Kebaikan Alami untuk Hidup Sehat
icha Marina Elliza


Hari libur adalah hari melepas kangen ke rumah orangtua. Memang jarak rumah saya dan orangtua tak terlalu jauh sih, berkisar 13 km. Namun tidak sreg rasanya kalo tidak bertemu mama sepekan sekali. Apalagi setelah bapak sudah meninggal dunia. 

Selain itu, kakak dan adikku yang paling kecil juga bertempat tinggal dekat dari rumah mama. Jadinya sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui. Tujuan ke rumah mama, tapi bisa silaturrahim ke adik dan kakak.

Kalo masuk ke rumah mama, ada bau khas yang akan tercium.  Saya selalu menyebut rumah tukang jamu.  Karena mama suka memasak minuman herbal untuk dikonsumsinya sebagai minuman penguat imunitas tubuh. Mama sering merebus jahe merah beserta bahan alami lain di panci khusus merebus bahan herbal agar khasiatnya tidak hilang. Jadi mama memang sengaja memakai panci khusus. 

Panci khusus milik mama

Setiap saya berkunjung,  sudah pasti donk disuruh ikut minum. Karena saya terbiasa, makanya saya suka sekali. Rasanya memang enak, tau gak kenapa? Proses memasaknya memang memakan waktu yang bikin saya cukup melambaikan tangan ke kamera.  Kenapa? Karena mama memasak dengan api kecil dengan waktu minimal 6 jam. Sungguh bagi saya yang merupakan ibu beranak lima, menjaga masakan/olahan tersebut bisa membuat kerjaan gak terselesaikan.  Kerjaan rumah yang banyak gak akan membuat saya sempat dan telaten seperti mama, belum lagi kalo saya sampai lupa dengan olahan ini setelah lebih dari 6 jam.. Waduuh gak kebayang deh..

Teringat dengan jahe, tanaman satu ini memang memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita.
Apa saja sih manfaat jahe, selain menghangatkan badan?
Berikut adalah manfaat keren dari jahe:

1. Jahe mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe karena jahe memiliki kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal.

2. Jahe mampu mengurangi mual

Nah, bagi penderita asam lambung berlebih, nyaman sekali saat minum minuman jahe hangat. Selain membuat perut nyaman, mual juga hilang. Pengalaman saya bersahabat dengan jahe di saat hamil muda. Saya memang selalu mengalami morning sickness,  makanya suka sekali dengan jahe agar mual hilang dengan bahan alami.

3. Jahe juga mengurangi rasa sakit

Emak-emak yang selalu gegulingan karena sakit perut saat menstruasi ayo ngacung?  
konsumsi jahe ya, karena jahe bisa mengobati dysmenorrhoea. Jadi seorang ibu yang aktif gak akan kalah lagi deh dari nyeri haid.

4. Jahe menghilangkan demam dan flu

Karena jahe mampu mendetoks tubuh kita melalui keringat,  maka baik sekali penggunaan jahe pada orang yang sedang demam atau flu.

5. Jahe menghindarkan dari kanker

Salah satu dari manfaat yang terkandung dalam jahe adalah Zat gingerol yang mampu menghindarkan kita dari kanker Usus besar karena menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker, jahe pun menghambat pertumbuhan tumor. Mantap kan..

6. Jahe sebagai anti peradangan

Kabar baiknya, gingerol juga bermanfaat sebagai anti imflamasi. Selain itu juga mengobati pembengkakan pada bagian tubuh yang sakit. Komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh yakni sitokin,  kemokin, kondrosit,  dan leukosit. 

7. Jahe untuk kesuksesan diet

Jahe mampu menekan nafsu makan berlebih dan juga mempercepat metabolisme tubuh, sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. 

Nah, dari sekian banyak manfaat jahe, makanya mama suka sekali membuat minuman herbal jahe.
Namun ada yang berbeda saat berkunjung kali ini. Tidak ada minuman herbal ala mama. Ketika saya tanya, jawabnya "Lagi bosen buatnya.." Saya pun tertawa. Gimana gak, mama yang di rumah sendiri tanpa ada yang membuat heboh merusuh,  bisa merasa bosan membuat olahan yang memang memakan waktu lama tersebut. Konon lagi saya.. haha

Makanya, saya sekarang sedia Herbadrink di rumah. Minuman berkhasiat jahe seperti milik mama pun ada  Yakni herbadrink Sari Jahe.





Apalagi saat seperti ini, udara di Medan saat malam sangat dingin. Kadang bangun pagi masih kedinginan.  Sebelum beraktivitas menyeruput Sari Jahe buat saya adalah sebuah langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan dan juga imunitas tubuh.

Selain Sari Jahe,  favorit saya ada Herbadrink Lidah Buaya. Secara emak menyusui sering macet urusan ke belakang, maka aloe vera bermanfaat untuk memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar. 




Herbadrink Lidah buaya sangat enak dikonsumsi siang hari dengan tambahan es yang segar. Daripada mengkonsumsi obat-obatan sebagai pencahar,  lebih baik saya mengkonsumsi herbadrink Lidah buaya.

Manfaat lidah buaya juga tak kalah banyaknya loh..

Ini dia manfaat lidah buaya:


1. Lidah buaya meningkatkan kekebalan tubuh.
2. Menjaga kadar asam tubuh.
3. Membantu proses detoksifikasi. 
4. Mengurangi berat badan.
5. Menjaga kesehatan jantung. 
6. Sumber asam amino.
7. Sumber vitamin dan Mineral. 
8. Mengatasi bibir pecah-pecah akibat panas dalam.


Produk herbadrink lain yang cocok buat ibu yang aktif seperti saya adalah herbadrink kunyit asam dan juga Herbadrink Sari Temulawak. 
Kenapa?
Karena kunyit asam mampu melancarkan haid dan mengurangi sakit akibat nyeri haid, dan Sari Temulawak mampu menjaga kesehatan fungsi hati.

Di mana sih, bisa mendapat produk Herbadrink ini?

Semua varian herbadrink seperti Sari Jahe,  Lidah Buaya, Sari Temulawak,  Kunyit asam, Beras kencur, dan lainnya dapat dibeli di supermarket terdekat seperti Alfamidi dan Hypermart. 

Lebih asyiknya lagi, Herbadrink lebih praktis dan juga ekonomis dibanding harus membuat sendiri seperti yang mama saya lakukan. Herbadrink menjadi andalan buat ibu yang aktif karena ibu gak boleh sakit.

Ingat loh, daripada mengkonsumsi obat-obatan, yuk kita kembali ke kebaikan alami. Semua yang kita butuhkan tersedia di alam ini.  


#KebaikanAlami





88 Comments

  1. Saya minum jahe cuma kalau lagi di angkringan dan kedinginan :D

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka sekali dengan minuman berbahan jahe, Mbak Icha. Dari wedang jahe, sampai Sara'ba khas Makassar. Dan kemari n saya baru saja minum jahe merah di pasar Pereng Kali. Enak banget.
    Tapi kalau buat sendiri, lumayan juga ya, Mbak. itu Ibunya merebus jahe sampai 6 jam. Wih.. saingan merebus ketupat hahaha.
    Makanya saya memang suka beli minuman jahe sasetan saja. dan keren nih, sudah ada minuman jahe baru. Wajib saya cari dan coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya mas Bambang.
      Rajin banget ibu buat sampe lama begitu,.
      Kalo beli sachet hemat banget malah

      Delete
  3. Mantap ya, daripada minum-minuman bersoda atau minuma tidak sehat. Mending konsumsi Herbadrink. biar bisa bikin sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dyah. Sekarang jadi ketagihan jahe nya..

      Delete
  4. Pingin rasanya meneladani kebiasaan baik ortu kita dulu yaa, kl mak saya suka bikin rebusan kunyit asam di saat kami anak² perempuannya haid. Kl skrg sy lbh srg manggil mbok jamu krn bersihin kunyitnya tgn kuning² mode on haha.
    Okay yaa Herbadrink utk kebaikan alami. Noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak mia..
      orangtua memang selalu menjaga kebiasaan leluhur ya..
      saya suka juga minum jamu. Kadang kalo gak mau repot ya ada Herbadrink kunyit asam..
      oh ya, yang varian kunyit asam plus sirih ada juga

      Delete
  5. aman minuman kemasan, mbak? saya perlu jahe merah.. udah pernah dikasih temen, cuma ya itu..kalau disuruh masak dulu itu memang jadinya malah ga diapa2in. cuma sempet awalnya aja rajin haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, di komposisi nya gak ada gula buatan kayak aspartham. InsyaAllah aman

      Delete
  6. Jadi pengen coba deh.. Beberapa kali pas malam-malam gitu pengen minum minuman jahe, tapi kok ya males bikinnya. Wkwkwkw #DasarPemalas. Kan kalau sudah ada Herbadrink gini tinggal seduh aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..
      Kalo siang2 boleh dipakein es.. segerrr

      Delete
  7. Wah, jadi pengin nyoba minum yang banyak manfaatnya ini, pasti hidup bisa lebih baik.... Ingin rajin minum juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini semacam warisan kebiasaan leluhur ya mas faisol

      Delete
  8. Sekarang ga susah banget buat minuman herba, ga perlu meracik segala macem tanaman, udah praktis ada herba drink, tinggal pilih yang mana sedang dibutuhkan. Aku sering minum yang sari jahe enak dibadan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mba Selvi, mudah dan lebih hemat daripada pake gas sampe 6 jam, wkwkwk

      Delete
  9. Yg paling suka minum herba jahe kek gini tu bapaknya anak-anak.
    Saya sesekali aja klo dirasa badan pegel-pegel.

    ReplyDelete
  10. Aku suka juga sih minum jahe, tapi jangan terlalu kental, pedes soalnya hahaha tapi emang sepakat mbak, manfaatnya juga sudah tak rasakan sendiri.

    ReplyDelete
  11. Sari jahe ini memang jadi pilihan yang sangat tepat karena gak repot dan praktis.

    Ibu saya kalau sakit tertentu pasti langaung cari tanaman obat di belakang rumah dan... Buatlah jamu untuk sakit beliau atau sakit kami anak anaknya.

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka banget minum minuman tradisional seperti jahe, kunyit temulawak. karena rasanya enak, alami dan tentunya banyak sekali manfaatnya seperti mengobati masuk angin , menambah stamina biar kerja semakin fresh.

    ReplyDelete
  13. Wah sama kyk ibuku suka juga bikin jamu, biasanya kunyit, sinom, minuman dr lidah buaya dll :D
    Kalau aku pemalas jd pakai yang praktis aja kyk Herbadrink, tinggal seduh dan praktis :D

    ReplyDelete
  14. 6 jam! Oh my.... Lama bangeeet.... Tapi memang mengingatkan pada cara memasak obat pada zaman dahulu sih. memang lama tapi bagus. Sekarang saja, yg suka memberi tips cuma bilang masak dengan 2 gelas air sampai tersisa segelas. Nggak gitu juga... ada prosesnya.
    Lha kok malah ngelantur. Wkwkwk

    Salam buat mamanya ya Mbak. Beliau masih menjaga warisan leluhur. Itu luar biasa.

    ReplyDelete
  15. Apalagi saat aku lagi batuk pilek begini, Mbak, minuman berbahan jahe tuh pas banget. Bikin napas lega. Dengan tinggal menyeduh Herbadrink, membantu banget tuh dalam menyiasati batuk yang bikin napas jadi nggak enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, trus menghemat waktu juga,.
      sehat2 kita ya mba

      Delete
  16. Herbadrink emang praktis banget ya kak dan yang penting khasiatnya sama. Jadi udah nggak perlu capek2 merebus lama..

    ReplyDelete
  17. aku pengen rasain juga jamu 6 jam punya mamak kakak, trus jahe apalagi jahe merah minuman favorit di rumah direbus bareng sereh, masyaAllah sedaaaap ^^sekarang minum jahe jadi lebih praktis ya ada herbadrink ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, nanti pas main ke rumah mama awak kabari ya

      Delete
  18. jahe itu obat segala jenis sakit ya kak. luar biasa. rempah2 lain juga. ah makin cintah sama endonesiah klo mengenai keanekaragaman hayatinya. apalagi dgn adanya herbadrink, tangan gak perlu panas nyaringin rempah2 itu yakan kak. hehehe

    ReplyDelete
  19. Sekarang kalau mau jahe, tinggal beli dan seduh. Praktis euy...
    Mantapp...

    ReplyDelete
  20. duh enaknyaaaa lidah buaya. baru tau ada herbadrink ini kak. gampang ya ga repot bikinnya.

    ReplyDelete
  21. Herbadrink ini favorit waktu menyusui minum anget2 di pagi enak banget, suka yg rasa jahe dan temulawak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak id, apalagi sekarang kan lagi dingin banget setiap bangun tidur,. Angetnya juara..

      Delete
  22. Amazing yaa...
    karena alam sebenernya sudah menyediakan segalanya untuk kebaikan manusia.
    Rutin minum jahe bikin sehat, bonusnya badan langsing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mba lendy, bener bener bener

      Delete
    2. Aku jadi ingat masa-masa pasca melahirkan.
      MashaAllah~
      Jamu itu andalan biar aku cepet pulih dan bisa merawat bayi dengan ASI lancar.
      Jadi kangen minum jahe, dkk.

      Delete
  23. Kesehatan itu mahal, saya juga termasuk pencinta sari jahe kak hehehe semangat hidup sehat.

    ReplyDelete
  24. Sejak remaja aku suka banget minum jamu karena khasiatnya. Kalau di rumah orangtuaku dulu, mama yang rajin tuh bikinkan wedang jahe, atau rebuskan temulawak. Sejak nikah dan ikut suami pindah-pindah kota, terpaksa cari yang praktis dan bersyukur bertemu dengan Herbadrink ini. Tinggal seduh dan siap dinikmati manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kalo mau buat, seperti keterbatasan waktu ya mba..

      Delete
  25. Minuman jahe hangat emang paling pas diminum saat cuaca dingin, atau habis kehujanan di jalan. Dijamin, angin dalam tubuh pada berontak semua mau keluar. Tapi, emang sekarang lagi jamannya gaya hidup sehat dgn makanan/minuman herbal. Bagus lah buat kesehatan

    ReplyDelete
  26. Baca tulisan ini jadi inget ama mama saya Mba. Mama tinggal di Bandung tapi saya sekarang di Tangerang Selatan. Sedih sih jauhan. Tapi setiap ada waktu pulang, aku slalu ngusain untuk pulang lihat mama. Apalagi papa udah meninggal soalnya. Jadi ga mau mama ngerasa kesepian. Walau mama tinggal bareng ama adik dan kakak. Allhamdulillah ada yang jagain. Sehat-sehat ya mba untuk mamanya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..
      semoga mamanya mba juga sehat terus..
      Titip salam mba.. ♥

      Delete
  27. Minuman jahe memang khasiatnya enggak terkalahkan. Bisa dicampur pula dengan bahan khasiat lainnya. Herbadrink begini jahe yang dibuat praktis, siap minum, jadi lebih efisien.

    ReplyDelete
  28. kalo rajin emg pake jahe aja bisa ya kak hihi dirumah jg sering jahe direbus gitu sama cengkeh abis tu diminum hangat2 wkwk

    ReplyDelete
  29. Minum air jahe enak tenan, apalagi dibikin bandrek pas badan lagi gak enak. Bisa langung enakkan jadinya.

    ReplyDelete
  30. Saya juga kalo tenggorokan mulai nggak enak, langsung rebus jahe ama gula merah. Atau beli bandrek biar tenggorokan dan badan tetap enak. Sekarang lebih gampang, tinggal beli herbadrink aja,

    ReplyDelete
  31. Kakak pun lagi demen banget dengan rebusan herba. Kadang jahe merah, kadang jahe biasa. Kadang butuh juga yang praktis ketika rada males merebusnya. Makasi infonya cha

    ReplyDelete
  32. Minum Sari Jahe hangat malam2 sambil kerjain deadline blog kayanya mantab ya mbak :) mau cari aahhhh, bisa dibeli di minimarket ngga ini mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantabbb banget mba Irena, cari di alfamidi ada nih,.

      Delete
  33. Seger bnget nih mbak minumannya, saya juga pernah nyobain. Kl dulu mesti diracik sendiri, mulai dari nyari jahenya, mengolahnya sampai jadi minuman, sekarang alhamdulillahnya ada yg praktis ya. Jadi gak ribet

    ReplyDelete
  34. Keren istilahnya Mba, rumah (tukang) jamu yaah. Bersyukur banget punya Ibu yg suka masak jamu, karena insya Allah lebuh sehat lewat herbal jamu yaa mbak. Aku paling taunya beras kencur dan jeruk nipis aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Visya, herbadrink tanpa efek samping. ♥

      Delete
  35. Aku juga suka dengan Herbadrink yang jahe mbak apalagi musim hujan gini hangatnya jahe Herbadrink memudahkan berbagai pekerjaan IRT dan ngeblog di malam hari.

    ReplyDelete
  36. Kalau di keluargaku pada demen banget minum jahe hangat, biasanya ini juga suka jadi campuran di makanan untuk sup. Apalagi untuk menjaga daya tubuh juga bagus banget. Yang bikin PR tuh kalau mau masak kudu nyiapin jahenya dulu, tapi sekarang ada yang praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Chichie. Praktis sekali. Jadinya acara ngumpul keluarga bisa sambil minum jahe hangat..

      Delete
  37. Sebentar, saya terperangah dan nggak sanggup ngebayanginnya Mba. Buat minuman herbal habisin waktu 6 jam di atas kompor dengan api kecil? Waduh kalo saya udah angkat tangan deh. Gawat kalo kelupaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba.. Makanya saya juga lambai tangan ke kamera, hehe

      Delete
  38. Wuihh..keren banget suka jamu. Kalau saya ga gitu suka, makanya suka dipaksa-paksa, tapi pas butuh ya minta juga.
    Kebetulan Mama nanem jahe merah, kunyit, sere dan beberapa tanaman Toga lainnya.
    Saya sih palingan kalau bikin sendiri minuman jahe saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba kalo pekarangan bisa dimanfaatkan buat tanaman herbal ya.. ♡

      Delete
  39. Duh yg lidah buaya, ngeliatnya aja udah seger bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yu.. Apalagi medan kalo siang sekarang suka gerah ya kan

      Delete
  40. saya gak suka jahe. tapi sejak ada herbadrink sari jahe yg ada lidah buayanya, jd doyan. ternyata jahe itu enak dan berkhasiat. saya dulu ngira bakal panas dan pedes ajah

    ReplyDelete
  41. Kalau badan sudah terasa ga enak dan flu sudah mengintai, biasanya saya langsung minum herbadrink. Ga lama langsung fit dan gak perlu periksa atau berobat deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah minum obat-obatan kimia lagi ya kan mba..

      Delete
  42. Aku juga suka minum wedang jahe..
    Klo herbal drink ini jadi lbh praktis ya klo buat wedang jahe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, praktis dan hemat waktu. Tapi khasiatnya tetep dapett

      Delete
  43. aku juga suka minuman rasa jahe.. bagus banget buat angetin badan.. rasa dan aromanya juga nikmat

    ReplyDelete