Langsung ke konten utama

7 sayur ASI booster

Menyusui merupakan sebuah moment penting bagi ibu dan bayi. Bukan hanya sebagai sarana pemberian makanan atau nutrisi untuk bayi, namun juga memberikan bonding yang kuat antara ibu dan anaknya.

Meskipun terlihat sepele, namun menyusui bukanlah aktivitas yang bisa dipandang sebelah mata. Karena salah satu pekerjaan mulia sang ibu satu ini, tidak akan berhasil bila tidak ada tekad dan usaha yang kuat dari ibu maupun lingkungan sekitar.

Ibu yang bahagia, dengan kondisi lingkungan yang mendukung untuk menyelesaikan misi menyusui bayi hingga dua tahun, mungkin akan lebih mudah untuk melaksanakan tugasnya,  dibanding ibu yang sekitarnya tidak mendukung dan ibu juga sering mengalami stress.

Nah, ada baiknya bagi ibu menyusui agar mengkonsumsi makanan yang mendukung agar ASI nya menjadi lancar. Salah satu makanan yang dapat melancarkan ASI adalah sayuran. Namun ada 7 jenis sayuran yang biasa dan mudah didapat di sekitar kita untuk melancarkan ASI. Apa saja ya..

1. Bayam

merdeka.com








Bayam adalah salah satu sayur yang paling banyak terdapat di sekitar kita. Bahkan tak jarang bayam liar pun tumbuh tanpa ditanam.  Bayam juga mengandung tinggi zat besi. 

Tau kan Mak, zat besi ini berperan untuk mendukung tubuh menghasilkan ASI. Apalagi untuk ibu yang nifas dan mengalami pendarahan, bayam ini sangat baik sekali untuk dikonsumsi dan mengandung pula Phyto Estrogen. 


2. Daun Katuk
merdeka.com








Tidak asing lagi bagi kita ya mak, kalau daun Katuk ini dikenal sebagai sayuran yang ampuh untuk meningkatkan produksi ASI.  Rahasianya terdapat pada kandungan laktagogum yang ada di sayuran ini.

Wah, selain enak sayur ini juga kaya manfaat. Kebayang ya Mak, kalau sayur ini dimasak dengan jagung hawai atau jagung susu. Aaaah enaknya.


3. Daun Kelor
merdeka.com







Siapa yang masih asing mendengar daun kelor ini dimasak sebagai sayur?
Atau malah emak merasa horror kalau mendengar daun kelor,  karena selama ini sering mendengar kalau daun kelor berhubungan dengan hal mistis?

Hehe, ternyata daun kelor ini enak loh disayur. Bahkan dimasak sebagai sayur bening seperti bayam pun enak. Kabar baiknya, daun kelor ini juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Eh, udah tau kan.. Selain untuk melancarkan ASI, daun kelor punya banyak sekali manfaat bagi tubuh. Segudang manfaat daun kelor bahkan sudah banyak diteliti hingga di luar negeri.


4. Asparagus
merdeka.com








Memang kebanyakan asparagus dijual di market hyper atau juga swalayan besar. Dan kebanyakan kita taunya asparagus ini dimasak menjadi sup asparagus.

Tapi emak suka loh, makan sayur asparagus tumis. Apalagi kalau pakai udang atau cumi,  mmmhhh.
Selain enak, asparagus memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh ibu untuk memproduksi ASI,  dan juga menghasilkan beberapa hormon yang dibutuhkan bayi untuk berkembang.


5. Pare
merdeka.com







Siapa yang gak suka pare, Mak? Mh, meskipun rasanya pahit, ternyata manfaat nya sangat manis. Bukan hanya meningkatkan produksi ASI saja, namun juga bermanfaat bagi tubuh.

Pare atau paria ini adalah sumber folat yang tinggi. Selain itu juga mengandung lycopen.  Waaah banyak makan pare bisa bikin awet muda niih.


6. Wortel
merdeka.com







Wortel  yang tinggi akan vitamin A sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI.  Cara mudah untuk meningkatkan produksi ASI,  buat saja segelas jus wortel di pagi hari dan siang hari sebelum makan.

7. Pepaya Muda
merdeka.com







Pasti emak buru-buru complain, Pepaya buah kan?
Hehe, Pepaya muda ini lazimnya dijadikan sayur dengan cara ditumis. Jangan tanya rasanya.  Enak sekali ya Mak..

Pepaya Muda tinggi akan oksitosin.  Jelas oksitosin mampu meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Selain itu, Pepaya Muda juga rendah kalori dan juga baik bagi pencernaan.



Nah, demikian 7 sayur yang merupakan ASI booster. Namun jangan lupa,  selain makanan hal terpenting untuk membuat ASI melimpah adalah dengan  pikiran positif. Apapun keadaan kita,  masalah yang dihadapi, tetaplah menjaga kewarasan dan kesehatan pikiran.

Semoga tugas menyusui lancar dan berhasil hingga bayi mencapai dua tahun ya Mak!

Komentar

Elsa Hayanin Lubis mengatakan…
daun katuk itu nasi-nasi ya kak? wkwk kalo ini direbus aja apa cemana? kalo ditumis2 gitu terus pedes jd aman gak sih?
Ida Raihan mengatakan…
Baru tau kalau pare ama wortel juga termasuk. Tapi kadang beda orang juga pengaruhnya beda ya Mbak. Saya kalau makan labu siem kecil, pepaya muda, kacang panjang, daun singkong. Ini deras banget. Tapi yang lain gak ngaruh. Kayak daun katuk, bayem itu gak seberapa.
Pringadi mengatakan…
jadi ingat dulu sering ke pasar nyari daun katu buat asi booster
sama ngejusin wortel
Dian Restu Agustina mengatakan…
Mbak aku dulu menyusui kedua anakku sampai 2 tahun. Dan Alhamdulillah lancar jaya, ASI eksklisif..lanjut ASI-nya sampai 2 tahun usia.
Diantara sayur di atas hampir semua kulahap tiap hari.
Kecuali asparagus..karena dulu tinggal di pelososk, susah nyarinya dan ga tau kalau ini bagus buat ASI. Dan satu lagi, pare..karena enggak terlalu suka pahitnya.:D
Nufa Zee mengatakan…
Kalo kek gini jadi kangen ngASI akutuh 😁 pernah makan katuk selama 6 bulan kaka
jendelamamak mengatakan…
Satu lagi mak,, daun bangun-bangun.. :D
donasaurus mengatakan…
Yang paling akrab sih katuk kelor dan bayam,tapi ada juga di kampungku yang makan jantung pisang buat melancarkan ASI
kartika mengatakan…
Dirumahku ada daun katuk. Kadang klo kesiangan ke pasar aku petik aja di sayur bening. Eh di kantor di ketawain, komentarnya emgnya mau menyusui. Hahaha meski gak menyusui, aku suka banget bening daun katuk.
Bambang Irwanto mengatakan…
Informasinya keren sekali, Mbak. Dan kebetulan di halaman rumah saya tanam katuk dan ada juga pohon kelor. Lumayan banyak yang minta daunnya juga. Dan di Gombong ini, awalnya banyak yang tidak tahu, kalau daun kelor bisa disayur. Mereka pikirnya buat mandiin orang yang belajar ilmu kebatinan.

Padahal di Makassar itu, daun kelor laris manis, termasuk buahnya juga buat campuran sayur asem.
blogger parenting mengatakan…
Iya daun nasi nasi.
Kakak suka di rebus gitu atau disantani. Ditumis belum pernah, ibu menyusui boleh sih makan pedas asal gak berlebihan.
blogger parenting mengatakan…
Harus tergantung mood Kayaknya ya bun..
blogger parenting mengatakan…
Wah mas bapak dan suami teladan!
blogger parenting mengatakan…
Mantul mba..
blogger parenting mengatakan…
Cerita ASI memang seru mba zee..
pas kena di anak kedua, baru lah ketemu Mastitis dan kawannya
blogger parenting mengatakan…
Yg kayak mana kak?
blogger parenting mengatakan…
Ini saya pernah kak ♥
blogger parenting mengatakan…
Sama mbak, sampe anak yang laki2 juga suka. Sekolah pun mau bawa Katuk, hehe
blogger parenting mengatakan…
Bagus juga daun kelor untuk kesehatan mas.
Ini sekarang malah lagi marak yang jual bibitan kelor..
LinRaNa Mom mengatakan…
semua dulu awak makan kecuali pepaya dan asparagus
Uut fauziah mengatakan…
Pada masa itu semua ini sayuran terfavorit tau kak,demi asi anak terpenuhi selalu pompa di tempat kerja...
bundasugi mengatakan…
Ada lagi mbak ... Daun Sawi dan kenikir juga memperlancar produksi ASI lhoo! Ini berdasarkan pengalaman sich, hhehe
Taumy Alif Firman mengatakan…
Baru tahu,kalau Wortel juga bisa sebagai ASI booster. Selama ini cuma tahunya daun katuk.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Wah, ternyata sayur booste ASI tu banyak ya.. Tahunya cuma katuk saja... Seger lho kelor itu.. Kalau tumis asparagus belum pernah nyoba...
blogger parenting mengatakan…
Kalo busui makan tanpa sayur serasa ada yang kurang ya kak..
blogger parenting mengatakan…
Keren kak uut.. asi eksklusive buat baby ya kak..
blogger parenting mengatakan…
Oo,, Makasih info nya bun, tapi saya di Medan gak tau apa sebutan lain buat kenikir.
blogger parenting mengatakan…
Hehe, iya mas
blogger parenting mengatakan…
coba asparagus, enak kok mba..
Galeri wisata mengatakan…
Wah berguna sekali nih infonya, biasanya ya bayam n katuk,
April Hamsa mengatakan…
Aku taunya nomor 1 dan 2. Baru tau kalau pare juga bisa yaaa. Pahiitt haha. tapi aku suka kalau pahitnya diilangin dan dimasak pedes nyaaaam, bikin hati seneng dan emang ASI booster banget :D
Erfano mengatakan…
Wah ini saya banget saat anak lahiran. Beli segala macam sayur untuk booster ASI istri. Salah satunya pare, katuk, nangka muda, jantung pisang, pepaya muda. jadi varian menu untuk ibu menyusui
Ida Raihan mengatakan…
Bisa jadi Mbak. Agau hormon.
Shabrina mengatakan…
Aku jaman menyusui serbasalah. Suka sayuran hijau dan butuh u tuk ASI. Tp sayurn hijau bikin asam uratku naik. Jadi aku memilih jalur "mood booster" untuk asi boosterku.
Nanie mengatakan…
Sayur favorite semuaaa. Daun katuk dan kelor itu palinggg enak kalau dimasak bening sama kacang ijo. Wih bikin ASI jadi mancur-mancur deh.
Elva Susanti mengatakan…
Sayurannya semua kusuka mbak. BTW, saya baru tau kl pare juga termasuk bagus utk melancarkan ASI. Noted banget nih buat saya yg masih belajar
Tika Samosir mengatakan…
Bagus banget nih informasinya khususnya buat ibu yang mengASIhi ya. Anak sehat dan asi nya terpenuhi.
Nurhilmiyah mengatakan…
Kak Icha, di mana nyari daun kelor sm asparagus ya... Di pajak dkt kami gak adalah, hehe.. apa di hypermarket x yaa...

blogger parenting mengatakan…
Iya mba April. Saya suka juga ditumis pedas
blogger parenting mengatakan…
Two tumbs up deh untuk suami siaga
blogger parenting mengatakan…
Daun Katuk bikin uric naik juga mba?
Iya iya, kalo mood booster dibawain martabak sama suami enak banget ya.. langsung penuh terisi gentong asi
blogger parenting mengatakan…
Wah.. toss mba..
Ceritajalan.com mengatakan…
Dari semuanya aq cm doyan asparagus sama wortel itupun dlm bentuk sop hihihik
blogger parenting mengatakan…
Dekat rumah ada yang punya pohon kelor kak.. Kalo asparagus sering beli di transmart.
blogger parenting mengatakan…
Iya mba tika
blogger parenting mengatakan…
Hihihi, enak kali sup asparagus
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Andalanku dulu si sayur katuk... Dari kecil emang suka dengan sayur yang satu ini.
blogger parenting mengatakan…
Dibening aja enak ya kak dyah, pake jagung atau tauGe. Apalagi disayur manis..
Waaah enaknya...
Una El-Anshari mengatakan…
Zaman kakakku punya bayik,
Akupun ikut makan daun katuk, saking seringnya masak ituuu 😂
Bocah Udik mengatakan…
Selama ini sih taunya cuma daun katuk katuk kalau untuk memperlancar ASI. Dan baru tau juga kalau pepaya dan bayam itu bisa memperlancar Asi.

Emak selalu masak daun katuk katuk disantan. Tapi Alfie kog kagak bisa lancar ya asinya? #eh :D
noviahimsa mengatakan…
Hmm jd pingin nyoba tumis asparagus kak. Kayaknya enak ��
Riadiani mengatakan…
Refrensu bgt nih buat perbanyak asi aq coba yah nanti mom. Semangat meng ASI hi nih
blogger parenting mengatakan…
Tapi enak kan una,, mmmhhh
blogger parenting mengatakan…
Makan aja na,, sehat kok..

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…