Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RuangBelajar by Ruangguru

RuangBelajar by Ruangguru


 Pekan lalu baru saja bernafas lega karena anak-anak baru menerima hasil laporan belajar selama semester genap, eh tetiba masuk pesan WhatsApp mengingatkan bahwa tahun ajaran baru akan segera dimulai. Adakah yang sama Mak?

Tak terasa sudah 3 semester dilalui dengan PJJ. Berbagai rasa dan berbagai emosi mewarnai drama PJJ antara ibu dan anak. Itu yang anaknya satu. Kalo 3? Dan kesemuanya masih SD? Plek ketiplek rasanya, jadi tutor anak sendiri memang tidak semudah mengajari anak orang lain.

Emang pernah? Pernah! Bahkan dulu, saat duduk di bangku sekolah menengah, Emak pernah mendapat penghasilan tambahan dari memberikan privat anak TK. Membaca hanya sebulan, Alhamdulillah. Kedua anak kembar tersebut (yang diajari) bahkan tidak setiap hari privat. Satu pekan hanya 3 kali. Saat itu pun, Emak tidak punya metode khusus untuk mengajari lancar membaca dalam sebulan. Namun hanya modal bersabar mengajari "anak orang" membaca. 

Lalu kenapa anak sendiri justru sulit diajari? 

Berkaca ke diri Emak sendiri, ada beberapa sebab hal itu terjadi, yakni:

1. Ekspektasi

Emak akan mempunyai ekspektasi tersendiri ketika mengajari si anak. Berbeda ketika mengajari anak orang. Hal ini tentu saja sudah punya tujuan pencapaian yang berbeda. 

Ketika mengajari anak orang, tidak ada harapan terlalu tinggi, tidak ada target apapun. Namun ketika mengajari anak sendiri jelas donk ada harapan yang dititipkan ke si anak. 

2. Perfeksionis

Emak tipe perfeksionis akan sulit bersabar mengahadapi anak belajar. Jujur Emak akui, sifat ini menghambat Emak untuk tetap sabar secara konstan. Setiap mengajari anak (apalagi masih SD) akan ada drama anak cemberut karena emaknya tampak galak.

3. Membandingkan

Emak yang mengajari anaknya selalu ada bayangan membandingkan dirinya dengan si anak. Ayo jujur, pasti pernah membandingkan masa kecil / pencapaian kita saat kecil dulu dengan si anak. Misalnya, dulu Emak sudah bisa calistung bahkan sebelum masuk TK. Tentu ada perasaan geram ketika anak SD kelas 1 belum selancar Emak saat membaca. 


3 hal tersebut di atas menjadi biang drama PJJ selama ini. Jadi bagaimana ya solusi agar anak tetap belajar dengan nyaman, namun Emaknya tidak stress ? Alhamdulillah sekarang ada RuangBelajar by Ruangguru

Kenapa harus memilih RuangBelajar?

1. Layanan Belajar Online Mandiri Terlengkap

Akses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dengan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin anak cepat paham.

RuangBelajar by Ruangguru


Tau kan Mak, kenapa anak kita lebih cepat hafal dialog animasi dibanding pelajaran di sekolah? Ya tentu karena animasi lebih menarik!

2. Ratusan Ribu Soal dan Pembahasan untuk Mengasah Kemampuan!

Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan anak kita sudah paham betul materi yang  dipelajari!

Bank Soal RuangBelajar


Jelas donk masih ingat "ala bisa karena biasa". Nah.. bank soal lah yang melatih anak kita cakap mengerjakan dan memahami pelajaran.

3. Tanpa Akses Internet? Gak Masalah!

Tapi kan kami tinggal di pelosok.. susah sinyal! Mungkin itu alasan beberapa emak. Eiits jangan nyerah dulu.. Semua materi belajar di Ruangguru dapat di-download dan diakses secara offline, tanpa butuh koneksi internet. Keren kan!

4. Belajar Jadi Seru dengan Ruangguru Adventure dan Teman Belajar!

Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

Anak kita tentu saja suka reward. Jadi gak kayak ketika diajari emaknya, banyakan punishment sih.. *ngomong ke diri sendiri.

5. Pantau Perkembangan Belajar dengan Mudah!

Para orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.

6. Lebih Murah dibanding Bimbel Offline

Langganan RuangBelajar lebih murah dibanding bimbel secara offline seperti Emak dulu sekolah. Apalagi sekarang lagi ada banyak diskon yang bisa didapatkan untuk berlangganan RuangBelajar. Kalo gini sih, anaknya senang, emaknya juga riang. Gak boros tapi si anak bisa belajar tanpa drama tak berkesudahan antara anak dengan Emak.

7. Fitur Ruangabelajar yang lengkap

Adapun fitur di RuangBelajar yakni:

- Ruangguru PET

- Ruangguru Adventure

- Jadwal Belajar

- Asah Otak

- Adapto (rilis Juli)

- Dafa Lulu Animasi SD

- Bank Soal

- Laporan Belajar

RuangBelajar by Ruangguru


Nah, gimana Mak? Dengan banyak keunggulan beneran nih mau melewatkan kesempatan terbaik buat fasilitas belajar anak? Yuk lah kita sambut tahun ajaran baru dengan hubungan harmonis antara ibu dan anak tanpa drama PJJ dimulai dari RuangBelajar.


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

34 komentar untuk "RuangBelajar by Ruangguru"

  1. Yang nomer dua itu kok sama...
    Bukan soal perfeksionisnya, tapi soal galaknya kwkwkwkwkw
    Kami masih mempertimbangkan pake ruang guru nih...
    Masih dibincangkan sama si ayah

    BalasHapus
  2. Seneng banget nih ada ruang guru yang bisa memfasilitasi anak anak dalam belajar. orang tua juga ga perlu repot ya mbak dan anak anak bisa fokus juga

    BalasHapus
  3. Senang dengan adanya Ruangguru ini
    sangat membantu ibu dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah

    BalasHapus
  4. nah mba meskipun belajar offline dengan unduhan materi, tetep ada layanan pendampingan online ya? kalau pendampingan online by request/penjadwalan atau gimana ya?

    BalasHapus
  5. Yes, ekspektasi harus disesuaikan ya .. terus bisa menggunakan Ruangguru, sangat membantu pastinya.

    BalasHapus
  6. Allhamdulillah aadnya ruang guru membuat semuanya jadi lancar, dan mudah dalam pembelajaran ya Mbak

    BalasHapus
  7. Iya, sih. Memang ngajari anak sendiri terasa lebih berat, ya. Dari anaknya sendiri kadang merasa lebih meremehkan karena yakin tetap disayang hihihi...

    BalasHapus
  8. Di ruangguru materi belajarnya lengkap trus selalu ada inovasi yang bikin anak betah berlama2 belajar, ibunya jadi gak perlu pusing ngajarin lagi

    BalasHapus
  9. Nggak terasa udah setahun anak saya belajar di rumah aja hingga naik kelas 6. Meski belajar daring, beruntung sih sekarang banyak platform belajar online, seperti Ruangguru ini. Menurut pengguna sih, katanya fitur di Ruangguru cukup lengkap. Apalagi bisa diakses tanpa internet juga. Makin menunjang aja nih Ruangguru.

    BalasHapus
  10. RuangGuru pernah dipake sebelum pandemu oleh anak SMAku yang sekarang sudah mahasiswi.
    Beneran sangat membantu. Selain banyak materi yang dapat menunjang pelajaran di sekolah juga bisa latihan soal

    BalasHapus
  11. Keberadaan platform belajar online ini memang membantu sekali ya dalam mempermudah mendapatkan materi buat anak kita.

    BalasHapus
  12. PJJ kalau ada panduan emang bikin pusing. Dengan adanya ruang guru orang tua di rumah belajar mendampingi anak, jadi punya panduan ya. Jadi belajar lebih terarah

    BalasHapus
  13. Haha, memang gitu ya heran juga kenapa kalau emak/sodara sendiri yang ngajarin lebih sulit dibandingkan kalau orang lain seperti guru les. Bahkan saya pernah ngajarin anak orang belajar tapi tidak bisa mengajari adik sendiri.

    RuangBelajar menarik nih menjadi pilihan belajar anak, guru2 nya juga profesional

    BalasHapus
  14. Aku sudah coba nih ruang guru namun masih coba gratisnya hehehe.

    BalasHapus
  15. Omong2 soal ratusan ribu soal aku jadi inget zamanku pas SMP. Ga suka matematika dan dipaksa untuk menyelesaikan soal yg jumlahnya ribuan dalam satu semester.Eh lama2 suka sama Matematika

    BalasHapus
  16. Fitur ruangbelajar ini asik ya untuk anak-anak belajar, karena bisa dilihat juga ada peningkatan progress belajarnya atau tidak

    BalasHapus
  17. Bener banget nih mbak. Beberapa rekan guru mengeluhkan katanya ngajarin anak sendiri lebih susah drpd ngajarin anak orang di dalam kelas. Mungkin karena mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap kemampuan anak2nya ya. Penting banget memang platform seperti Ruang Guru ini, adekku yg masih kelas 4 SD juga ikutan bimbel di Ruang Guru :D

    BalasHapus
  18. Solusi memang ini, mesti sambut tahun ajaran baru dengan hubungan harmonis antara ibu dan anak tanpa drama PJJ
    Mulai dari dari RuangBelajar yang bisa di download dan diakses saat offline. Juga banyak keunggulan lain...Beneran pas buat Mamak dan anak biar no more drama

    BalasHapus
  19. Nah solusi banget ini ya mom, daripada para mommy dan anak sama sama stress hihihi.. Btw aku baru tau RuangBelajar by Ruangguru lo mom, terima kasih infonya ya.

    BalasHapus
  20. Memang yaaa, banyak drama saat PJJ dan semuanya beragam. Dan ternyata sumbernya adalah ekspektasi kita terhadap anak yang kadang terlalu tinggi ya. Hmmmm makasih lho sudah diingatkan

    BalasHapus
  21. Benar banget yaa, di jaman serba cangkir dan teknologi ini pastinya bisa membangun generasi bangsa Indonesia menjadi pintar dan apakah biayanya murah banget

    BalasHapus
  22. Huaa sungkem dulu sama ibu lima anak. Saya 3 anak masyaallah mba. Yg sekolah 2, 1 SD yang 1 TK itu aja udah ngelus dada. Kalau ada belajar online dari ruangguru sih alhamdulillah banget ya kak. Ada ratusan ribu soal segala

    BalasHapus
  23. bagus nih kaak.. adek sepupuku juga pernah pakai pas jelang kelulusan SMA dan mau UTBK. cukup membantu murid2 sih menurutkuuu.. metode belajarnya juga oke

    BalasHapus
  24. Tiga anak dan semuanya masih SD. Masya Allah, mba layak dapat sertifikat jadi guru beneran ini di rumah. Hehehe.

    Pada dasarnya ibu itu bisa multitasking apa aja, tapi tidak untuk urusan #schoolfromhome ini ya mba. Sebelum pandemi aja, kita mendampingi anak ngerjain PR itu kadang udah emosi jiwa, padahal cuma PR doang. Apalagi ini? Aduuuuuh. Bisa kebayang saya.

    Rasanya kalo bisa join RuangBelajar by Ruangguru ini serasa setengah beban kita berkurang di rumah ya mba. Anak-anak belajarnya bisa lebih have fun. Malah mungkin lebih fun sama Ruangguru ketimbang sama emaknya yg kadang bertanduk ini. Kekeke.

    BalasHapus
  25. Bersyukur ya hadirnya ruangguru ini membantu banget buat para siswa guru dan juga oang tua. Apalagi sekarang sistem belajar kudu serba cepat adaptasinya, hmm.. gak kebayang riwehnya belajar dirumah kalau gak ada yang bikin nyaman cara belajarnya

    BalasHapus
  26. Bagus banget buat penunjang pelajaran. Anak lebih fokus dan menarik

    BalasHapus
  27. Gak salah lah ini memang, Cha... kl ngajarin anak sendiri wuihh penyakit perfeksionis mamak2 ini keluaaar.... bikin contoh musti superlengkap... terakhir anaknya yg stres wkwk. Nah untung kali ada Ruang Belajar by Ruangguru ini ya

    BalasHapus
  28. Nah, dengan bisa diakses offline Ruang Belajar ini memudahkan para siswa yang kesulitan jaringan di daerah pelosok yaa, asalkan sebelumnya download yaa

    BalasHapus
  29. Saya belum punya anak, jadi ngga bisa komentar banyak. Tapi kalo lihat ponakan nilainya anjlok, tentu saya juga ngga bisa diam.

    BalasHapus
  30. Aku pernah nih ikutan ruang guru jadi siswanya, dan metodenya itu asyik ngga ngebosenin. TOP emang dah

    BalasHapus
  31. Fitur di ruangguru lengkap ya, ada pelajaran untuk anak SD-nya juga dalam bentuk video animasi , jadi anak gak bosan dalam belajar ya kan :)

    BalasHapus
  32. Mama muda, mama anaknya lebih dari tiga, mama yang tidak di pelosok ini aplikasi paling membantu sekali. Udah harganya murah, affordabel banget dah, untuk belajar saat pandemi gini. Jadi bisa hemat uang jajan dan bimbel deh

    BalasHapus
  33. Anakku udah 2 thn langganan ruang guru. Recommended lah pokoknya. Walopun tetap harus diawasi orangtua. Takutnya malah main game 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomendid ya buat anak mba...
      kami lagi pikir-pikir juga ni mau pake ruang guru buat bantu anak belajar

      Hapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️