Jualan Online Anti Ribet


Hello Hai..

Ketemu lagi sama emak Ali, alias Emak anak lima. Kali ini emak mau berbagi pengalaman emak sebagai Palugada (aPa Lu mau, GuA aDA). 

Yap, emak memanfaatkan waktu sisa sambil ngurus anak lima, sambil jualan online. Semua emak jual. Yang penting laku dan ada pembeli, ehh satu lagi.. jual benda yang legal dan halal, hehe.

Selain sosmed,  marketplace adalah salah satu lini penjualan online yang emak jadikan sebagai tempat jualan unggulan.  Kenapa? 

Kita kupas satu-satu yak..

1. Pendaftaran Mudah
jualan di marketplace memang mudah sekali, hanya isi beberapa form, dan voila dalam sekejap kita sudah memiliki toko online di marketplace. 

2. Banyak yang melihat
Siapa yang mau membeli, kalo tidak ada yang melihat, tentunya orang-orang akan tertarik membeli jualan kita setelah mereka melihat dengan jelas produk yang kita jual. Menurut situs berita online, pengunjung marketplace dalam sebulan di Indonesia mencapai 409 juta kali kunjungan.  Wow banget ya kan?

3. Tak ada pembeli nanya "gratis ongkir kan.."
Jujur, sebagai penjual online di beberapa platform, hal yang paling bikin saya ngelus dada adalah pembeli yang fakir ongkir. Serius deh, kadang saya ambil untung tipis biar mereka sadar saya gak ambil untung sebanyak-banyaknya sekaligus biar mereka mengerti bahwa barang dagangan saya bukan dianter sama jin ifrit, tapi ada babang kurir yang nganter barang sampe ke depan pintu rumah konsumen. Teganya kau Marimar,  kalau beli selalu minta free ongkir.

4. Banyak Promo
Nah,  buat si fakir ongkir biasanya saya sarankan untuk mereka nge-check toko online saya. Biasanya marketplace menyediakan banyak promo loh hingga gratis ongkir. 

5. Barang dagangan dijemput ke rumah
Buat emak rempong seperti saya, alangkah bahagianya bila barang yang saya jual tak perlu saya kirim ke ekspedisi lagi. Barang dagangan saya dijemput ke rumah. Senang karena tak perlu meninggalkan bayi dan balita di rumah.


Tapi ya, yang namanya manusia.. dikasih banyak kemudahan tetep aja ada kurangnya. Seperti pagi ini.. Mau kirim barang pesanan dari marketplace, saya gak sempat lagi mau packing barang. Ngecheck batas akhir pengantaran,  adalah hari ini juga. Bingung? Iyalah.. mana lagi hari Senin adalah hectic day buat ibu anak lima. Ketiga anak harus di siapkan ke sekolah.  Dua balita menunggu antrian menyusu dan makan.

Mak Palugada, semua dijual..


Saya beranjak ke laci penyimpanan selotip atau lakban mau buru-buru packing sambil nunggu masakan di dapur. Habis ternyata.  Gunting pun gak nemu,  kemarin memang ada lihat dimainin sama anak-anak.  Panik mulai ke puncak. Emak pun duduk gelesotan di dapur.

Suami ke dapur,  mengecek bekal anak-anak sudah siap atau belum. Ehh malah si istri kebingungan.

"Kenapa Yang?" Tanyanya.
"Bingung. Bekal anak belum siap, anak yang kecil-kecil udah pada rewel, tuh baju kotor belum dicuci, tambah lagi nanti kurir mau jemput paket yang mau dianter ke konsumen. Lakban habis, gunting gak keliatan" mulai ndumel.

"Ya udah abang bantu.." Cling! mata emak kembali semangat berbinar.
Akhirnya selesai kerjaan satu persatu. Suami sambil packing ngajakin ngobrol.

"Dek, baru tau loh abang sekarang.. ada marketplace yang cocok buat adek biar gak repot.."
"Apa?"
"Kenapa gak dari dulu daftar toko online di Blibli.com? "
"Emang kenapa? "
"Adek yang repot ini, bisa terbantu jualan gak pake ribet karena blibli.com gratis packaging.."
"Ahh serius bang?"
"Ada lagi.."
"Apaan? "
"Gratis ongkos kirim biar semakin banyak konsumen yang beli di toko kita.."
"Iih daftarin donk.."

Satu kata MUDAH!
Begini loh tahapannya..

Pertama, download aplikasi Blibli Seller di Play store.




Kedua, klik register, kemudian akan di arahkan mengisi form hanya dalam 3 langkah mudah..
ini dia..

1. Kita mengisi Informasi akun

2. Kita mengisi informasi toko


3. Kita mengisi informasi administrasi


Voilaaa!  Berhasil...


Hanya 3 langkah mudah loh ya..
terus keuntungannya apa saja ya, dengan membuka merchant di Blibli.com? 

Harap dicatet ya mak!

1. Blibli.com adalah e commerce terpercaya dan ternama.  Gak ada kasus penipuan jual beli di dalamnya.

2. Asuransi produk 100%. Jadi jangan khawatir bila paket kita tiba-tiba hilang atau tersedot segitiga bermuda.  Kita akan mendapat jaminan 100 %.

3. GRATIS ONGKOS KIRIM. Wahai para fakir ongkir.. Belilah barang di Blibli.com karena kalian gak akan menanyakan lagi ke penjual "gratis ongkir kan, Sis?".

4. GRATIS PACKAGING. Ini nih gue banget. Karena kesibukan sama anak, kadang jadi rempong sendiri kalo ada yang beli barang kita. Repot di packaging. Terimakasih Blibli.com atas promo hebat ini.

5. Free Marketing Exposure. Bila kita ingin mengadakan sebuah aksi marketing Exposure,  tentu biayanya tidak sedikit.  Apakah daya saya cuma emak bakulan sederhana.  Dengan bergabung ke Blibli.com tentu akan membuat pengeluaran marketing saya menjadi lebih hemat, alias GRATIS. 

6. Pelayanan Merchant Care. Bisa dijangkau melalui telpon 021-57977777 atau email di merchant.care@blibli.com , layanan ini cepat tanggap loh ya..

7. Merchant Tool Application.  Serius deh,  saat saya buka banyak tools di aplikasi blibli.com seller, saya menemukan banyak tools yang berbeda dibanding marketplace lainnya.  Tools yang tersedia membuat kita berpikir visioner sebagai pedagang online. Bukan iseng semata.


Selain itu, secara pribadi saya juga menemukan bahwa Blibli.com juga sering mengadakan banyak couching buat pedagang online agar mereka semakin terampil jualan. Ini bukti bahwa Blibli.com bukan hanya mengejar keuntungan pribadi. Namun juga peduli terhadap pedagang sebagai mitra mereka. 

Duuh, saya kok jadi greget kepengen banget segera diapprove dan mulai jualan di Blibli.com agar mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Yuk ah, yang belum tau atau belum daftar menjadi merchant di Blibli.com segera daftar agar waktu kita untuk packaging barang dapat kita maksimalkan untuk dialihkan membuat strategi penjualan misalnya. Biarlah urusan packaging menjadi urusan Blibli.com secara paripurna. Cieee,  saya tetiba merasa memiliki anak buah buat packaging.  Uhuuy!!!



94 Comments

  1. informatif sekali kak ulasannya. itu beneran dijemput kah kak barangnya kerumah kita ? duuh anti ribet ya kak. ada s&k nya gk kak utk penjemputan barang dagangan kerumah itu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Tombol pick up nya dek Lance. Enak lah pokoknya..

      Delete
  2. Emak selalu bisa menarik perhatianku utk membaca artikel sampai habis. Informatif dan seru 😉

    ReplyDelete
  3. Cakep.. blibli emang mengerti urusan emak-emak rempong namun ingin jualan online biar bisa jaja ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya kak dyah.
      Yang penting uang jajan, wkwkwk

      Delete
  4. Saya cukup suka beli di blibli ini.
    Terutama skincare.
    Karena harga lebih murah dari mall, dan gratis ongkir tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh btw dirinu jualan apa aja mak ali..

      Delete
    2. Semua dijualin kak vi..
      sabun cuci piring pun ada di marketplace, wkwk

      Delete
  5. Aku juga punya rencana buka di market place nih. Tapi nggak jalan2 hehe. Wacana doang. Padahal udah semudah itu ya

    ReplyDelete
  6. Haishh jd ingat waktu jualan online n offine dulu nih,, blm ngeh pake² e-commerce kaya Blibli.com ini. Dl jualannya via Blackberry, PING!!! Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman di saat blackberry jadi trendsetter hp qwerty ya kak mia

      Delete
  7. saya sebetulnya sudah daftar blibli. kemarin2 nyobain input perasaan ribet bener. tapi nanti dicoba lagi deh.. ga inget juga kemarin itu ribetnya di mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pastiin mba Dhenok jaringan lagi bagus..
      kadang pas mau input barang pas jaringan lelet, taunya muter doank..

      Delete
  8. Huhuhu iya ya mak..sedih banget kalau ada customer minta free ongkir. Saya baru aja ngalami..tapi setelah saya jelaskan via telpon akhirnya dia bisa terima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba. Kadang bingung nutupin ongkir dari laba..

      Delete
  9. Hahaha.. paling ngakak baca poin 3, Mbak Icha.
    Barang tidak diantar oleh Jin (punya si Jun) tapi Babang tampan si kurir.

    Tapi memang Mbak, zaman now kita jualan dipermudah ya, Mbak. Setidaknya, beda sama dulu, jualan harus punya toko dan ditungguin.
    Malah ini Blibli sangat membantu. Apalagi marketnya juga sudah luas.
    Sukses usahanya, Mbak Icha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas Bambang, padahal kalo beneran dianter om jin bisa pada lari pas om jin nyampe depan pintu rumah.. hehe

      Delete
  10. mantap ya kak.... enak baca ulasan jualan online memang gak mesti ribet ya...

    ReplyDelete
  11. wow aku jadi tertarik juga nih buat buka lapak jualan online di Blibli.com karena mudah gak ribet dan bisa untung.

    ReplyDelete
  12. Aku sedang merencanakan usaha online shop, jadi rekom3ndasi tambahan nih bisa gabung di blibli, kelihatannya jualan online menjadi lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah jualan di blibli seringnya beli. Owalah ternyata enak ya dibantu sampai pengemasan gtu jadinya seller gak ribet lagi bungkus2 produknya buat dikirim ke buyer. Banyak juga keuntungan jd seller di blibli yaaa jd pengen nyoba jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba April, enak banget jadi merchant di Blibli.com. mudah euy

      Delete
  14. Salah satu yg bikin ribet emak2 bakulan online adalah packing. Dan blibli.com berhasil memecahkan keribetan itu. Makasi infonya mak.

    ReplyDelete
  15. Wah, asyik banget nih. Bibli kok baik banget ya, pada seller nya. Tahu aja semua harapan mereka. Jadi pengen ikut jualan. Pengen punya coach jualan ala Bibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mba Susi. Cuss ah langsung gabung yuk

      Delete
    2. Bagaimana cara gabungnya, Mbak? Menarik, ini. Saya dulu sudah punya akunnya, ada bayarnya juga tapi tidak saya lakukan. Padahal Bibli baik banget, ya, beri pendampingan ke seller.
      Wah, memang harus sinau lagi kalau mau di e-commerce. Karena tiap e-commerce beda cara dan promonya.

      Delete
  16. Wah, blibli sendiri marketplace yang nggak ada kasus penipuan ya mbak.... Jadi pembeli dan penjual makin percaya berjualan dan bertransaksi disini

    ReplyDelete
  17. kemaren-kemaren ada foto produk gratis, sekarang packing gratis, dan kita gak tau next ini apa inovasi blibli untuk memancing minta masyarakat menjadi wirausahawan di dunia digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Ilham. Yang pasti inovasinya Solutif sekali buat emak-emak dan semua seller

      Delete
  18. Wah, wah akhirnya Emak Ali menemukan solusi lewat Blibli ya. Memang andalan nih Blibli buat tempat jualan. Makin sukses dengan jualannya ya, Mak!
    Bersama Blibli banyak penjual yang terbantu pasti. Keren Blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya mba dian. Terimakasih.
      Aamiin

      Delete
    2. Ku dulu juga penjual palugada, maka i feel you deh Mak kalau masalah packing memcking begini. Syukur Blibli bikin hepi dan datang dengan bala bantuan

      Delete
  19. aku suka banget belanja di blibli.com karna pengirimannya cepet, bahkan ke luar Jawa sekalipun.. dan kualitas produknya juga bagus..

    ReplyDelete
  20. Semoga Marimar-Marimar di luar sana gak cerewet lagi yaaa Mak Ali, sebab udah pake Blibli. Hehehe. Aku sukaaa tulisannya. Selain informatif, juga menghibur.

    ReplyDelete
  21. kalau lihat banyak kemudahan gini, jadi pengen jualan online lagi deh, bener-bener anti ribet ini mah, jadi ingat dulu sering banget kerempoangan karena belum banyak tawaran menarik kayak Blibli ini :)

    ReplyDelete
  22. Blibli ini support merchant nya bagus banget deh, aku pernah coba daftar jualan di blibli tapi ngga ku terusin hehehe

    ReplyDelete
  23. Sungguh ya aku kenapa gak kepikiran jualan dk blibli dot com. Urusan packing emang ribet banget apalagi ngurus dua anak kecil.

    ReplyDelete
  24. Wahh. Jualan online yang asik emang kayak begini nih, jelas dan enggak pake ribet. Belum lagi, juga menguntungkan ya mbaa. Wahh, jadi pengen unduh appsnya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah.. mba Ludyah, buruan install blibli seller

      Delete
  25. Wah, blibli.com ada packaging gratis. Kok enak banget jadi penjual ya... Cobalah yuni mau jualan di blibli.com juga. Hehehe

    ReplyDelete
  26. Aku beberapa kali belanja di Blibli. Produknya bagus2, cepat sampai rumah dan kemasannya rapi. Seneng deh pokoknya. Mau ceki2 lagi kira2 butuh apa ya hehehe.

    ReplyDelete
  27. Blibli ini e-commerce yang tidak hanya menyenangkan bagi pelanggan. Untuk penjual pun dikasih service yang bagus. Senang jadinya berjualan di Blibli, ya

    ReplyDelete
  28. Wah enak ya kalau dibantu packing,.hemat waktu dan tenaga. Semoga sukses bisnisnya :)

    ReplyDelete
  29. Kok aku jadi mikir ya, hebat banget punya 5 anak tapi bisa jualan online. Salut deh. Oya, baca beberapa kelebihan blibli, jadi pengen nyoba jualan online. Nggak ribet kalau kayak gini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, MasyaAllah Makasih mba Intan. Sembari disambil-sambil nih jualan nya

      Delete
  30. Gratis-gratisnya banyak. Seringnya, kita pikir murah, ternyata ditambahin ongkir yaaa jadi mahal deh. Blibli emang oke...

    ReplyDelete
  31. Mak, jual jodoh juga enggak mak? aku mau pesen satu huehehe #dikeplakpanci
    Emak kece banget sih beranak 5 tapi masih sempet jualan online. Luar biasa ...
    Aku baru tahu sungguh kalau jualan di blibli.com banyak untungnya ya. Bisa ngasih gratis ongkir ke pembeli, terus itu gratis packaging sungguh menggoda ih. Aku jadi pengin jualan juga deh di blibli.com. Makasih infonya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakaka, Eman pancinya nanti rusak..
      jodoh mah jangan cari jauh-jauh. Eeh rupanya 5 langkah dari rumah.
      Jualan dulu di Blibli.com Manatau berjodoh sama pembeli.. eeeeakkk

      Delete
  32. aku udah bikin akun juga tapi belum nyoba buat praktekin huhu bulan depan semoga bisa nyoba deh

    ReplyDelete
  33. Beruntnnglah kita Mak, mengenal bisnis diwaktu ynag tepat dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Alhamdulillah. Berkah terus ya Mak

    ReplyDelete
  34. asyik yaaaa. sebab packing emang ribet. apalagi ada anak kecil. rebutan selotip sama gunting, cobaaaa

    ReplyDelete
  35. Akunku cuma buat belanja..
    Belum kepikiran mw bisnis apa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa mba Dee, untuk pembeli pun asyik gratis ongkir

      Delete
  36. Iya enak banget beli online di Blibli, saya suka juga beli di blibli apalagi banyak vouchernya hege

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Dzikru, ini nguntungin penjual dan pembeli

      Delete
  37. Yang aku suka dari belanja di Blibli itu adalah pengemasannya yang rapi. Pake box khusus dari mereka. Jadinya, belanja nominal berapa pun berasa jadi raja. Gak dibedain dalam hal pengemasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini yang bikin berasa nyaman belanja ya mba.. kepuasan pembeli no 1

      Delete
  38. "biar mereka mengerti bahwa barang dagangan saya bukan dianter sama jin ifrit, "

    Ngakak miris baca ini. Wkwkwkk... Maafkan buyer yg fakir ongkir ini. Aku biasanya cari yg sekota atau seprovinsi biar ongkirnya gak mahal. Sukses ya jualan online-nya di Blibli.

    ReplyDelete
  39. Wah info yang manfaat untuk jualan nie makasih kak

    ReplyDelete
  40. Wah aku salah satu yang suka banget belanja apapun di bliblidotcom.
    Karena iya bener belanja disana aku ngerasa lebih aman nggak takut ditipu dan praktis. Tinggal klal klik barang langsung nyampek kerumah

    ReplyDelete
  41. Proses packing kelihatannya mudah tapi sebenernya ribet loh ya. Apalagi kalo barang yang di packing itu mudah rusak, pecah. Harus ekstra hati-hati supaya aman sampai tujuan. Kebantu banget sama Blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Bertarung sama kardus, lakban, gunting dan kawan2nya.

      Delete
  42. Notes ya mak Ali :D saya mak Ati, emak anak tiga hehe. Saya juga jualan online tp du lapak lain, jadi tergoda nih buat menjelajahi Blibli juga

    ReplyDelete
  43. Mantap banget nih langsung ada cara-cara kita berjualan online anti ribet. Tapi bebas gak kita jual produknya. Atau masih disortir oleh online shopnya?

    ReplyDelete
  44. kuncinya biar bisa palugada itu apa sih mak? apa punya circle teman yg ketemu tiap hari, seperti ibu2 yg sama2 nunggu anak sekolah, jd bs tawarkan dagangan atau gimana? saya pengen jg nih jualan online

    ReplyDelete
  45. Masih bingung sama yang packaging itu. jadi kan barangnya di rumah kita gtu, apa dari Bliblinya kasi kita kardus buat pengemasan gtu atau sekalian bantuin ngemasin mbak?
    Beberapa kali beli di Blibli emang kardusnya sama sih ada tulisan Blblinya.

    ReplyDelete
  46. Jujur saya baru bisa menjadi pembeli :) belum pernah dan gak ada keberanian untuk jualan, apalagi secara online.. ada ketakutan, nanti kalau barang kita ga sampai ke konsumen mesti bagaimana. Apalagi kalau kesalahan bukan dari kita. Tapi kalau lihat kemudahan jualan di Blibli ini saya jadi tertarik untuk memulai bisnis.

    ReplyDelete
  47. Saya dulu jualan online di market place juga mbak, belanja di market place juga sering. Memang paling suka kalau nerima paket rapi dan cepat pelayanannya. Langsung kasih bintang 5 deh

    ReplyDelete