Langsung ke konten utama

Manfaat Mengenalkan Anak Silaturrahim

Ilustrasi: kaskus.co.id



Suasana Lebaran masih terasa kah mak?

Selain sudah berkunjung ke rumah Saudara dan kerabat,  banyak undangan juga untuk open house dan menghadiri Halal Bil Halal ya..

Untuk emak yang punya anak mudah bergaul dan mudah berbaur,  tentu hal yang sangat menyenangkan ketika membawa anak-anak pergi berkunjung silaturrahim. 
Namun buat emak yang punya anak susah beradaptasi dengan  sekitar, maunya cepat pulang, tidak betah berlama-lama di rumah orang lain, tentu mengajak anak pergi juga menjadi terburu-buru dan ikut kurang nyaman ketika anak-anak mulai rewel minta pulang.

Nah, ternyata kita bisa mengubah anak menjadi suka silaturrahim dengan mengenalkan mereka beberapa manfaat silaturrahim buat si anak.
Sebelum pergi kita bisa menceritakan beberapa hal yang menjadi manfaat ketika kita pergi menyempatkan diri untuk bersilaturrahim ke rumah Saudara atau pun kerabat. 

Apa saja manfaat silaturrahim buat anak yang bisa kita ceritakan mak..

1. Silaturrahim membuat anak mengenal keluarga 

Kadang kita tidak sempat untuk sering berkunjung ke rumah saudara,  entah karena sibuknya mengurus anak, mencari nafkah atau jarak yang jauh untuk berkunjung.
Namun,  di hari raya tentu hal ini bukan menjadi alasan. Maka saat inilah menjadi momen untuk mengenal Saudara dan keluarga terdekat.


2. Silaturrahim membuat rezeki menjadi luas

Rasulullah bersabda, 
"Barangsiapa yang suka diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud). 

Maka, sesuai janji Nabi Muhammad bahwa silaturrahim dapat memperluas rezeki dan juga memanjangkan umur.


3. Silaturrahim membuat anak mengenal orang baru

Ceritakan pada anak, nanti saat kita bersilaturrahim maka si anak akan mempunyai teman yang seperti ini, atau seperti itu. 
Ajarkan pula anak untuk mengenalkan dirinya dengan orang baru.

Emak bisa membuat simulasi seakan emak adalah teman baru yang akan diajaknya berkenalan. 


4. Silaturrahim dapat menjadi sebab masuk surga

Jelaskan pada anak bahwa silaturrahim dapat menjadi salah satu sebab kita dimasukkan ke surga.


 Dari Abu Ayub Al Anshari, beliau berkata, seorang berkata, ”Wahai Rasulullah, beritahulah saya satu amalan yang dapat memasukkan saya ke dalam syurga.” Beliau menjawab, “Menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya, menegakkan shalat, menunaikan zakat dan bersilaturahim.”” (Diriwayatkan oleh Jama’ah).


5. Silaturrahim membuat anak gemar berbagi

Jelaskan beberapa rules pada anak saat bergaul dengan kerabat atau orang baru, misalnya saat menyantap sesuatu atau memainkan sebuah permainan.  
beberapa rules yang baik untuk diikutinya misalnya berbagi, bergantian dan tidak main fisik ketika ia tidak senang dengan perlakuan orang baru atau saudaranya. 

Nah, beberapa hal di atas dapat emak ceritakan dengan beberapa penambahan cerita yang menarik menurut versi emak ya..

Misalnya,  paman X pandai mendongeng loh.. nanti ada cerita menarik yang bisa diceritakannya. 

Atau, Kakak Y pandai menggambar.. Coba kamu minta ajari menggambar sama kak Y. 

dan lainnya.

Mudah-mudahan setelah bercerita tentang manfaat bersilaturrahim,  anak emak jadi mudah untuk diajak pergi dan betah ya mak..

Selamat mencoba! 

Komentar

Elsa Hayanin Lubis mengatakan…
Jadi ngrasain makanan lebaran orang lain, rumah orang lain. Buat referensi rumah sendiri nanti wkwkwkwk dasar aku. Minal aidin walfaidzin ya kak cha. Akhirnya beli domain.
Nurhilmiyah mengatakan…
Anak belajar bersosialisasi ya kan, Mak.
chaelliza mengatakan…
Sama-sama ya elsa.
Iya nih, maunya cepat2 jumpa kak alfie biar bisa desain blog nya, hehehe
chaelliza mengatakan…
Iya kak mia.
Emaknya bisa ngobrol, anaknya bisa main. HHehehe
jendelamamak mengatakan…
Sounding yang positif tentang manfaat siturahmi emang bisa memotivasi sih kak. Tapi klo si anak mood nya lagi nggak bagus, siap2 aja semuanya kena rewelnya dia, hehe #curcol
blogger parenting mengatakan…
O iya, biasanya kami menghindari bertepatan dengan jam tidur.
Kalo pas jam tidur, biasanya udah tidur lebih dulu di rumah/ di jalan.
Jadi anaknya gak rewel karena ngantuk
Hydriani mengatakan…
Sejauh ini anakku kalau bertamu senang sekali dia apalagi bertemu orang baru,kakak2 abang2 mungkin Krn masih kecil ya kalo udah besar ga tau deh gimana, ketemu anak saudara pada pegang gadget semua, poninglaa hehe
blogger parenting mengatakan…
Awak lebih suka anak-anak kalo ketemu seumuran trus main di luar. Daripada sibuk gadget masing2 ya kak..

Nufa Zee mengatakan…
Silaturahim bagi emak semacam pindah tempat mengasuh anak ya kak 😁 tapi jadi charger buat emak ketemu sodara atau teman
blogger parenting mengatakan…
Yes Mba zee, asal jangan sampe kedodoran ngawasin anak. Sampe2 mecahin barang yang punya rumah.
Waaah gak kebayang.

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…