Positif Negatif Perempuan Mandiri

She got her own thing
That's why I love her
Miss independent
Won't you come and spend a little time (Ne Yo, Miss Independent)

 



Bicara tentang perempuan, ada banyak cerita yang tak ada habisnya untuk dikulik. Setiap perempuan itu unik. Ada yang suka pake Skin Care  ada pula yang tidak. Ada yang hobi nulis kayak Kak Aisyah Dian ada pula yang hobi masak.

Tapi kali ini kita mau ngomongin Miss Independent  alias perempuan mandiri. Emak perhatikan di sekeliling, para perempuan mandiri terlihat strong. Entah kenapa bagi Emak sendiri label perempuan mandiri itu mirip-mirip sama Asma binti Abu Bakar.

Sama seperti dua sisi mata uang, positif negatif sifat seseorang akan muncul ke permukaan. Paparan Emak di bawah ini mengenai positif negatif perempuan mandiri gak akan plek ketiplek sama dengan realita. Namun secara umum, akan sangat mendekati. Here we go..

Positif Negatif Perempuan Mandiri

Sekarang kita bahas dulu dari segi positifnya. 

Positif 

1. All by Herself
Persis kayak lagu Ne Yo di atas, Miss Independent. She got her own thing. Perempuan mandiri mendapatkan semua sendiri, mengerjakan apa-apa sendiri. Semua yang dihasilkan sendiri seperti ada kepuasan tersendiri bagi perempuan itu. 

2. Tidak Bergantung pada Orang Lain
Karena semua dilakukan sendiri, maka hampir terlihat tak butuh orang lain. Kebanyakan perempuan mandiri itu serba bisa. Naik motor oke, pasang gas mah kecil, angkat air galon udah biasa.

3. Lebih Dewasa
Perempuan yang mandiri terlihat lebih dewasa. Banyak persoalan yang ia hadapi dengan bijak. Pembawaannya biasanya tidak grasa-grusu. 

4. Bisa Diandalkan
Pernah gak saat sekolah dulu, satu kelompok dengan perempuan yang mandiri? Kadang-kadang keluar deh dari mulutnya "udah tugas kelompok biar aku kerjakan sendiri ya.. sini nama dan NIS kalian.." keliatan gak butuh orang lain banget kan?

5. Gak Bucin
Jarang banget kejadian perempuan mandiri itu bucin. Kalo udah dikecewakan biasanya ia lebih baik pergi dan mencari kesenangan sendiri. Mungkin karena terbiasa melakukan apapun sendiri maka sendiri bukanlah momok baginya.

6. Serius dalam Hubungan
Perempuan Mandiri juga gak suka main-main dalam menjalin hubungan. Baginya waktu adalah aset berharga.

Negatif

1. Tidak Butuh Orang Lain
Ada kesan sombong dan anti sosial karena tidak butuh orang lain. Terkadang perempuan mandiri ini cuek dengan penilaian orang lain tentang dirinya.

2. Sering Anggap Rendah Orang Lain
Terkadang sering muncul anggapan "aku gak butuh dia.. semua bisa kudapat sendiri". Makanya banyak perempuan mandiri yang betah melajang. Apalagi di kota besar yang tidak ada tuntutan bahwa perempuan harus menikah di umur sekian. Untuk perempuan yang sudah menikah, perempuan mandiri terkadang terlihat superior dibandingkan suami. 

3. Perfeksionis
Sisi negatif lainnya, perempuan mandiri suka perfeksionis. Masih mending kalo standar perfect itu buat dirinya sendiri. Terkadang yang ribet kalo perempuan mandiri menjadi pimpinan. Kasian deh bawahannya.

4. Susah Tunduk dengan Atasan
Di dunia kerja, perempuan mandiri akan speak up bila pendapat dirinya gak sesuai dengan pendapat atasan. Begitu juga di dalam pernikahan. Kesannya seperti pembangkang. Makanya banyak suami yang melabel istri mandiri tidak patuh. Susah nurut.

5. Sulit Menerima Kesalahan Orang Lain
Kalau sudah kecewa dengan orang lain, biasanya perempuan mandiri lebih baik berpaling. Mereka lebih suka meninggalkan yang tidak sesuai standar. Rekan kerja yang ngeselin misalnya, biasanya sikap perempuan mandiri dengan bicara seadanya. Gak mau dekat dengan toxic. Yang gawat di suatu hubungan. Mereka cenderung putus asa dari sebuah hubungan. Bercerai misalnya, bukan hal yang susah untuk mereka pilih. Bagi mereka lelaki yang sudah berbuat salah dan mengecewakan lebih baik jauh daripada membuat luka. 


Itulah positif negatif perempuan mandiri. Memang gak semua dicap sama ya. Namun kebanyakan sifatnya mirip begini. By the way, semandiri-mandirinya perempuan terkadang mereka pengen loh diperlakukan layaknya Barbie.  
Reactions

16 comments:

  1. Memang perempuan mandiri itu positif negatifnya ya ka. Yang terpenting sbg perempuan mandiri kita bisa menempatkan kemandirian itu sendiri ya

    ReplyDelete
  2. Bener banget itu semua Kak. Permeouan yang seperti itu, kelak kalo manikah bbayak mengalami kejutan, dan dan terka haru menurunkan standar di beberapa point ketika hidup dengan pasangan. Awal awal pasti berat, lama lama ya sudahlah.

    ReplyDelete
  3. Negatifnya, perempuan mandiri adalah kalo blm nikah, ia terlalu asyik ngejomblo, he he

    ReplyDelete
  4. Memang baiknya mandiri tapi harus selalu sadar dengan fitrah kita sebagai perempuan ya, kak. Soalnya, aku termasuk yang ganti galon, beli galon sampe masang gas sendiri. Sampe nyuci motor sendiri hehe. Tapi, ya itu tadi, selama memahami fitrah sebagai perempuan, insya allah mah mandirinya sesuai sama kaidah ya, kak.

    ReplyDelete
  5. yang negatif no.5 bener banget sudah terlihat mendominasi di kota besar..ga bisa disalahin juga tingkat pendidikan dan latar belakang keluarga biasanya sangat mempenganguruhi apalagi jika punya pengalaman pribadi..

    ReplyDelete
  6. Aku sih tergolong mandiri,untungnya ga perfeksionist. Wkwkkw. Tapi kadang emang perlu perempuan mandiri manatahu tiba2 ditinggal suami mendadak. Maut tidak ada yg pernah tahu

    ReplyDelete
  7. Terlalu asyik sendiri itu mungkin negatifnya juga hehe, kayak gua sendiri dan mandiri hehe

    ReplyDelete
  8. memang bener nih, makanya saya ke suami itu gak mau terlalu mandiri, biar suami juga merasa dibutuhkan oleh istrinya hehe. kadang ke tukang sayur aja saya minta temenin, biar sekalian ada yang bawain kantong sayurnya dan sekalian jalan pagi biar olahraga haha.

    ReplyDelete
  9. Memang seperti itu ya positif negatif perempuan mandiri, tapi kalau sudah punya pasangan sih jangan terlalu mandiri banget ya, ehh tapi semandirinya perempuan ya ga mungkin betulin genteng ya kalau bocor.

    ReplyDelete
  10. Selama masih bisa manja-manja sama suami males ah mandiri hihihi merepotkan diri sendiri namanya. Kalau kita terlalu mandiri ngapain punya suami wkwkwk.

    ReplyDelete
  11. Saya sebelum menikah termasuk mandiri. Setelah punya suami malah jadi ngandelin dia banget. Himz hikz.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku kadang saking mandirinya cari uang sendiri, aku jadi sungkan minta beli ini itu ke suami, takut ngerepotin, lebih suka pakai uang sendiri. Ini positif apa negatif ya?

    ReplyDelete
  13. Kesannya juga jadi kayak sombong dan arogan gitu ya kak, karena semuanya bisa sendiri. Tapi bagusnya ya gak ngerepotin orang lain gitu. emang segala hal di dunia ini juga 2 macem sih ehe

    ReplyDelete
  14. Aku tergolong yang mandiri juga sih. Cuma kalau ada suami di rumah biasanya pura-pura tidak bisa. Yah, mau dibantuin. Modus. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Yup.. ada plus minusnya menjadi perempuan mandiri.. tapi memilih mendiri bukan sebuah keputusan mudah bagi perempuan loh kak...

    ReplyDelete
  16. Setiap pilihan pasti ada positif dan negatifnya, apalagi kl menjadi perempuan mandiri, ada waktu2nya ya mesti mandiri agar lebih dewasa dalam menghadapi segala hal

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews