Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengajari Anak Berpuasa

 
Tips Mengajari Anak Berpuasa

Assalamualaikum.. Apa kabar Ramadhan ini Mak? Semoga sepanjang Ramadhan kita semua diberkahi kesehatan dan keberkahan waktu ya Mak. Aamiin.

Cerita Ramadhan kami masih sama seperti Ramadhan lalu. Bedanya 4 dari 5 anak Emak sudah bisa berpuasa sehari penuh. Si nomer empat di usia TK ini sudah berhasil berlatih puasa sehari penuh. Tinggal lah si bungsu kami.

Tahun lalu si nomer 4 & 5 sama-sama belajar berpuasa. Yang kocak, si bungsu suka lupa minum dan makan sesukanya. Namun tahun ini Alhamdulillah sudah lebih sabar hingga masuk waktu Dzuhur.

Alhamdulillah sejak dia usia TK, nomer 1 sampai 4 sudah berhasil berpuasa penuh. Yuk lah Emak tulis tips mengajari anak berpuasa. 

Tips Mengajari Anak Berpuasa


1. Sounding jauh-jauh hari


Alhamdulillah kami terbiasa berpuasa sebelum Ramadhan datang. Biasanya saat Rajab datang kami rutin puasa Senin-Kamis untuk mengingatkan pada anak yang sedang berlatih puasa. 

Tak lupa saat itu kami biasakan ia ikut dalam kegiatan sahur dan berbuka. Biar terasa mudah saat bangun sahur dan ikut bergembira saat berbuka.

2. Ajak anak bangun sahur


Anak kecil yang sedang berlatih berpuasa juga dibangunkan sahur tepat waktu. Emak membiasakan anak untuk kenal waktu sahur, kenal batas waktu kapan ia boleh makan hingga mulai berhenti.

Oh ya, Emak gak menerapkan imsakiyah atau waktu imsak. Biasanya saat itu kami masih makan karena kami terbiasa makan mendekati imsak. 

3. Beri pemahaman tentang puasa


Beritahukan anak bahwa berpuasa itu artinya menahan diri sejak subuh hingga Maghrib tiba. Jadi si anak gak kenal puasa setengah hari.

Si anak juga diajarkan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh ia lakukan saat sedang berpuasa. Jangan lupa ajarkan anak bersabar. Karena anak yang baru belajar berpuasa biasanya suka rewel di kala haus dan lapar.

Belum lagi kalo si anak adalah tipe anak yang suka makan. Siapkan sabar kita juga lebih banyak ya Mak..

4. Ingatkan anak ini sedang latihan


Tetap ingatkan anak bahwa ini latihan. Bagus sekali kalo sudah bisa puasa sehari penuh. Namun bila masih awal dan berbuka saat Dzuhur tidaklah mengapa.

Ingatkan besok masih berlatih lagi berpuasa. Anak boleh berpuasa dengan target tertentu. Tapi jangan tawarkan makan dan minum bila anak belum memintanya meskipun target di hari sebelumnya sudah terlampaui. 

5. Beri reward


Tidak harus bisa puasa sahari penuh baru dikasih reward. Saat anak sudah bisa diajak kerjasama untuk belajar berpuasa saja itu adalah sebuah prestasi.

Reward juga tidak melulu berupa uang atau barang. Ketika anak berhasil berpuasa setengah hari misalnya, si anak boleh dapat pujian, doa dari emaknya dan juga pertanyaan "besok kita sahur apa dek?"

Biasanya si anak akan lebih semangat berpuasa dengan menu yang ia pilih. Jadi tidak ada salahnya memberi reward untuk anak ketika berhasil 

Selain tips untuk mengajari anak berpuasa, ada tips pula buat Emak agar lebih sabar menghadapi anak yang belajar berpuasa.

Tips bersabar menghadapi anak yang belajar berpuasa


1. Ini bagian dari ibadah


Gak selamanya anak akan belajar berpuasa. Suatu saat ia akan melewati semuanya dan bisa berpuasa tanpa rewel.  Yakini bahwa mengajari anak berpuasa adalah bagian dari ibadah. Dijamin kita lebih bersabar ketika anak rewel.

2. Lebih banyak istighfar


Ketika anak rewel terkadang emaknya juga ikut tidak sabar. Rasanya pengen saja membiarkan si anak tidak usah bangun sahur agar tidak membuat kesabaran saat puasa menurun. 

Istighfar ketika hati mulai lemah. Setelah itu yakin bahwa anak adalah titipan yang harus kita ajari dengan tangan kita sendiri.

3. Minta pertolongan Allah


Jangan lupa ketika anak mulai rewel kita bisa menyelipkan banyak sekali saran untuk anak daripada sekedar tidur. Kita bisa mengatakan pada anak untuk minta Allah hilangkan rasa haus dan lapar yang kita miliki.

Ketika anak menerima saran kita, jangan lupa untuk mengatakan bahwa apa saja yang kita butuhkan dan inginkan boleh kita minta pada Allah Sang Maha Memiliki. 


Penutup


Mengajari anak puasa sejak kecil lebih mudah daripada mengajari anak puasa ketika sudah baligh. Dari berbagai tips di atas manakah yang pernah Emak terapkan? Yuk cerita di kolom komen..
blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

5 komentar untuk "Tips Mengajari Anak Berpuasa"

  1. Mengajarkan anak untuk puasa itu ada tantangan tersendiri karena banyak hal yang menjadi pertimbangannya. Tapi jika diupayakan dan dibericontoh anak akan mengikuti untuk puasa

    BalasHapus
  2. Pas kali tipsnya cha, butuh kali buat meyakinkan anak awak ni yg lagi banyak dramanya wkwk. Kadang lupa apa yang harus kita sampaikan ke anak biar dia mau puasa sehari full. Karena kita juga kadang sibuk sama urusan domestik ya kan

    BalasHapus
  3. Terimakasih mbak atas tipsnya. Saya juga sedang proses mengenalkan anak bungsu untuk puasa. Masih belum bisa ikutan, tapi sudah kenal aktivitas sahur, buka, puasa, tarawih.

    BalasHapus
  4. Anak kami paling kecil, puasa ramadhan selang seling 😔
    Sehari puasanya full sampe adzan maghrib, sehari lagi puasa full sampe adzan dzuhur.
    Hadeuuuhhhhhhh

    BalasHapus
  5. Insyaallah semua tipnya sangat bermanfaat ini, Mak. Ternyata reward juga nggak mesti berupa materi, ya, Mak. Saya jadi tercerahkan.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️