Strawberry Hemangioma





Hai mak..
Kali ini kita mau membahas tentang Hemangioma. Spesifiknya adalah strawberry hemangioma.


Pertama, emak jelasin dulu ya..
Apa sih hemangioma itu..

Hemangioma adalah tumor jinak yang tumbuh akibat pembuluh darah yang tidak wajar/tidak normal.


Nah, emak cerita dikit nih ya..

Dulu anak emak yang ketiga, laki-laki, saat lahir tidak ada sesuatu tanda pun yang melekat di kulitnya.

Namun,  saat berumur tiga hari, tampak seperti goresan kecil di paha seakan merah karena kena kuku emaknya.

Semakin hari semakin besar.
Dan akhirnya menonjol merah seperti strawberry seukuran kuku jempol tangan.

Ternyata itu adalah hemangioma.
Karena terdapat di kulit dan terletak di paha dekat dengkul,  makanya tidak teridentifikasi sebagai bahaya.

Nah,  saat emak lahiran anak ke lima,  begitu lahir langsung terlihat di betis seperti foto di atas..

Nah, emak lebih lega karena sudah tahu strawberry hemangioma ini tidak berbahaya.

Si abang ketika berumur setahun, hemangioma di paha nya langsung mengecil dan memudar.
Lama kelamaan menjadi rata dengan kulit dan hampir tidak berbekas sama sekali.

Kapan sih hemangioma,  khususnya strawberry ini harus diperiksa?

Ketika hemangioma tumbuh di bagian wajah dan dekat dengan mata, hidung atau telinga.
Saat itu perlu konsultasi dengan dokter,  apakah hemangioma ini membuat bayi mengalami kesulitan dalam melihat, bernafas atau pendengaran terganggu.

Jika benar adanya, maka hemangioma tersebut harus diterapi menurut kondisinya.  Ada terapi kortikosteroid,  ada terapi bedah,  hingga terapi radiasi.

Kapan harus dibawa ke dokter secepatnya?

Ketika strawberry hemangioma itu mengalami luka atau berdarah.

Ditakutkan akan timbul infeksi.  Sehingga dokter biasanya akan segera mengatasi permasalahan tersebut.


Sebenarnya,  hemangioma bisa saja tumbuh selain di kulit.
Hemangioma dapat tumbuh di otot,  di tulang,  atau bahkan di organ dalam tubuh.

artikel kali ini hanya membahas strawberry hemangioma yang tumbuh di kulit.





Tampilan strawberry hemangioma si adik memang terlihat lebih lebar dibanding abangnya dulu.

Namun karena tidak membahayakan atau menyebabkan masalah serius pada kesehatan,  maka emak  tidak panik. 

Adakah anak emak yang punya tanda serupa?

39 Comments

  1. Wah syantik ya namanya Strawberry Hemangioma. Makasih infonya ya Kak

    ReplyDelete
  2. Apakah ini cuma terjadi pada bayi? Kuatir juga kan kalo ngga ngerti, untung udah baca artikel ini. Tfs mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang di kulit terjadi hampir 100 % pada bayi mba tika.

      Tapi hemangioma di otot, tulang, atau organ bisa saja ditemukan setelah besar.
      artikel ini membahas yang di kulit aja ♥♥

      Delete
  3. Kak ichaaa, ini gara2 pas hamil konsumsi apa gitu atau cemana? kayak tanda lahir gitulah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada sa, ini belum ditemukan penyebabnya.

      Padahal lebih banyak ditemukan pada bayi perempuan. Tapi anak kakak malah dua yang cowok yang ada. Yang cewek malah gak

      Delete
  4. Makasih sharingnya mba, saya beneran baru tahu mengenai jenis penyakit ini, semoga lekas menghilang dari kulit si dedek ya mba :)

    Banyak banget ya masalah kesehatan pada bayi, semoga anak-anak selalu diberi kesehatan olehNya, aamiin :)

    ReplyDelete
  5. Kalau anak pertama saya ada di dekat lubang hidung sama di jidat, tapi warnanya samar, Alhamdulillah lama-lama menghilang, apakah sama ya Bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun sama.
      Syukurnya gak berpengaruh ke pernafasan ya bun..

      Delete
  6. Informasi baru ini. Kebetulan punya baby juga. Jadi belajar dari blog ini

    ReplyDelete
  7. wah pengetahuan baru buat saya kak
    untuk waspada kalau lihat tanda begitu

    ReplyDelete
  8. dulu ada anak tetangga yang kena merah merah begitu,ya karena zaman belum canggih kita kira alergi apa gitu.sama emaknya dikasih bedak gatel aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo strawberry hemangioma kelamaan akan menonjol jelas di kulit kak. MenEbal. Nanti diumur satu tahun barulah mengecil lagi.

      Delete
  9. Saya baru tahu hal ini, Mbak Icha.
    Syukurlah tumbuhnya di daerah yang tidak berbahaya ya, Mbak.
    Saya tahunya itu tanda lahir yang hitam. Kalau di Makasaar kadang disebut Baba.

    Terima kasih sharingnya, Mbak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Bambang, Terimakasih udah berkunjung

      Delete
  10. Kak icaaaa kok serem lihatnya,
    Pertama kali kakak tau gak panik gitu?
    *Secara tidak langsung suruh mengingat masa lahiran anak ketiga akak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dek, pas anak ketiga pertamanya searching dulu, pas lagi konsul ke dokter, sekalian tanya.
      Dokter membenarkan itu strawberry hemangioma. Dan gak bahaya karena tumbuh di kaki.

      Delete
  11. Keponakanku juga pernah gini waktu bayi, untungnya di kaki sih dan tidak ada gejala atau tanda bahaya, skrg anaknya sudah besar dan tanda merah itu menghilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba selvie, anak saya yang 5 tahun pun sudah hampir hilang tak berbekas.

      Delete
  12. Mirip dengan biang keringat ya kalo masih kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti makin hari warna nya semakin merah menyala seperti strawberry dan menebal di kulit.

      Delete
  13. Strawberry hemangioma seperti tanda lahir ya kak icha? Klo iya anakku juga ada nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak iid. Nanti dia akan menghilang sendiri

      Delete
  14. Anak pertama saya ada juga Mak. Sekarang usia 2,6 tahun sudah mulai menghilang itu tanda. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  15. Baru tahu nih tanda lahir itu namanya Strawberry Hemangioma. Aku juga punya mba tanda lahir.

    ReplyDelete
  16. kereen kak artikelnya..
    mampir ke blog saya juga yaa kak

    ReplyDelete
  17. Baru tau ada penyakit strawberry hemangioma ini, namanya cuties lagi. Terimakasih kak infonnyaa

    ReplyDelete
  18. Cha kalo bayi lahir pantatnya biru knp ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya mongolian spot kak ci.. Sel pigmen yg mengumpul di awal2 kelahiran.

      Delete
    2. Yes bener kak devi.

      Itu menghilang kak seiring waktu

      Delete
  19. Aku punya anak tiga belum pernah ngalamin ini kak. Dari info yg aku baca sih katanya nggak masalah, biasanya akan hilang sendiri. Atau kalo berbekas cuma kayak tanda lahir gitu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak devi. Kecuali dekat mata, hidung, telinga, mulut, alat kelamin musti dicek juga ketebalannya.
      Manatau mengganggu indra tsb

      Delete