Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brownies Panggang VS Brownies Kukus

Brownies panggang  brownies kukus


Kenapa belakangan ini ceritanya resep melulu sih Mak? Bukannya sok oke sih. Kadang Emak menulis begini sekalian mengabadikan resep saja biar saat udah lama cuti baking tapi masih ada catatannya. 

Gak pernah gitu nulis di buku? Pernah! Emak punya buku yang isinya segala macam resep baking yang sudah berhasil Emak buat. Rapi dalam sebuah buku yang menggemaskan pada masanya. (Diary pas beli zaman kuliah 😌). 

Jadi, buku itu sering dibawa pindah kemana pun Emak berdomisili. Terakhir pas tinggal di Bilal, rumah yang kami tempati kebanjiran. Sedih donk.. Sedikit sih. Karena setiap mau baking harus searching dulu resep yang mendekati resep Emak sebelumnya. 

Sama kayak buat brownies ini. Berkali-kali tukar resep biar taste nya sama dengan brownies yang selalu dibuat dulu. Akhirnya mau Emak simpan di blog biar saat vakum lama gak baking gak kecarian lagi. 

Dulu sempat mikir, kalo resep brownies panggang dikukus pasti sama aja lah ya.. Ternyata beda. Resep brownies panggang dengan kukus gak bisa disamain. 

Ketika orang pengen makan brownies panggang, orang-orang biasanya pengen brownies yang padat dan nyoklat. Sementara brownies kukus orang-orang kepengen yang lembut dan coklatnya nyess. 

Apa jadinya kalo resep brownies panggang dikukus dan resep brownies kukus dipanggang? Resep brownies panggang dikukus akan menghasilkan brownies kukus yang berat dan padat. Sementara resep brownies kukus yang dipanggang akan menghasilkan brownies panggang yang mengembang seperti bolu coklat. 

Resep Brownies Panggang

Ini adalah kesukaan anak-anak, apalagi kalo Emaknya memanggang bukan di dalam loyang. Mereka lebih suka Emaknya memanggang brownies dalam kertas untuk bolu kukus. Biar dapet banyak kata mereka. 

Memang agak beda sih hasilnya, kalo memakai loyang hasilnya padat nyoklat dengan bagian atas mengkilat coklat. Kalo dipanggang dalam bentuk kecil biasanya bagian atasnya jadi crunchy dan yang paling penting jatah mereka jadi banyak. 🤣maklum aja ya, bersaudara mereka berlima. 

Here we go.. 

Bahan:

1. Telur 3
2. Gula 200 gram
3. Tepung terigu 150 gram 
4. Maizena 1 sendok makan
5. Dark Chocolate 200 gram
6. Mentega 150 gram
7. Vanili setengah sendok teh

Cara Membuat:

1. Cairkan mentega dan coklat, sisihkan dulu
2. Dalam wadah adonan masukkan telur dan gula. Mixer
3. Masukkan tepung terigu, maizena dan vanili. 
4. Setelah tercampur rata masukkan mentega dan coklat cair. 
5. Siapkan loyang yang dilapisi minyak dan kertas roti. Masukkan dalam loyang (yang segi empat ya, kalo yang persegi panjang buat adonan hanya 2 telur saja. Gula dan bahan lain dikurangi sepertiga. Supaya adonan gak luber pas dipanggang) 
6. Boleh dikasih toping keju, almond, choco chips, dll
7. Panggang suhu 180-190 selama 27 menit/menyesuaikan dengan oven masing-masing dengan pengaturan api atas bawah dan letakkan dalam rak terbawah (biar gak crack bagian atas saat menuju matang) 

Weee, mudah sekali bukan? Bukan! 🤣🤣🤣


Brownies Kukus

Jujur ya, awal buat brownies kukus ini saat ada orderan.  Kenapa? Karena sesungguhnya Emak gak punya panci kukusan yang besar. Selain itu brownies kukus ini bahannya banyak loh 🤣

Kalo makan brownies di beberapa toko seringnya menyajikan brownies kukus. Lebih nyoklat, lembut, pokoknya moist banget lah gitu.. 

Bikinnya? Emak suka yang agak menjelimet 😄 dikukusnya gak langsung semua. Tapi dibuat lagi tengahnya seakan ada listnya. Pokoknya tiap 10 menit buka tutup panci dehhh. 🤣

Here we go... 

Bahan:

1. Telur 4
2. Gula 150 gram
3. SP 1 sendok ceper
4. Tepung terigu 80 gram
5. Coklat bubuk 35 gram
6. Baking Powder 1 sendok teh
7. Vanili 1 sendok teh
8. SKM Coklat 50 gram
9. Dari Chocolate 75 gram
10. Mentega 120 gram

Cukup banyak ya bahannya 🤣 Banyak! 

Cara Membuat:
1. Lelehkan coklat dan mentega seperti biasa.. Sisihkan. 
2. Dalam wadah adon, masukkan telur, gula, SP. Kocok hingga mengembang. 
3. Turunkan speed, masukkan tepung roti, coklat bubuk, vanili, baking powder yang sudah diayak hingga tercampur rata. 
4. Masukkan  coklat dan mentega cair. 
5. Sisihkan adonan 2 sendok penuh ke wadah terpisah. Campur dengan SKM coklat hingga rata. Sisihkan untuk membuat list coklat di tengah brownies. Kalo mager sih gak usah bikin list ya bisa langsung dikukus. 
6. Siapkan loyang persegi lalu oles dengan minyak dan lapisi dengan kertas roti. 
7. Masukkan setengah adonan yang pertama. 
8. Masukkan dalam kukusan selama 10 menit. 
9. Sebelum ditimpa dengan adonan yang ditambah SKM coba test tusuk dengan tusuk gigi. Bila adonan tidak menempel aman ya. Sudah boleh ditimpa. Kalo tidak dikukus lagi 5 menit. 
10. Masukkan adonan yang dicampur SKM coklat. Kukus lagi 10 menit. 
11. Test tusuk kembali, kalo aman tuang sisa adonan yang pertama. Kukus kembali 10 menit. 
12. Angkat, tunggu dingin dan boleh diberi toping seperti keju parut, meises atau apapun yang disukai. 


Beberapa Tips Membuat Brownies

1. Pilih dark coklat yang good quality untuk bikin taste brownies yang nyoklat banget. 
Kalo Emak selain merk Collata, belakangan ini pake merk coklat diamond. Ini asli nyoklat banget deh.. udah kayak brownies terkenal itu rasanya. 
2. Pastikan sebelum memanggang atau mengukus, sudah dipanaskan terlebih dahulu oven dan juga kukusan. 
3. Untuk brownies kukus jangan lupa tutup panci dilapisi dengan kain. Biar tetesan air gak tumpah ke adonan yang sedang dikukus ya. 
4. Pastikan kematangan brownies dengan tes tusuk gigi biar gak serasa sedang membuat  fudgi brownies. Eh tapi anakku senang makan adonan mentah 🤣🤣
5. Jangan lupa, setiap baking baca doa! Seriusan biar hasil sesuai pakem dan juga berkah pas dimakan. 

Sekian atuh resep hari ini. Btw lebih favorit yang mana sih di rumahmu Mak? Brownies panggang atau brownies kukus? 













blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

15 komentar untuk "Brownies Panggang VS Brownies Kukus"

  1. Entah kenapa malas Kali bikin brownies padahal mudah ya kan.. kalo lihat brownies udah eneg duluan hahaha tapi lihat orang bikin suka. Btw memang Icha lagi gandrung dapur yaa hahaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang suka baking kak. Tapi semenjak di bilal cuti baking. Repooot mana sempat. Gitu balik kan nganggur. Baking lebih enak daripada beres rumah 🤣🤣

      Hapus
  2. Haaa Yumna memang suka kali makan brownies nih. Apalagi yang cokelat.
    Btw, cuma suka ngemilnya aja ya

    BalasHapus
  3. Ternyata gitu ya Mba. Brownies Kukus kalo dipanggang ya enak. Brownies Panggang kalo dikukus juga khas gitu. Aku pernah coba bikin brownies kukus super simple ala anak kosan. Eeehh si Brownies kenapa pas udah jadi malah nyusut dengan bentuk gendut gajebo gitu. Ahahaha. Payahnya lagi, aku nggak sanggup ngulik tapi aku nerengek minta dibikinin atau lebih memilih beli dooong

    BalasHapus
  4. Wah seru banget ini resepnya melimpah. Sebagai orang yang nggak bisa masak, aku nyimak aja, sambil nanti kalau penasaran, mau kucobain. Zen

    BalasHapus
  5. infonya bermanfaat kak bikin brownies, kita tau bahwa brownies itu enak sekali tetapi karena saya tidak tahu buatnya jadi saya beli dulu.

    BalasHapus
  6. Aku lebih suka brownis kukus rasanya lebih lemak

    BalasHapus
  7. Kalo aku semuanya suka Mak. Yang kukus suka, yang panggang juga suka. Kalo emak besok-besok nyari relawan untuk icip-icip tester, boleh kontak bang Move ya Mak. ^_^

    BalasHapus
  8. Saya team brownies kukus, suka banget yang dikukus, tapi kadang suka beli juga yang panggang karena ibu di rumah sukanya yang panggang. dua-duanya enak sih balik ke selera masing-masing. yang pasti syaa belum bisa membuatnya hehehe, wah nanti bisa saya coba resepnya kak

    BalasHapus
  9. ku tak suka baking. bolu-boluan itu paling sukanya bolu tape, bahasa kekiniannya proll tape, bolu ketan item, udah.
    varian bolu laen gak kebagian juga gapapa.
    Saya sukanya kue basah dan pastry.
    Tapi kalo icha nganterin si brownis ini ke rumah, yaaaa dengan tangan terbuka saya terima kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi saya makan yang manis-manis ini sudah pensiun.
      Walopun gak tahan juga kadang cheating segigit dua gigit = tiga gigit.
      haizzzz

      Hapus
  10. Brownis panggang rasanya lebih beda dan lebih enak daripada brownis kukus menurut saya.
    Boleh juga nih next di coba resepnya pakai coklat diamond

    BalasHapus
  11. Kalo aku tim brownies panggang Mak. Karena doyan aja ada sensasi kriuknya gitu 😁

    BalasHapus
  12. Bronis panggang vs bronis kukus kl kakak sukaan yg panggang, Cha... krn lebih crunchy juga apalagi bagian pinggir-pinggirnya itu hmm kl motong bronis auto milih yg pojok, wkwkw.

    BalasHapus
  13. Brownies ini makanan favorit di rumah kami. Nggak pernah gagal kalo bikin sih, namanya juga coklat kan ya. Selama nggak gosong, aman lah,, haha.. Kami paling suka brownies kukus tapi Mak, lebih lembut pas dimakan

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️