Belajar Jadi Pengusaha di Pesta Wirausaha 2019


Bersyukur sekali, emak bisa hadir di acara keren yang diadakan oleh TDA Medan dan sekitarnya, yakni Pesta Wirausaha 2019 yang dihelat di PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) di jalan Gatot Subroto Medan.

Acara ini diselenggarakan dua hari berturut-turut mulai tanggal 8 ke tanggal 9 Oktober 2019, dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. 

TDA (Tangan Di Atas) sendiri adalah sebuah komunitas yang mewadahi pengusaha muda yang tergabung di dalamnya. Awal mula terbentuk di tahun 2006. Selengkapnya tentang TDA boleh baca di sini.

Apa saja yang ada di Pesta Wirausaha? 

Banyak sekali ilmu yang didapat, di hari pertama setelah rangkaian acara ppembukaan oleh panitia dan diresmikan pembukaan oleh perwakilan Gubernur Sumatera Utara,  maka dimulailah kelas-kelas syarat ilmu yang dibawakan oleh coach-coach handal yang wajahnya tidak asing lagi ada di flyer acara Pesta Wirausaha ini.

Apa saja?
Yuk kupas rundown kelas-kelas keren di bawah ini!

1. Kelas bisnis pertama dimulai oleh Donny Kris. Beliau adalah president TDA yang juga owner dari bisnis Malang Strudel.  Essseeeeeeh,  orang Malang pasti tau lah ya dengan beliau. 
Banyak sekali ilmu yang diberikan beliau bagaimana ceritanya membangun Malang Strudel yang menjadi pioneer bisnis oleh - oleh premium. Satu hal yang paling saya catat dan akan saya praktekkan adalah bagaimana mengembangkan bisnis dengan data yang kita peroleh dari konsumen. 



2. Selanjutnya ketemu sama coach keren lain, yaitu coach Muhammad Ramli. Kali ini berbicara tentang "1 jam menyelesaikan stagnant usaha". Nah,di sini nih dijelaskan bagaimana mengkoreksi usaha kita. Kenapa bisa jalan di tempat. Daging banget kan ilmunya.


3. Sementara itu, berlangsung pula di kelas digital hari pertama, dengan coach Didik Arwinsyah.  Beliau adalah pakar SEO. Bagaimana meningkatkan traffic blog kita sehingga jualan kita langsung berada di page 1 nya Google.  Gak percuma deh beliau jauh-jauh dari Jogja hadir mengisi kelas ini. 



4. Kita ketemu di kelas bersama coach Deddy Pranata,  yang ngomongin bagaimana memaksimalkan Google my business. Selain blog tempat jualan, tentu Google Bisnisku ini berguna untuk mendorong usaha kita terkenal lewat mesin pencarian. Masih saling terkait ya dengan SEO. Saling mendukung.

5. Kelas ini gak kalah pentingnya loh Mak. Di kelas ini ketemu sama coach Bag Kinantan. Kita ngomongin teknik jualan covert selling. Gimana sih cara jualan, tanpa terlihat sedang menyodorkan barang jualanan kita. 

6. Always buka, yang namanya ask the mentor.  pojok ini berisi satu coach yang bisa kita curhati mengenai permasalahan usaha kita. Boleh nanya sampe puas. Consultant bisnis begini kalo kita bayar pribadi pasti mahal ya mak.. Syukurnya di sini boleh nanya udah sepaket sama tiket yang kita beli buat dua hari acara.


Hari pertama tutup hingga jam 6 sore ya..
selanjutnya di hari kedua,  kita masih ketemu dengan berbagai coach yang gak kalah keren.  Yup kita lanjut list ya..


7. Di awal pembukaan,  dengan manis membahas isi buku Millenials Kill Everything bareng coach Yuswohady.  jadi sebelum memutuskan mau usaha apa, kita sebaiknya menghindari 50 list jenis benda yang dibunuh oleh milenial. Milenial ini memang terkenal hidup simpel trus dekat dengan gadget. Hidupnya mau instan tanpa mikir ribet. Hadir di kelas ini beneran bikin banyak ber--oOoo iya ya--.



8. Next, ketemu sama coach Mustafa Romdhoni. Di sini kita kupas bagaimana strategi merger dan trik menggaet investor. Ini bagus sekali untuk usaha yang sedang berkembang dengan baik namun sedang butuh modal tambahan. 


9. Yang ini bikin Emak ternganga,  ketemu sama coach Witjaksono.  Beliau cerita bagaimana membangun bisnis yang organik. Beliau bener kaya banget sama pengalaman jatuh bangun bisnis yang nilainya lebih dari 10 Milyar. Bukan tentang jatuhnya,  tapi titik pentingnya adalah bagaimana kita bertahan dan bangkit kembali. Mhhh keren.


10. Buat anak Medan, cukup hits lah ya nama Medan Napoleon sebagai oleh-oleh yang menggemparkan.  Gimana gak,  kita belinya pake dibatasi.  Nah di kelas ini kita ketemu sama ownernya coach Hafiz Khairul Rijal.  Beliau anak Medan yang udah hijrah ke Jakarta membangun Jcorp.  Atau Jannah Corporation. Di sini ngomongin branding yang keren.



11.  Sementara itu, di kelas digital hari kedua, kita ketemu sama coach Iqbal Pujakesuma ngomongin tentang Facebook ads. Ternyata beriklan di facebook ads cukup murah meriah sesuai kantong dan budget kita asal tau cara pemanfaatan yang tepat.




12. Di kelas digital terakhir kita ketemu sama coach Pak D Marwan. Di sini kita kupas tuntas tentang pemanfaatan maksimal IG untuk promosi usaha kita.


13. Inilah yang ditunggu-tunggu banyak sekali pengusaha emak-emak. Ustadzah Oki Setiana Dewi yang akhirnya datang berbagi cerita bagaimana menghasilkan bisnis yang berkah berlimpah.  Karena bisnis bukan cuma ngomongin untung rugi saja. Tapi juga bagaimana bisnis kita bermanfaat buat orang lain. Bagaimana bisnis juga menyelamatkan kita dari api neraka.  Hati-hati pebisnis nakal, karena kelak di akhirat tak sedikitpun yang luput dari pertanggungjawaban.  

Akhirnya selesai juga acara Pesta Wirausaha 2019 ini yang digelar oleh TDA Medan.  Di luar venue, banyak sekali bazaar makanan yang enak dan bisa membangkitkan ide bisnis apa yang mau dijalani. 

Akhir kata, acara Pesta Wirausaha ini beneran Sukses digelar dan menjadi ajang bertemunya banyak wirausaha muda yang dapat saling bersinergi untuk membangun perekonomian umat.


Salam sayang dari emak Blogger Sumatera Utara, semoga TDA dapat menggelar kembali acara keren lainnya. 



55 Comments

  1. Asyik bener acaranya ya kk, dapat ilmu daging semua. Apalagi ketemu teman-teman dari blogsum. Ah, jadi kangen kalian semua.

    ReplyDelete
  2. Huhuu gak bs ikutan. Kemaren tepar krn gak enak body. Pertama x tau TDA ini kayaknya tahun 2013, pas masih jd tenant di PMF. Tfs yaa Icha, jd dpt info soal acr² keren TDA ini meski gak bs datang. Sukses ya acaranya. Berharap bs ikutan di event tahun depannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. Lengkap ya kak ilmunya. Banyak pengusaha sukses juga yang mau berbagi. Dari ilmu duniawi sampe ilmu akhirat. Semoga tahun depan bisa ikutan.

    ReplyDelete
  4. Aku pernah denger juga komunitas TDA di Bogor. Walau belom pernah join, tapi seru banget ya komunitas ini tuh bisa jadi ajang saling memberi support pada sesama pengusaha

    ReplyDelete
  5. Adanya komunitas TDA sungguh sangat inspiratif, mengajak masyarakat banyak untuk memahami arti ikhtiar dengan doa dan silaturahim. Saya suka komunitas demikian, memberi ruang dan peluang bagi banyak orang untuk beroleh ilmu dan pengalaman.
    Belajar langsung dari pakarnya memang lebih baik, mereka berbagi ilmu berdasarkan pengalaman.

    ReplyDelete
  6. UMK, UKM serta Wirausaha dari beberapa tahun yang lalu hingga sekarang selalu digalakkan demi menunjang para pengusaha baru, pengusaha muda untuk berbagai tujuan dan salah satunya tentu membuka lapangan pekerjaan.

    Kegiatan acara ini sangat luar biasa sekali dengan tema Pesta Wirausaha 2019 tapi sayang sekali saya tidak dapa ikut.
    Semoga di lain kesempatan ada lagi acara atau kegiatan serupa, ingin rasanya menambah wawasan tentang berwirausaha, belajar jadi pengusaha. Semoga next time ada lagi. :)

    ReplyDelete
  7. Acara kaya gini semoga sering diadakan diberbagai daerah ya jadi para pelaku usaha dapat ilmu baru.

    ReplyDelete
  8. Aku pengen ikutan kelas bisnisnya. Perlu belajar banyak nih buat usaha kami. Semoga ada kesempatan bisa gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. TDA ada banyak cabang mba.. Coba deh gabung, bagus banget ini

      Delete
  9. TDA ini komunitas yg memberdayakan bangeett
    Acara yg sarat gizi dan faedah ya. Truly inspiring!

    ReplyDelete
  10. wuihh keren2 banget pembicaranya, aku yang di Surabaya mupeng. coba diceritakan lebih detil mbak di artikel berbeda, ilmunya apa saja hehe

    ReplyDelete
  11. Saya tuh ingin sekali ikut acara seperti ini, Mbak. Soalnya banyak ilmu dari ahlinya dan juga pengalaman dari para wirausahawan. Soalnya wirausaha tidak sekedar kemauan dan ada modal. Tapi juga trik-trik. Dan itu bagusnya didapat dari acara seperti ini.

    ReplyDelete
  12. sayadulu pernah buka konter, dan bangkrut, setelah dipikir2 managementnya kurang akurat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan mas alfan. Saya juga dulu pernah buka grosiran, abis tu taun depannya tutup. Haha

      Delete
  13. Seneng banget kak bisa dapat ilmu dari para pengusaha bisa sharing dan dengar pengalaman mereka juga ya kak. Semoga makin banyak pengusaha di Indonesia ya kak agar lapangan pekerjaan juga makin banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Siti. Sekarang lapangan kerja susah, jadi kalo bisa malah menciptakan lapangan kerja.

      Delete
  14. dengan maraknya dunia digital, tentu menjadi seorang pengusaha adalah langkah besar untuk memulai memembuka peluang

    ReplyDelete
  15. 2 hari yang sangat berkesan ya kak , bisa mendapatkan ilmu langsung dr mereka para owner dan pakarnya . Acara seperti itu memang sangat di butuhkan untuk para pengusaha , karna jaman sekarang hampir semua orang ingin jadi pengusaha

    ReplyDelete
  16. Ilmu ilmu Kaya gini nih emang daging banget, Rasanya Jadi pengen mempraktikkan semua ilmu yang di dapat Kalo pemateri nya menjelaskan seperti itu

    ReplyDelete
  17. Saya jadi mupeng banget lihat kegiatan kegiatan semacam ini. Pasti banyak ilmu yang diperoleh dari para pakar. Apalagi buat yang ngebet pengen jadi pengusa.

    ReplyDelete
  18. ilmu seperti ini untuk pemula yang mau membuka usaha penting banget nihm supaya bisa detail dan terarahh

    ReplyDelete
  19. Wah seru banget ya mbak acaranya. Banyak pembicara menarik dan bermanfaat banget nih buat yang mulai usaha, meningkatkan bisnisnya, dan pastinya termasuk buat blogger juga ya supaya tulisannya always on page one.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mba nisa, dapet ilmu dari pakar SEO mas Didik

      Delete
  20. Mbak kalau pembicaranya ilmunya daging semua seperti ini harusnya diulas di artikel terpisah hihihi...Kan aku jadi mupeng ikut di Pesta TDA. Semoga tertular motivasi mereka ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba dian, rencananya emang begitu. Nanti mau diulas

      Delete
  21. Semakin banyak acara mengenai kewirausahaan di Medan, tentu bagus guna mengubah stigma masyarakat yang masih terpaku pada standar sosial bahwa menjadi pegawai negeri adalah opsi terbaik untuk karir.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah, kalo semakin banyak yang sadar menjadi pengusaha, hehehehe... Acaranya juga berkualitas ya mbak...

    ReplyDelete
  23. Acaranya kayanya seru yac mba, terus pembicaranya juga keren - keren . Membangun usaha mandiri untuk masyarakat semakin luas yac mba ..

    ReplyDelete
  24. Acaranya seru dan bermanfaat banget ini mbak. Beruntungnya bisa hadir dan ketemu banyak pakar hebat. Semoga makin produktif ya kitaaa. Biar sukses kaya kbak Oki dan semua pembicara tadi 💪

    ReplyDelete
  25. Awak lagi berhalangan pulak kemaren makanya gabisa datang. sayang kali yakan. tapi ya alhamdulillah ada ulasannya. hehehhe. informatif dan lengkap kak e.

    ReplyDelete
  26. sangat bagus sekali ini artikelnya, menginspirasi dari seorang pengusaha yang sukses. kita pun yakin pasti bisa sukses seperti mereka yang sudah sukses terlebih dahulu

    ReplyDelete
  27. Aku sukaaaaa banget sama acara ini ya Allah,
    Alhamdullillah rezeki kita ya maak

    ReplyDelete
  28. saya sering dengar TDA ini
    bahkan di kota saya juga ada
    tapi krn bukan pengusaha jadi ga gabung
    tapi klu mereka mau bekerjasama dengan blogger dan influencer untuk membantu promo kegiatan mereka mau aja sih

    ReplyDelete
  29. Kak, it pak ramli yg punya adzkia ya? Hihi. Smoga tahun depan bisa ikut TDA lah hehe

    ReplyDelete
  30. Baru tau saya di Medan juga ada TDA. Saya kira hanya di Sidoarjo saja. Soalnya belum tau banyak tentang TDA sich, baru sekali ikut pelatihannya

    ReplyDelete