manfaat menulis bagi emak
viva.co.id




Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?

Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!

Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay..
Swear deh!

Gak percaya? 
Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.

1. Menulis agar terorganized

Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis.
Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.

Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-tanya "hari ini masak apa ya..?"
Serta bermanfaat agar tak lagi mendengar komentar "Uuuh ikan sambal lagi, ikan sambal lagi.. lagi-lagi ikan sambal! " wkwkwk


2. Sarana "mengikat" ilmu

Iiih, emak kan gak sekolah.. ngapain mengikat ilmu? Eh tunggu dulu.
Siapa yang hobinya ngesave resep tapi gak pernah dieksekusi? Haha ngaku!

Rasulullah pernah menyampaikan kepada Abdullah bin Amr,  ikatlah ilmu dengan menulis nya..

Imam AsSyafii pun pernah mengibaratkan ilmu layaknya burung, maka ikatlah dengan  menulis agar tidak hilang. 

Bukan cuma resep Mak, bahkan ketika emak lagi nonton ceramah ustadz atau kuliah parenting via ig atau yutuban,  bolehlah ambil pena dan kertas. Tulis lah intisari tontonan berfaedah tersebut!
Ssst,  setelah ditulis, diamalkan ya Mak..Biar semakin ingat di kepala.

3. Menulis bisa menghilangkan trauma

Pernah ada kejadian rumah dimasuki maling? Atau pernah kecelakaan? Atau ada hal-hal lain yang meninggalkan trauma?

Tulis lah!  Tulis bagaimana kejadian-kejadian tersebut terjadi. Ini seperti merelease pelan-pelan rasa trauma yang hinggap di diri kita.

4. Mengurangi kecerewetan

Emak-emak kan memang cerewet! Mana ada emak-emak yang gak cerewet!

Iis ada Mak. 
meskipun lazimnya emak-emak cerewet, tapi dikurangi lah Mak! Sumpah,  gak enak dengar repetan emak setiap hari, hihi.

Normalnya emak kan memang harus mengeluarkan puluhan ribu kata ya.. 
yes. Cara lain mengeluarkan kata-kata selain dalam bentuk musik rap tiap pagi (repetan ke anak menjelang pergi sekolah), ada baiknya emak menulis. 
Tulis lah mak..

Atau saran lain yang lebih greget,  tulis saja repetanmu ke anak dalam bentuk surat.
iiih anak emak di rumah, suka sekali baca surat. Apalagi surat cinta dari emak.

5. Menulis mengasah kemampuan motorik

Menulis vs mengetik itu beda sih.
Meskipun sama-sama mengeluarkan kata-kata, namun menulis itu dapat mengasah kemampuan motorik.

Apalagi untuk emak yang sudah ada gejala carpal syndrome.  Banyak menulis tak akan pernah membuat emak merasakan sakit nya carpal syndrome.

6. Menulis membuat otak tetap muda

Emak sering pikun.  Ngeletakin kunci motor yang baru dipake 5 menit lalu lupa. Kacamata ada di mana lupa. 

Duh mak,  ayo remajakan lagi kemampuan otak mengingat dengan menulis. Karena menulis itu selain berlatih untuk memilih dan memadupadankan kata-kata apa yang akan digunakan,  sekaligus membuat otak terlatih untuk berpikir cerdas.  
Hati-hati, orang yang sering mengistirahatkan otak akan cepat pikun.

Gimana mak? 
masih mikir juga, kapan mau memulai untuk menulis? 

Duh.. 
tulis gih, alasan emak kenapa masih menunda untuk menulis!

80 Comments

  1. Saya tertarik dengan manfaat yg keempat,,,, SEMOGA saja...

    Walaupun terbilang jarang, tetapi mak-mak yang suka menulis ada baiknya menyesuaikan waktunya juga biar anak dan suami tidak terabaikan hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang bener..
      mungkin bisa diterapkan menulis sebelum tidur. Biasanya kondusif

      Delete
  2. saya tiap hari mba, tapi ttd aja ahahahahah
    Saya nyaris lupa loh cara nulis, tulisan makin nggak kebaca, mudah capek jarinya pula.
    Cuman kok kalau mau nulis itu males, mending ketik lalu print hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, , semakin mudah teknologi memanjakan kita kita pun semakin terlena, wkwkwk

      Delete
  3. Banyak banget manfaat menulis. Setuju dengan apa yng mbak sebutkan diatas. Saya sendiri suka nulis yang bebas,alur bebas. Jadi seperti belajar publik speaking tapi bentuk ya tulisan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya lebih siap kalo disuruh pidato mendadak ya mas, hehehe

      Delete
  4. Benerrrr.. aku klo gak ditulis tuwet di kepala hahaha jdi bisa menyortir,menyusun, memilih, lalu diputuskan. Penting banget mah nulsi itu

    ReplyDelete
  5. Yup, bener banget nih apa yg dituliskan Mak Icha. Mengasah kemampuan motorik halus tepatnya. Maklumlah, misalnya Mak-Emak gak bisa menyulam dengan rapi, merajut dengan syantik, maka menulis yang bermanfaat insyaallah membawa maslahat. Amin

    ReplyDelete
  6. Kalau menulis sih tiap hari kak, tapi pakai laptop hahaha. Hmmm kalau nulis tangan jg msh mayan sering sih walau emang jujur kaku banget. Biasanya aku nulis kalau merangkum sesuatu atau pas ngajarin anakku baca hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting juga tetap nulis meski udah selesai kuliah ya mba,,
      karena tiap hari juga kuliah, kuliah kehidupan. Hehehe

      Delete
  7. manfaatnya gak cuma buat emak-emak ini mah, buat bapak-bapakpun bisa demikian. Coba deh besok ummi aku ajarin cara nulis biar beliau tetap sehat dan segar pemikirannya

    ReplyDelete
  8. Menulis bagi saya sebagai terapi juga nih biar melatih otak terus menghasilkan uang hehe. Semiga aja ya para emak walau dirumah bisa tetap menulis apa aja.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget dengan poin nomor tiga. Menulis itu terapi jiwa. Menulis bisa menghilangkan trauma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman pribadi juga mas, saya pernah begitu..

      Delete
  10. Menulis buat saya sebagai bapak juga jadi terapi, apalagi kalau kesal sama seseorang ha..ha... bias berimajinasi terus buat cerita deh. Tapi itu jarang. kebanyakan sekarang menulis tentang pengalaman sehari-hari yang ada manfaatnya untuk orang lain.

    ReplyDelete
  11. Udah jarang banget nulis, palingan nulis catetan pengeluaran sama pemasukan tapi sering lupanya. Huhuhu
    Kalo dipikir pikir cape juga ya ceriwisin anak anak terus, lama lama mereka jadi seperti mengabaikan angin lalu. Mungkin bisa dicoba ungkapin unek unek anak lewat tulisan pas mereka uda bisa baca kelak.
    Keluargamulyanadotcom

    ReplyDelete
  12. Setiap menulis pasti emang punya alasan tersendiri. Dan memang aktifitas menulis itu penting dan masih jarang orang menganggapanya begitu. Bahkan saya pun masih terjebak menulis yang masih harus menyesuaikan mood hehehe..istikomah nulis emang masih jadi PR juga nih buat saya.

    www.ngopisetengahgelas.com

    ReplyDelete
  13. Benar sekali, Mbak Icha. Menulis itu menyenangkan dan membawa bahagia. Juga bisa dapat penghasilan hehehe.

    Dan benar sekali, Mbak. Menulis membuat ingatan kita kuat. Ayo, terus semangat menulis, Mbak.

    ReplyDelete
  14. Rutin nulis di HP di laptop..nulis tangan sih enggak lagi.
    Dan benar bikin kecerewetan saya berkurang kwkwk

    ReplyDelete
  15. Aq belakangan emang sering jd pelupa. Kayaknya krn emang kurang nulis ini Mba. Trimakasih sdh mengingatkan ya :)

    ReplyDelete
  16. Saya Yang paling cocok itu, menulis untuk Meningkatkan kemampuan

    ReplyDelete
  17. Kalau aku sih manfaat menulis menjadi sebuah terapi ingatan akan memori yang akan dilewati.
    Jadi sebisa mungkin dan seingat baik informasi dituturkan melalui tulisan.
    Kita juga tidak tahu suatu saat nanti kita tetiba lupa. Nah tulisan bisa menjadi memori kita.

    ReplyDelete
  18. Saya belum emak-emak mbk tapi juga suka menulis, menulis itu benar-benar bisa melepas stress dan pikiran yang menumpuk😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba astri, sebenarnya bermanfaat untuk siapa saja

      Delete
  19. Aku masih suka menulis pake tangan. Kalo di aku lebih menempel di ingatan. Sebelum diketik, aku akan menulis poin2 utk aku ketin detailnya.

    ReplyDelete
  20. Manfaat menulis ternyata banyaak sekali yaa. Kalau aku kadang menulis bisa menyalurkan perasaan . Kalau aku lagi badmood walaupun otak lagi buntu seenggaknya bisa bikin mood balik okee lagi.

    ReplyDelete
  21. saya nulis biar kepala gak berasa penuh. plong gitu kalo sudah dituliskan. termasuk terapi ya. kebetulan baru nulis tentang tema setipe ini juga. moga makin semangat nulisnya.

    ReplyDelete
  22. Sehari2 selalu menulis tapi di medsos aja mb icha...kalau nulis tangan suka buat To do list harian buat aq dan anakku. Tapi dah 2 bulan blogku jadi semak belukar nggak terurus...semoga setelah ini semangat ngeblog datang lagi.

    ReplyDelete
  23. Bener mak, kalau awk rasa. Gaada tmpt merepet dan cerita yang lebih setia dr wadah tulisan,hihihi. Menulis happy yakan mak😊

    ReplyDelete
  24. Iya mba evyta, biar ringan sikit isi kepala.. hehehe

    ReplyDelete
  25. Hehehe, semangat mba Ning..
    kita tebas ilalangnya yuk

    ReplyDelete
  26. Iya , hehehe thanks udah mampir ya "sudutkacamataku"

    ReplyDelete
  27. Saya rajin gak ya nulis?
    Ada sih nulis tapi gak bisa jugak keknya dibila g rajin.
    Biasa aja gituh..
    Tapi emang membantu menjaga emak tetap waras nulis ini

    ReplyDelete
  28. Menulis itu emang terapi ya kalo tepat sasaran dan tepat medianya.
    Asal gak di dinding aja,heuheu

    ReplyDelete
  29. Menulis mungkin dilakukan semua emak2 ya kak. termasuk nulis daftar belanja. but tapi menjaga konsistensi or tetap istiqomah itu yang susah yak kak.. semangat

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas informasinya ya kak.

    ReplyDelete
  31. Mengurangi kecerewetan. Wkwkwkw... bener banget kk. Dengan menulis kebutuhan merepet kita bisa terpenuhi.

    ReplyDelete
  32. hahahahha.....mengurangi kecerewetan. baiklah. kita coba rutinkan dulu ya kak yg nulis ini. kali aja tingkat kecerewetan awak bisa menurun bahkan jdi gk cerewet lagi.

    ReplyDelete
  33. Hihihi iya kak vivi..
    menjaga harmony ♡

    ReplyDelete
  34. Asal jangan nulis di dinding karena gak waras aja ya bun.. hahaha

    ReplyDelete
  35. Iya kak syafriana, Istiqomah itu berat euyyy

    ReplyDelete
  36. Banyak banget yaa mak manfaat menulis ini..tapi kenapa ya mak mulai nulis itu sangatlah berat hehehe...apa karena kurang percaya diri ya mak..bagi tips biar rajin nulis donk hehehe

    ReplyDelete
  37. Kalau menulis saya agak malas kak soalnya skrg apa2 nulisnya di hp aja, nulis belanjaan, catatan keuangan,curhat, dll klo nulis di kertas jatuhnya jadi ngegambar deh lagian tulisan saya kayak ceker ayam hihi :D

    ReplyDelete
  38. Tips rajin nulis apa Buat emak cuma maksain diri aja.. Kalo gak dipaksa, gak jalan-jalan. Hehehe

    ReplyDelete
  39. Sama tulisan kita kayak ceker ayam kak iid. Tapi katanya biasa orang begitu Kreatif.
    Ceile, bela diri.

    ReplyDelete
  40. Setuju kak! Emang banyak bgt manfaat menulis. Thank you kak buat artikel nya❤️

    ReplyDelete
  41. Memang sih menulis memiliki banyak manfaat, terutama menulis pengeluaran harian. Kebiasaan ini bukan hanya sekedar mencatat saja tetapi bisa sebagai soft remainder diri sendiri akan pengeluaran mana saja yang diperlukan dan tidak di perlukan.

    ReplyDelete
  42. ((((((Ikan sambal lagi, ikan sambal lagi)))))

    Kebanggaan emak emak di Medan kayanyaa 🀣

    ReplyDelete
  43. No.3 bener banget.
    Aku pernah nulis kejadian traumatis aku, sampai nangis. Susah napas. Tp pelan pelan, aku sembuh.

    ReplyDelete
  44. Yes bang jemry. Catatan pengeluaran memang penting

    ReplyDelete
  45. Unaaaa, tau u u aja ya..
    ikan sambel itu penyelamat kalo mau masak cepat.

    ReplyDelete
  46. Iya uly, dulu pernah tuh nulis ttg trauma diintip di fasum. Rasanya sedih, marah, kesal, takut jadi satu.

    ReplyDelete
  47. Lebih cocok lg kak judulnya manfaat menulis bagi manusia, bukan cuma emak aja.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™

    ReplyDelete
  48. Benar banget, menulis obat pikun, karna para enak akan selalu mengupdate lmunya terus, jadi atak selalu aktif ya kak. Tos ahhh! Hidup emak blogger

    ReplyDelete
  49. Wessss mantappp. Semakin terpacu untuk menulis. Karena gak boleh kalah sama emak2 wkwkwkw.

    ReplyDelete
  50. Hahaha, iya nih eldo. Karena ini blog emak2, jadinya dispesialin buat emak, hehe

    ReplyDelete
  51. Bener bannet kak ichaa.. kerasa banget. Aku nulis dari gadis. Dari galau patah hati sampai galau BB anak πŸ˜‚
    Ada satu lagi manfaat menulis kak,nambahin isi rekening πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  52. Iya juga ya banyak X manfaat ,nulis daftar belanja gak absen kalau emak2

    ReplyDelete
  53. Noviii, yang terakhir itu gak ada yang nolak ya.. hehuheu

    ReplyDelete