Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Weaning with love


Kali ini emak akan bercerita tentang pengalaman emak saat wwl alias weaning with love. Apa sih wwl itu?

Weaning with love, a.k.a menyapih dengan cinta alias menyapih tanpa paksaan. Sebenarnya emak mempunyai pengalaman wwl saat anak ketiga. Anak pertama dan kedua, berhenti menyusu secara alami karena emak lanjut hamil sebelum mereka berumur dua tahun. 

Jadilah anak ketiga adalah pengalaman pertama menyapih. Tepat Al umur 2 tahun, langsung disapih. Tapi 2 bulan sebelumnya sudah direncanakan akan seperti apa menyapih yang menyenangkan buat emak dan juga anaknya.

Kebayang peñgalaman tetangga maupun cerita2 dari sana sini, kebanyakan si ibu menorehkan lipstik atau balsam hingga brotowali. Kadang dipakein plester atau perban biar si anak tidak menyusu lagi. Tapi rasa-rasanya si anak masih penasaran, memang tidak menyusu lagi tapi jadinya masih suka pegang-pegang payudara emaknya sebelum tidur. Kalo orang Jawa sih bilangnya "mentil".

Berdasarkan pengalaman saya, ini adalah beberapa tips agar ibu dan anak merasa nyaman saat masa-masa menyapih.


1. Sounding jauh-jauh hari.
Di saat anak menyusu, jangan bosan untúk terus mengingatkan ia bahwa ia tidak lagi menyusu saat umur 2 tahun. Saya melakukannya sejak ia berumur 22bulan. Atau 2bulan sebelum disapih. Katakan

"nak, sebentar lagi Al udah 2tahun ya nak.. Al kan dah besar, nanti 2tahun tidak nenen lagi ya.." 
Katakan di saat ia mau tidur. Efeknya akan seperti hypnoterapi. Karena kita mengatakannya disaat ia memasuki tahapan REM menuju tidur pulas. 2. Pisah tidur menjelang penÿapihan.
Saya mulai pisah tidur saat 2 bulan menjelang penyapihan dengan Al. Setelah menyusu saat mau tidur malam, begitu ia terlelap saya pun pindah ke kamar yg lain. Meskipun ia akan masuk ke kamar saya tengah malam, frekuensi menyusu di tengah malam akan berkurang dibanding sebelumnya. 3. Jangan menawarkan.
Setiap mau tidur, biasanya anak akan rewel, biasanya saya selalu menawarkan untuk menyusu. Tapi setelah dilakukan 2 tahapan di atas, saya tak pernah lagi menawarkan untuk menyusu.
4. Siapkan rencana pengalihan ASI
Saya merencanakan akan memberi UHT setelah ia lepas menyusu. Dikarenakan ia suka minum uht seperti kakaknya,lagipula saya tidak pernah menawarkannya susu formula sehingga ia tidak kenal dengan dot.
Untuk memudahkan, di tengah malam saya memberinya uht kemasan kecil agar tidak tumpah karena mengantuk di tengah malam. Kalo di siang hari saya beri uht dgn gelas.
5. Pakai Bra yg nyaman selama masa penyapihan.
Jangan pakai yang sempit atau push up bra agar payudara tidak sakit. Saat itu, sudah masuk hari ke 4, Alhamdulillah tidak demam karena terjadi pembengkakan. Terasa penuh iya. Tapi tidak sampai demam.
Ini terjadi karena efek sounding juga. Maka tubuh pun ikut menyesuaikan, insyaAllah.
Bagaimana bila hari pertama sudah mulai terasa penuh? Jangan dikuras atau pun diperah. Sebaiknya minum saja obat penghilang rasa sakit atau sejenisnya untuk menghindari demam atau pembengkakan. 
6. Siapkan tim sukses.
Karena saya tipe obama, alias All by my self, di saat si kecil minta menyusu, alihkan ia ke uht yg sudah saya siapkan. Atau bisa ajak ia main mainan kesukaan. Mungkin kalo suami berkenan, minta ia meninabobokan si kecil saat ia keukeuh minta menyusu. Karena saat mau tidur, terkadang tidak bisa mengalihkan lagi dengan apapun. Alhamdulillah tim sukses saya si Cheryl (kakaknya). Ia selalu mengingatkan adiknya tidak menyusu lagi karena sudah besar. 7. Jangan pake marah saat mengîngatkan.
Sebisa mungkin tidak bernada tinggi saat meminta pengertian si kecil saat ia minta menyusu. Katakan berulang dengan lembut. Ternyata, dlm 3 hari Al sudah tidak pernah mengulangi lagi kata "nenen" untuk meminta menyusu. Nah.. Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat.
blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

54 komentar untuk "Weaning with love"

  1. Zia belummmm... ini pas pengalaman alzam

    BalasHapus
  2. wahhh... saya gak pernah menyapih, karena anak berhenti sendiri sebelum dua tahun...

    BalasHapus
  3. Percaya atau tidak efek hypnoterapi itu bekerja ya ca...
    Keren tipsnya

    BalasHapus
  4. pembahasan nya bermanfaaat tapi belum menikah jadi belum paham ,hehehehe

    BalasHapus
  5. Tiap ibu pengalaman nyapih nya beda2 ya. Seru juga bunda, baca pengalamanannya.

    BalasHapus
  6. Gacil dulu juga di sapih sama mamak. Tapi, kasih balsem itu memang sering dilakukan ya kak. Btw, tipsnya nambah ilmu parenting buat Gacil nih

    BalasHapus
  7. Kak oem, mau nyapih anak kucing ya? Wkwkwkwk mentang2 anak kucing nya banyak...

    BalasHapus
  8. wih..nambah ilmu lagi..oia kak mau nanya katanya klo asi penuh dan tidak diberikan pada anak akan menjadi pemicu kanker payudara..apakag benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak dek. Hanya akan membuat si ibu demam karena asi produksi asi dihentikan padahal masih Full. Biasanya minum obat peng hilang nyeri dan demam.

      Hapus
  9. Tips yang bagus nih kak buat para Mommy and Baby yang mau WWL, soalnya kegiatan ini biasanya penuh drama 😂😂, kalau aku malah sudah lupa caranya, habis sudah lama banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh. Habisnya saya gak brenti2 kegiatan antara hamil dan menyusui.

      Hapus
  10. wuahhhhh ilmu yang bakal dicoba nanti insyaAllah. Nice share kak

    BalasHapus
  11. dua kali menyapih.. dua kali aku serasa patah hati 😭 Tapi demi kebaikan bersama tetap dijalani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak dyah...
      lega karena berhasil, tapi di sisi lain merasa sedih karena jatah bergantung anak jadi berkurang.

      Hapus
  12. Saya gak ngerti soal menjadi ibu yang penting komen saja heheh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Nanti kak zul, kalo Udah punya istri dan anak siap disapih bisa dibuka kembali...

      Hapus
  13. Pingin sih WWL passs usia 2 thn. Sayangnya slalu gak bs huhuu.. rerara ke-4 anak saya lewat terus 2 thn. Keenakan nenen ma Umi, hahaa

    BalasHapus
  14. Ini wajib banget dimengerti dan dilaksanakan oleh ibu2 jaman now.
    Karena memang weaning with love itu butuh usaha dan keikhlasan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  15. Pass banget artikelnya ..bentar lagi mau nyapih faiz. Makasi yaa

    BalasHapus
  16. Info yang bermanfaat banget menghindari drama penyapihan yang kadangbisa bikin melowwwwe banget

    BalasHapus
  17. Sebenernya udah komen di atas.
    Ndakpapa la komen lagi ya..

    Mantaplah tips nya..
    Sounding atau hypnoterapy nya gak hanya berguna saat menyapih, untk hal2 lain juga bekerja lho

    BalasHapus
  18. Tipsnya keren dan sangat bermanfaat nih, Mbak. Pastinya bisa diikuti oleh para Mom yang WWL juga, alias Weaning with love, a.k.a menyapih dengan cinta alias menyapih tanpa paksaan.

    BalasHapus
  19. Keren mbak tipsnya..memang WWL lebih utama daripada memaksa berhenti nenen yang bisa bikin trauma anak yaa..
    Aku anak pertama ada tim support, di rumah Brandan dulu ada Uwak yang bantu, jadi si Mas banyak diajakin dia, kalau malam dialihkan ke Bapaknya.
    Waktu si Adik baru Obama..(ini istilahnya bagus bener ya hahah). Karena mulai nyapih saat tinggal di Amerika. Jadi deh proses lebih panjang. Si Mas nenen 2 tahun 1 bulan, Adik 2 tahun 2 bulan. Yang 1 dan 2 bulan itu proses sapihnya :)

    BalasHapus
  20. Ah, pengalaman keren banget. Ini pasti bermanfaat buat Busu yang mau nyapih, soalnya nyapih itu emang susah-susah gampang hehe

    BalasHapus
  21. Aku blm menikah mba. Tapi menyimak ceritanya dengan serius juga. Eh lalu autongakak pas baca obama 😂😂😂

    BalasHapus
  22. WWL ini, cara lama dibungkus baru, tapi seru, karena jadi punya rambu-rambu. Utamanya adalah ketidakterpaksaan keduanya: ibu dan anak. Alhamdulillah sudah tuntas 2x. Yang satu ini, masih panjang waktunya, karena baru 9 bulan usianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih ada pr. Menjelang 2 bulan lagi no 4 bakal 2 tahun. Yang no 5 masih 4 bulan umurnya.

      Hapus
  23. Wah ini tips yang nerguna banget mbak buatku dan istri. Anakku sih masih 6 bulanan tapi kami juga perlu bersiap-siap untuk segala perubahan. Sekarang MPASI dan Alhamdulillah lancar.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah dulu anak2ku juga WWL semua, kalau yg pertama ya krn pas lagi hamil adeknya, mungkin krn ngrasa ASI makin dikit atau gmn, jd berhenti sendiri, kalau anak kedua jg gampang tinggal disodori UHT atau camilan tiap mau minta ASI.

    BalasHapus
  25. Tips parenting baru nih dengan istilah WWL. Terima kasih atas informasinya*

    BalasHapus
  26. Tipsnya tepat banget nih, sayang udah bukannya momen ku anakku udah gede semua, ini semua ga kepikiran loh ada cara2 yang halus seperti ini untuk menyapih tanpa drama

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah anak ku 3 3 nya asi semua . Dan tidak ada kendala dlm menyapih pula. Hanya trik nya Pake drama2 ala ala. Hehehe

    BalasHapus
  28. Wah baru tahu cara menyapih yg baik, semoga nanti kalo sudah punya istri bisa menyapih dengan penuh cinta.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️