Tentang Liebster Award



Masih pagi hari, tepat di perayaan hari Pramuka Emak dapet chatpri wa dari dosen multitalented Kak Mia. Beliau memberi tahu bahwa saya menerima Penghargaan Liebster Award darinya. Wah bahagia luar biasa, karena konon katanya ini adalah tanda sayang-sayangan sesama blogger. Padahal menurut Mas Sepwal dunia blogger yang penuh persaingan ini ada pula blogger nakal yang iri dengan kemajuan blogger lain, sehingga melakukan banyak cara licik menjatuhkan. Misalnya saja Mengirim Pengunjung Robot di blog kita. Jahat banget kan ya..

By the way, apa sih Liebster Award itu?

Liebster Award itu adalah penghargaan berantai yang diberikan oleh seorang blogger kepada blogger lainnya dengan sejumlah syarat tertentu.

Liebster ini diambil dari bahasa Jerman yang berarti (untuk) "yang tersayang" atau "penghargaan favorit"  yang awalnya diberikan di tahun 2011 hingga 2015. Sekarang mulai rame lagi nih di kalangan blogger.

Angka 11 menjadi angka istimewa dalam Liebster Award mungkin karena dimulai di tahun 2011. Ada 11 fakta tentang diri penerima yang harus dituliskan dalam blogpost.  Lalu menjawab 11 pertanyaan dari blogger pemberi Liebster Award, harus menominasikan 11 orang blogger penerima Liebster selanjutnya, dan membuat 11 pertanyaan yang ditujukan kepada bloger penerima Liebster Award selanjutnya.

Sudah mengerti kah?

Lalu aturan mainnya gimana? Nih dijelasin..

1. Tulis postingan blog yang bisa dibaca oleh si penerima penghargaan.


2. Mengucapkan terima kasih kepada yang memberi penghargaan.


3. Ceritakan tentang 11 fakta diri sendiri dan 3 tulisan favorit sendiri.


 4. Menjawab 11 pertanyaan blogger pemberi penghargaan.

5. Menominasikan dan memberikan penghargaan kepada 11 bloger lainnya.


6. Memberikan 11 pertanyaan masuk akal kepada 11 nomine.


7. Memberitahu 11 nomine bahwa mereka mendapatkan Liebster Award 2020. 


Karena itu Emak mengucapkan big thanks buat kak Mia yang tersayang, blog Emak yang post nya belum banyak dan juga masih seumuran piyik dikasih beginian. Terharu rasanya.

Ok, sesuai dengan peraturan sekarang Emak bakalan menceritakan 11 fakta tentang Emak. Mh.... Simak ya, hihihi..


1. Anak ketiga dari empat bersaudara. Masa kecil hingga remaja sering dicap oleh mama sebagai anak provokator. Hihi. Bukan apa-apa, kata Mama siapapun anggota keluarga yang dekat denganku jadi jail/nakal. 


2. Masih kecil sebenarnya gak suka baca. Tertarik membaca ketika sedang mencari buku PR saat kelas 2. Lama mencari malah ketemu koleksi majalah Bobo punya si kakak nomer 2. Dulu saat kecil kakak itu kutu buku. Majalah dan komik miliknya banyak, karena Emak gak suka main sama dia Emak pun enggan memegang barang miliknya. Entah gimana bukan mencari buku malah membaca dongeng di dalam majalah Bobo. Fix mulai saat itu saat si kakak gak ada Emak suka bacain majalah dia diem-diem.

3. Tertarik menulis saat kelas 1 SMP. Bahkan di saat  tertular bacaan GhostBump, Emak sampe nulis di buku tulis cerita hantu ala GhostBump dan dibaca temen-temen terdekat. Hihi

4. Suka Radio di akhir SMP, dan saat akhir SMA menentukan masuk kuliah di Ilmu Komunikasi USU ya gara-gara kebanyakan penyiar favorit kuliahnya di sana. Akhirnya di tahun kuliah itu pertama kalinya USUKOM alias radio USU pertama muncul. Daftar dan diterima. Lulus kuliah pun sampe sebelum nikah kerja di radio.

5. Saat mendaftar kuliah, nulis tekad kuliah hanya 3,5 tahun dan kuliah gak minta uang sama Mama. Akhirnya target 3,5 tahun mundur hanya 2 bulan.

6. Punya 5 anak dan Alhamdulillah semuanya melahirkan secara normal karena sesungguhnya takut operasi. Serius!

7. Anak kelima lahiran sendiri di rumah karena sebelum bidan datang. 13 Ramadhan 1439 H dengan bantuan si sulung dan nomer 3 menyiapkan perlak lahiran. 

8. Pertama kali kenal blog di tahun 2008 saat masih kuliah dengan platform gratis dari blogspot. Isinya cuma cerpen, satu novel dan beberapa puisi zaman alay. 

9. Akhir 2018 diajak kakak ikut penulisan blog. Dan membeli domain www.bloggerparenting.com di tahun 2019. 

10. Blogger Sumut menjadi awal komunitas yang membuat saya bertemu banyak blogger hebat lainnya dan akhirnya ikut komunitas lain. Seperti MBC dan KEB. Kemudian bertemu dengan banyak blogger keren di banyak WAG berisi blogger.

11. Selain nulis blog akhirnya terjun di influencer sebagai penghasilan sampingan. Alhamdulillah lumayan menambah uang jajan.


Yes..itulah beberapa fakta tentang Emak. Lanjut ke 3 tulisan favorit Emak.

1. A to Z Antibiotik

Emak suka tulisan ini karena view nya mencapai 17.300 kali dibaca. Jujur saja, di awal ngeblog mencapai angka ratusan atau sekarang per artikel di angka 1000 aja Emak udah seneng (ya Allah receh banget kan senengnya) apalagi mencapai belasan ribu. Uhuyyy..


2. Kenali Ciri-ciri Suami Gay

Tulisan ini diharap mengedukasi perempuan yang kelak akan berumahtangga. Ternyata banyak yang tertipu oleh lelaki yang sopan atau baik sebelum nikah, ternyata ketahuan setelah nikah adalah seorang gay. Awalnya ini karena sejak 2015 kenal kak Sinyo Egie yang merintis Peduli Sahabat. Yakni Lembaga non profit yang membantu mengembalikan fitrah lelaki atau perempuan ke asalnya. Sudah banyak homo/gay dan juga lesbi yang Alhamdulillah sudah kembali ke fitrahnya. Yang bikin Emak sedih karena banyak istri yang bahkan masih perawan sejak menikah bertahun. Atau malah disentuh pas malam pertama saja. Setelah punya anak gak pernah disentuh sama sekali. Hikss


3. Cara Membuka Kunci Kombinasi /Koper

Tulisan ini awalnya terinspirasi dari si adek yang tas nya terkunci. Akhirnya bisa membantu banyak orang yang tas/koper nya terkunci atau lupa kodenya. 


Ok, lanjut lagi ke bagian pertanyaan yang diajukan si pemberi nominasi yakni menjawab pertanyaan dari kak Mia.


1. Mengapa kamu tetap bertahan menjadi blogger?

Menjadi blogger awalnya adalah menulis untuk healing, secara Emak adalah ibu rumah tangga yang cerewet dengan 5 anak. Yap ,saya mengurangi kecerewetan dengan menulis. Selain itu blog menjadi me time saya untuk berbagi informasi yang berguna. Sampingannya, blog menghasilkan uang jajan, Alhamdulillah

2. Apa prestasi terbaik selama jadi blogger?

Prestasi yang Emak harap adalah yang berguna bagi orang banyak. Namun bila ditanyakan pernah menang apa, Emak masih recehan karena gak terlalu sering jadi hunter lomba. Palingan Emak pernah juara 2 lomba menulis blog dalam rangka ulang tahun Mie Ayam Jamur Mahmud Medan. 

Beberapa kali memenangkan challenge menulis blog dari founder Blogger Sumut. Lalu beberapa kali memenangkan voucher lomba karena submit tercepat dan terbanyak komentar. Masih recehan kan..

3. Apa yang dilakukan saat dilanda writer blocks?

Nah.. ini juga recehan ni.. Emak kalo lagi stagnan suka ngopi sachsetan atau kopi hitam pake susu trus mojok di sofa sambil nulis blog via smartphone. Emak bisa dibilang menulis blog lewat hp karena laptop sudah tua dan laptop pinjaman Emak malah sudah rusak. Makanya nih kepengen nabung beli laptop.

4. Apa kendala yang dihadapi saat ngeblog dan bagaimana cara mengatasinya?

Kendala emak palingan soal waktu ya.. apalagi pas belajar daring gini.  Soalnya mengurus 5 anak all by myself ini repot kan ya..  Cara mengatasi palingan nulis dicicil sambil menyusui anak ke 5. 

5. Kondisi seperti apa yang membahagiakan ketika ngeblog?

Saat anak-anak tidur. Eaaa seneng banget pas berhasil bikin anak-anak tidur serempak di siang hari. Dasar Emak receh.. wkwkwk 

 6. Apa saja hal-hal yang disukai dan dibenci saat menulis blog? 

Semua suka, sejauh ini gak ada yang dibenci.

7. Kelak anak-anaknya diarahkan jadi blogger juga tidak?

Tergantung minat mereka. Kalo yang suka nulis mungkin akan diarahkan, kalo gak ya gak..

8. Kira-kira apa saja kriteria ideal yang mestinya ada pada blogger?

Buat Emak pribadi, cuma satu.. yang penting konsisten nulis dan bermanfaat.

9. Fasilitas apa saja pendukung kamu dalam menulis blog?

Duh malu, belum punya apa-apa kecuali smartphone.

10. Kapan waktu favorit kamu kalau ngeblog dan sampai berapa lama?

Waktu favorit dulunya pas anak-anak tidur. Sekarang karena dekat dengan orangtua, ngeblog ya dilakukan saat ada waktu kosong sambil jaga warung.

11. Apa pesan-pesan positif kamu untuk bloger Indonesia?

Tetap kompak dan saling mendukung. Itu saja sih..

Nah, sekarang saya mau nulis nih, penghargaan Liebster Award yang akan Emak beri untuk siapa..


1. Desy Zulfiani. Yap, beliau adalah founder Blogger Sumut. Big thanks buatnya yang membuat emak ada di posisi ini. Pemilik ceritajalan.com ini multitalented kalo Emak bilang. Pemilik Chef Saver dan  CJ shop ini suka bikin kejutan. Tiba-tiba ada produk baru aja..


2. Alfi Syahrie. Biasa saya panggil kak Alfie. Beliau Co Founder dari Blogger Sumut. Author bocahudik.com inilah yang menawarkan Emak domain bloggerparenting. Kalo ada kendala blog, suka minta tolong otak-atik sama dia.. hehehe

3. Shisca Elliza. Bukan kolusi ya, wkwkwk kakak kandung Emak ini berjasa karena udah ngajakin dateng ke acara nulis blog di akhir 2018. Big hug ya sista pemilik jejakbunda.com ❤️

4. April Hamsa. Mungkin kak April banyak nerima Liebster Award nih.. tapi Emak inget banget, kak April beneran top deh. Sering nulis blog dan juga paid promote tapi masih sempat jadi admin di beberapa WAG. Pemilik keluargahamsa.com ini juga ramah. 

5. Alaika Abdullah. Kak Al ini luar biasa bikin aku melted. Soalnya humble bunget, ramah juga.. Emak sampe gak nyangka kalo blogger senior pemilik alaikaabdullah.com ini beneran down to earth banget. Di kepala Emak, ingat kak Al ya ingat BPN.

6. Yanti Alif. Kak Yanti ini Emak bilang mendewasakan para blogger di MBC. Di benak Emak, beliau wibawa banget. Cukup ngomong "segera selesaikan hutang" waaaah langsung bergerak. WAG jauh dari huru-hara. Author yantialif.com ini juga mencerminkan blogger senior tapi tetap down to earth. 

7. Citra Pandiangan. Kak Citra ini pemilik banyak blog. Emak cuma bisa bilang gokil. Salah satunya, storycitra.com berbahasa Inggris. Dan beliau juga penulis dongeng.  Salute...

8. Ida Raihan. Kak Ida ini spiritnya semangat banget. Emak baca kisah beliau gimana kerja jadi TKW tapi tetep semangat nulis. WAG dia banyak banget nih. Dan darinya Emak belajar gak minder. Thank you sista idaraihan.com

9. Rohyati Sofjan. Pemilik rohyatisofjan.com ini foundernya Indonesia saling follow. Ya Allah, Emak gak kebayang gimana beliau di daerah gunung dengan sinyal yang kadang terganggu memanage itu. Meskipun hidup di dunia sepi, namun semangatnya luar biasa. Emak Brebes mili nih sambil nulis.

10. Iid Yanie. Bisa dibilang satu grup ketemu di Blogger Sumut. Tapi gak pelit ngasih info sesuatu. Kadang belajar banyak dari beliau dengan keramahannya. Author iidyanie.com ini paling semangat kalo ada kelas blog. 

11. Siska Hasibuan. Kakak satu grup di Blogger Sumut ini juga luar biasa. Pemilik siskahasibuan.com ini memiliki anak kembar. Jiwa wirausaha nya bikin Emak kepengen nyontoh. Pokoknya beliau selalu bikin Emak merasa terinspirasi.


Nah, selesai dengan pemberian Liebster Award sekarang Emak punya daftar 11 pertanyaan yang akan diberikan kepada penerima nominee..

1. Kapan pertama kali kenal blog?

2. Kapan pula memiliki blog pertama?

3. Siapa yang menginspirasi dalam menulis blog?

4. Apa sih Niche blog kamu?

5. Alasan kenapa memilih Niche tersebut?

6. Apa topik yang paling dihindari ketika menulis blog?

7. Paid promote apa yang akan ditolak ketika ada penawaran?

8. Apa sih kiat menjadi blogger yang baik?

9. Pernah enggak merasa jenuh di dunia blog?

10. Kalau ada kopdar para blogger suka datang gak sih?

11. Sifat apa yang harus dihindari ketika kita ingin maju menjadi blogger yang handal?


Nah.. selesai semua tahapan dan aturan main di Liebster Award ini. Selamat buat para nominee. 

Sampai jumpa kembali semoga bermanfaat..

Reactions

43 comments:

  1. Ih surprise dapet liebster award. Soalnya masih malu belum jadi blogger beneran, masih blogger wannabe doang.

    Soon ya, di posting liebster balasannya

    ReplyDelete
  2. Ya Allah ichaaa kaget awak. Baru mau nyeruput teh manis dikabarin masuk list liebster award. Hihihi.. makasi ya icha.. kok kk merasa tersanjung Dan dihargai Kali yaaa .. barakallah icha semoga tetap menginspirasi para emak..

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, gak nyangka ada memerhatikan diriku. Pagi-pagi dapet info peroleh Liebster Award langsung menjadi booster mood, untuk menjadi lebih baik lagi. Makasih ya Mak. Insya Allah segera saya tulis balasannya.

    ReplyDelete
  4. Duh mba ichaa tersanjung bner aku tuh ada ditulisanmu hehhe mkasih loh yaaa...btw wibawa apaan hahha perasaan biasa aja deh wkwkwkwk skali lagi thanks yaa

    ReplyDelete
  5. Masyaallah, tabarakallah. Haru dan tersanjung deh diriku dapat award ini. Ternyata ada juga yang masih memperhatikan seorang Alaika Abdullah yaa? Hihi.

    Thanks, ya, Kakak cantik. Insyaallah nanti saya cari waktu untuk melaksanakan amanah ini yaaa. Makasih banget, Kak untuk awardnya. Syeneng, deeh!

    ReplyDelete
  6. Saya suka baca tulisan kak Icha, enak aja di baca dan bahasannya sehari2. Sukses terus ya πŸ˜€πŸ™

    ReplyDelete
  7. Keren mak, anak 5 masih sempet ngeblog. Saya masih 3 dan nunggu pada bobo dulu. Soalnya kalo pake pc yang bontot suka riweh naek2 di atas laptop haha.

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau soal Liebster Award setelah membaca di postingan salah satu teman juga, Mbak Icha. Dan cara ini keren ya, Mbak. Jadi sebagai bentuk penghargaan yang bisa membuat kita semakin semangat ngeblog. Termasuk saling support juga.

    ReplyDelete
  9. Yang artikel tentang ciri suami gay ini yang paling kusuka karena kasusnya banyak banget

    ReplyDelete
  10. wah melahirkan si bungsu di rumah dengan bantuan kakak-kakaknya.

    Jadi ingat awal-awal ngeblog dulu juga ada liebster award, dan sekarang marak lagi

    ReplyDelete
  11. Aku sedih namaku ga ada hahaha
    Aku bayangin lahiran sendiri..terus ngeblog dari HP..dirimu memang keren Mbak Icha. terus semangat ya, kusuka gaya Medannya

    ReplyDelete
  12. Duh baca ini jadi keinget kalo aku pun dapat liebster dan belum sempat menulisnya, huhu...

    ReplyDelete
  13. Kaya gini kalau aku ngeblognya ntar sok ntar sok jadi malu, dengan segala kesibukannya saja bisa tetap ngeblog ya kak, saya malah kalah nih

    ReplyDelete
  14. Ketentuan dalam Liebster ini unik sekali. Segalanya berjumlah 11. semoga dengan penghargaan ini memacu semangat untuk terus nge-blog ya bunda.

    ReplyDelete
  15. Barokallah ya kak πŸ‘ aku pun banyak belajar dari akak 😍 jadi semangat nulis via hape nih

    ReplyDelete
  16. Wah, unik sekali dapet penghargaan liebster award ya mbak. Bisa saling kunjung dan supprot antar blogger.

    Selain itu, bisa jadi wadah apresiasi yang baik kepada blogger lainnya.

    Selamat mbak..

    ReplyDelete
  17. kok ngeri sih mbak, suami gay... ternyata sifat laki laki itu gak bisa ditebak hanya dari penampilannya ya. bahkan urakan aja, ada yg rajin sholat loh. sementara yang sopan ternyata.... oh

    ReplyDelete
  18. Bagus yaa Liebster Award ini..bikin jadi tambah semangat nulis. Rasanya udah lama banget gak baca tulisan award-award gini antar blogger.

    ReplyDelete
  19. Iya nih saya belum sempet menuliskannya. I sya Allah segera begitu ketemu waktu yang tepat. Makasih ya Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo tulis say biar kumakin mengenalmu hehehehe

      Delete
  20. wow keren banget, per artikel pembacanya sudah ribuan. kepengen banget punya artikel dengan pembaca perhari ribuan gitu

    ReplyDelete
  21. Senang sekali bisa membawa Liebster Award 2020 ke Blogsum, seandainya boleh 50 bloger pasti bikin deh, etapiii kasian blognya kl banyak2 BL, trus yang menerima udah pasti balas ngasih gak yaa.. huhuuu... Makasih Ichaa, selamat yaa

    ReplyDelete
  22. Baru tau ada Liebster Award bagus ya bisa tambah jejaring dan informasi dlm dunia perblogeran

    ReplyDelete
  23. Wawww mantap kali😍 selamat ya kak menurut kakak semua prestasi itu receh, tapi luar biasa sebagai awal. Ovi belum pernah sama sekali masih sejauh ini wkwkwk. Selamat juga bagi para nominator.

    ReplyDelete
  24. Makasi cha udah nominasikan awak huhu, malu nih sama Mak Ali udah sibuk urus anak masih rajin ngeblog, btw kebahagiaan emak itu simpel ya liat anak2 tidur aja udah seneng jadi bisa me-time minum kopi :)

    ReplyDelete
  25. Masyaallah, blogger parenting ini memang keren loo banyak manfaatnya. Alhamdulillah yaa ada tanda sayang, semoga dijauhkan dari yang iri2an.

    ReplyDelete
  26. satu persatu aku perhatikan nominasinya ternyata namaku belum ada disana

    ReplyDelete
  27. salah satu cara memanajemen emosi adalah menulis ❤️ congrats kak icaaa dpt liebster award. smoga konten2nya semakin bagusss

    ReplyDelete
  28. Wah selamat ya dapat liebster award semoga selalu menebarkan semangat positif melalui tulisan, btw keren banget bisa lulus kuliah 3,5 th dg biaya sendiri. Salut!

    ReplyDelete
  29. Liebster award ini jaxi salah satu tools kita saling kenal sesama bloger ya mbak icha? Salam kenaaal

    ReplyDelete
  30. wah, nama para bloggernya banyak yang belum saya kenal. Kecuali mba ida raihan, mba rohjati sama mba mia

    ReplyDelete
  31. wah keren kak, viewer udah 17.300 hebat, hebat aku mah apa atuh remahan rengginang wkwkwk. Liebster award ini ajang penghargaan yang kita tahu mengenai kawan2 blogger ya kak, jadi tambah semangat untuk nulis kalau seperti ini ya kak. sehat terus dan semangat terus ya kak.

    ReplyDelete
  32. 17300 kali dibaca? Wow sekali, gimana itu kak bisa mencapai seperti itu, aku dapat 100 sehari sudah jingkrak-jingkrat lalu pamer di medsos. Btw udah berapa tahun kak ngblognya?

    ReplyDelete
  33. Untung baca ini, aku hampir kelupaan hihi. Wah makasih bisa dapat award dari sista ini.. padahal masih harus banyak belajar

    ReplyDelete
  34. Tahun 2014 saya kenal Liebster Award waktu gabung di grup Facebook untuk blogwalking, Blogger Energy, ada teman yang ngasih dan lebih dari satu. Senang banget waktu itu karena merupakan tahun awal saya memasuki dunia blog demi mengarsipkan karya.
    Tahun 2018 ketika bisa internetan lagi di rumah, saya tdak pernah lihat atau baca mengenai Liebster Award lagi. kirain sudah lenyap. Wajarlah masa 4 tahun tidak bisa terhubung dengan dunia luar itu begitu lama.

    Ah ya senang banget ternyata tradisi ini belum sepenuhnya lenyap. Masih ada yang meneruskan hal demikian sehingga bisa kembali menjalin relasi ala narablog yang masih polos. Iyalah, saya kangen masa ngeblog dari awal untuk tujuan arsipkan karya sehingga terdorong prduktif berkarya. Sekarang malah sibuk urus follow loop Indonesia Saling Folow yang bisa merusak mood menulis. Soalnya saya kalau mengerjakan sesuatu harus total dan terstruktur, he he.

    Terima kasih banyak sudah sertakan nama saya sebagai penerima tanda sayang ala Liebster Award, terharu pastinya. Hu hu hu….
    Belum tahu akan menulis apa dan menjawab bagaimana, lagi bingung diminta teman satu WAG Klinik Bahasa untuk menulis esai bahasa tentang pengucapan dalam bahasa Indonesia yang sering menyulitkan tunarungu. Ditambah lagi sekian permintaan atau keinginan menulis untuk media massa yang belum bisa saya lakukan.
    Maka, mohon teman-teman yang jadi anggota komunitas Indonesia Saling Follow jangan salah paham pada cara saya menjalankan sistem dengan perubahan yang diharapkan lebih baik. Jadi admin pemdiri komunitas dedikatif itu berat dan melelahkan, hi hi.

    ReplyDelete
  35. Ternyata liebster award masih ada ya. Dulu tahu ini waktu jaman kuliah. Postingan ini lengkap banget, suka dengan cara mensiasati writers blocknya.

    ReplyDelete
  36. Seru ya liebster award ini, rasa sayang dan persaudaraan antar blogger terlihat banget

    ReplyDelete
  37. liebster award ini bukannya udah lama bangeet ya, perasaan dari awal ngeblog di tahun 2018 udah ada sampai sekarang maasih berlanjut, wah seru bangeet hihi.

    ReplyDelete
  38. Seru nich..acara pemberian penghargaan seperti ini dapat memacu semangat utk terus konsisten ngeblog.. btw emang masih ada juga blogger jahat yg ngirim pengunjung robot kak?

    ReplyDelete
  39. Penghargaan Liebster ini benar-benar sangat menyenangkan.

    Bagaimana tidak?

    Kita bisa saling perhatian kepada sesama blogger. Dan saling belajar dari masing-masingnya.

    Cool.

    ReplyDelete
  40. Saya pernah dikasih Liebster Award, tapi blog kelamaan ditinggal jadi lupa siapa dan dimana blog yang ngasih 😭

    ReplyDelete
  41. Senangnya bisa saling berbagi cerita dengan Liebster Award ya Mbak. Tetap semangat ngeblog Mbak.

    ReplyDelete
  42. Assalamuallaikum Mbak Ichaaaa, maaf baru sempat mampir. Hyaaahh, terima kasih sebelumnya, gak kok, kyknya mbak Icha aja yang nulis namaku wkwkwk :P
    Semenjak pejeje aku agak oleng jd agak2 gak nyentuh blog. Terima kasih Liebster Award-nya, jd semangat buat ngisi blog lagi :D
    Sukses ya buat semuaaaaa :D

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews