lahiran normal maupun caesar, ibunya harus happy ya selain doa dan makanan bergizi, katanya lahiran normal lebih cepet sembuhnya dibanding caesar. Tapi kenapa sekarang malah lebih banyak yang melahirkan caesar ya kak.

    BalasHapus
  48. selain itu dokter yang kompeten juga ya mba, soalnya kakak saya pas lahiran anak pertama. udah semangat mau lahiran normal. eh udah bukaan ke 10 ternyata bayinya masih telentang dong. pantesan udah ngeden kaya gimana juga itu bayi gak keluar. katanya dokternya salah liat di USG, aneh banget. untuk kakak saya dan bayinya selamat, sekarang umurnya udah 4,5 tahun. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  49. Keren, kak. Bisa lahiran normal sampai 5 kali, dari lahiran hingga pengasuhan pasti membutuhkan semangat yang ekstra

    BalasHapus
  50. Istri saya lagi hamil jalan 6 bulan, ini kehamilannya yang pertama, postingan ini bakalan saya share ke istri. Makasih ya kak

    BalasHapus
  51. Mba makasih tipsnya bener2 bermanfaat bgt nih mba. Keren bgt 5 kali normal aku baru anak pertama aja dah SC mba

    BalasHapus
  52. Sudah melakukan tips itu semua. Tapi terkadang ada dokter yang bilang cesar. Itu gimana kak? Kebanyakan mah langsung bilang cesar.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️