Manfaat Mengenalkan Anak Silaturrahim
Ilustrasi: kaskus.co.id



Suasana Lebaran masih terasa kah mak?

Selain sudah berkunjung ke rumah Saudara dan kerabat,  banyak undangan juga untuk open house dan menghadiri Halal Bil Halal ya..

Untuk emak yang punya anak mudah bergaul dan mudah berbaur,  tentu hal yang sangat menyenangkan ketika membawa anak-anak pergi berkunjung silaturrahim. 
Namun buat emak yang punya anak susah beradaptasi dengan  sekitar, maunya cepat pulang, tidak betah berlama-lama di rumah orang lain, tentu mengajak anak pergi juga menjadi terburu-buru dan ikut kurang nyaman ketika anak-anak mulai rewel minta pulang.

Nah, ternyata kita bisa mengubah anak menjadi suka silaturrahim dengan mengenalkan mereka beberapa manfaat silaturrahim buat si anak.
Sebelum pergi kita bisa menceritakan beberapa hal yang menjadi manfaat ketika kita pergi menyempatkan diri untuk bersilaturrahim ke rumah Saudara atau pun kerabat. 

Apa saja manfaat silaturrahim buat anak yang bisa kita ceritakan mak..

1. Silaturrahim membuat anak mengenal keluarga 

Kadang kita tidak sempat untuk sering berkunjung ke rumah saudara,  entah karena sibuknya mengurus anak, mencari nafkah atau jarak yang jauh untuk berkunjung.
Namun,  di hari raya tentu hal ini bukan menjadi alasan. Maka saat inilah menjadi momen untuk mengenal Saudara dan keluarga terdekat.


2. Silaturrahim membuat rezeki menjadi luas

Rasulullah bersabda, 
"Barangsiapa yang suka diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud). 

Maka, sesuai janji Nabi Muhammad bahwa silaturrahim dapat memperluas rezeki dan juga memanjangkan umur.


3. Silaturrahim membuat anak mengenal orang baru

Ceritakan pada anak, nanti saat kita bersilaturrahim maka si anak akan mempunyai teman yang seperti ini, atau seperti itu. 
Ajarkan pula anak untuk mengenalkan dirinya dengan orang baru.

Emak bisa membuat simulasi seakan emak adalah teman baru yang akan diajaknya berkenalan. 


4. Silaturrahim dapat menjadi sebab masuk surga

Jelaskan pada anak bahwa silaturrahim dapat menjadi salah satu sebab kita dimasukkan ke surga.


 Dari Abu Ayub Al Anshari, beliau berkata, seorang berkata, ”Wahai Rasulullah, beritahulah saya satu amalan yang dapat memasukkan saya ke dalam syurga.” Beliau menjawab, “Menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya, menegakkan shalat, menunaikan zakat dan bersilaturahim.”” (Diriwayatkan oleh Jama’ah).


5. Silaturrahim membuat anak gemar berbagi

Jelaskan beberapa rules pada anak saat bergaul dengan kerabat atau orang baru, misalnya saat menyantap sesuatu atau memainkan sebuah permainan.  
beberapa rules yang baik untuk diikutinya misalnya berbagi, bergantian dan tidak main fisik ketika ia tidak senang dengan perlakuan orang baru atau saudaranya. 

Nah, beberapa hal di atas dapat emak ceritakan dengan beberapa penambahan cerita yang menarik menurut versi emak ya..

Misalnya,  paman X pandai mendongeng loh.. nanti ada cerita menarik yang bisa diceritakannya. 

Atau, Kakak Y pandai menggambar.. Coba kamu minta ajari menggambar sama kak Y. 

dan lainnya.

Mudah-mudahan setelah bercerita tentang manfaat bersilaturrahim,  anak emak jadi mudah untuk diajak pergi dan betah ya mak..

Selamat mencoba! 

10 Comments

  1. Jadi ngrasain makanan lebaran orang lain, rumah orang lain. Buat referensi rumah sendiri nanti wkwkwkwk dasar aku. Minal aidin walfaidzin ya kak cha. Akhirnya beli domain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya elsa.
      Iya nih, maunya cepat2 jumpa kak alfie biar bisa desain blog nya, hehehe

      Delete
  2. Anak belajar bersosialisasi ya kan, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak mia.
      Emaknya bisa ngobrol, anaknya bisa main. HHehehe

      Delete
  3. Sounding yang positif tentang manfaat siturahmi emang bisa memotivasi sih kak. Tapi klo si anak mood nya lagi nggak bagus, siap2 aja semuanya kena rewelnya dia, hehe #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya, biasanya kami menghindari bertepatan dengan jam tidur.
      Kalo pas jam tidur, biasanya udah tidur lebih dulu di rumah/ di jalan.
      Jadi anaknya gak rewel karena ngantuk

      Delete
  4. Sejauh ini anakku kalau bertamu senang sekali dia apalagi bertemu orang baru,kakak2 abang2 mungkin Krn masih kecil ya kalo udah besar ga tau deh gimana, ketemu anak saudara pada pegang gadget semua, poninglaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak lebih suka anak-anak kalo ketemu seumuran trus main di luar. Daripada sibuk gadget masing2 ya kak..

      Delete
  5. Silaturahim bagi emak semacam pindah tempat mengasuh anak ya kak 😁 tapi jadi charger buat emak ketemu sodara atau teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Mba zee, asal jangan sampe kedodoran ngawasin anak. Sampe2 mecahin barang yang punya rumah.
      Waaah gak kebayang.

      Delete