Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menciptakan Kebiasaan Tahajud

 

Tips Menciptakan Kebiasaan Tahajud

Selamat datang kembali di blog Emak. Semoga sedang dalam keadaan sehat selalu. Aamiin. Kali ini Ramadhan sudah lewat, Syawal masih membentang. Gimana Mak, kebiasaan baik di Ramadhan masih kah dilakukan?

Mh, menurut beberapa ulama tanda puasa Ramadhan kita diterima adalah ketika kita masih konsisten melakukan ibadah baik seperti yang kita lakukan saat bulan Ramadhan. Salah satunya, tentu shalat Tahajud.

Tahajud

Secara bahasa, tahajud berasal dari kata hujud yang artinya melawan tidur. Secara fikih diartikan sebagai shalat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur.

Meski shalat tahajud merupakan Sunnah Muakad namun ianya sangat dianjurkan. 

Kenapa Shalat Tahajud 

1. Waktu dikabulkannya doa 

Shalat tahajud berada di waktu mustajab. InsyaAllah doa-doa kita dikabulkan. Ketika rajin tahajud kemudian merasa, kenapa ya doaku tidak terwujud? 

Ada dua alasan. Bisa jadi Allah mengganti doa-doamu dengan keselamatan. Yang kedua, Allah menunda hingga waktu yang tepat. Karena Allah mempunyai sifat Al Hayyu, yakni Maha Pemalu untuk tidak mengabulkan doa hambanya yang telah mengangkat tangannya.

2. Diampuninya dosa

Shalat tahajud adalah salah satu penyebab diampuninya dosa kita. Teringat video Ustadz Adi Hidayat yang berkata, cara tercepat mencari perhatian Allah adalah dengan beribadah di saat orang lain sedang melakukan pekerjaan lain. 

Misalnya tahajud. Ketika orang pada tidur, sepi orang beribadah. Maka bangunlah. Minta ampun, minta ijabah doa. InsyaAllah.

3. Sehat Mental

Saat sedang stress banyak masalah, bangunlah. Shalat malam minimal 2 rakaat dapat memperbaiki mood dan emosi yang kita punya. 

Pernah gak ngeliat orang yang tampak tenang padahal masalah segudang di pikiran? Bisa jadi tahajud adalah rahasia kesehatan mentalnya.

4. Sehat Jasmani 

Dikutip dari buku "Pengaruh Sholat Tahajjud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik: Suatu Pendekatan Psiko-Neuroimunologi," karya M. Sholeh, jika dilihat dari sisi medis, sholat tahajud dapat menumbuhkan respon ketahanan tubuh (imunitas) khususnya pada imunoglobulin M, G, A dan limfosit, yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Dengan catatan, shalat tahajud dikerjakan dengan rutin. Selain itu, hadist tentang manfaat tahajud seperti kesehatan mental, diampuni dosa dan dihindarkan penyakit terdapat pada riwayat di bawah ini. 

Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit, “(HR Tirmidzi).

5. Allah angkat derajat kita

Setiap manusia sama di hadapan Allah. Hanya amal lah yang membedakan setiap manusia dengan manusia lainnya. Begitu pula tahajud. 

Secara khusus Allah berfirman pada surat Al Isra ayat 79 yakni: Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."


Tips Menciptakan Kebiasaan Tahajud 

1. Mulai saat Ramadhan

Memang paling mudah ketika membiasakan tahajud di saat Ramadhan. Sebelum sahur, tahajud lah lebih dahulu. Kalo bisa jangan tinggalkan sehari pun. Kenapa?

Tau teori dari Maltz yang menyatakan bahwa manusia butuh sekitar 21 hari untuk membangun habbit baru? Teori ini rilis tahun 1960. 

Makanya jangan berhenti untuk lakukan tahajud saat Ramadhan. Saat ghirah ibadah kita sedang tinggi-tingginya jangan biarkan kesempatan ini hilang begitu saja.

2. Jangan berhenti di Syawal

Haha, kalo ternyata sudah berhasil di Ramadhan jangan berhenti dulu. Karena teori Maltz dipatahkan oleh penelitian terbaru peneliti dari California Institute of Technology (Caltech), University of Chicago, dan University of Pennsylvania menemukan orang membentuk kebiasaan lebih lama, yakni sekitar 4-7 bulan.

Hehe, jangan nyengir dulu. Daripada ngeluh lama amat.. mending mikir ini semua gak lama. Cuma sampe nafas kita terhenti. Kalo berhenti ntar malem berarti ya malam ini yang terakhir. Who knows? Ih serem ih.🤣

3. Pengingat

Pengingat setiap orang berbeda. Tapi pasti ada. Ayolah temukan. Ada orang yang bangun lebih awal daripada alarmnya, ada orang yang mengandalkan pasangan. Ada pula yang saling mengingatkan dalam sebuah komunitas. Karena apa?

Beramal secara jama'i itu lebih mudah daripada sendirian Istiqomah. Yakin deh. Ada semacam pengingat di sana, wah temanku si fulanah harus aku salip nih ibadahnya. (Iri yang begini boleh ya). Namanya fastabiqul Khairat. Artinya berlomba-lomba dalam kebaikan. Ini bagus.

4. Peka dengan Panggilan Allah

Pernah terbangun saat malam digigit nyamuk? Ini adalah hal yang paling Emak sebelin. Bagian kaki ketika digigit nyamuk itu membuat Emak langsung refleks terbangun. 

Ketika bangun ngapain? Jangan ambil obat semprot nyamuk lagi, hayuk shalat.. bisa jadi nyamuk adalah jalan yang Allah kirimkan untuk kita tegakkan shalat malam. 

Apa lagi? Rengekan anak, mimpi yang buruk hingga terbangun, bahkan suara ngorok pasangan yang meresahkan kita adalah anugerah bila kita mampu berpositif ria.

Bahkan udara malam yang terasa gerah bisa jadi adalah panggilan untuk bersujud untuk menumpahkan semua keluh kesah yang kita hadapi selama ini. 

5. Doa sebelum tidur

Sebelum tidur, berdoalah agar Allah membangunkan kita untuk bisa tahajud. InsyaAllah kita akan terbangun di saat malam. Jangan lupa untuk kuatkan azzam kita. 

Jangan sampai ketika sudah bangun, kita lanjut tidur lagi. Ingatlah.. ibadah yang rutin kita lakukan akan tetap dicatatkan oleh Malaikat saat kita sedang uzur tidak bisa melakukan ibadah tersebut misalnya saat haid atau sakit. Enak bukan? Gak ibadah tapi masih tercatat pahala karena rutin kita lakukan.

Hal ini terdapat kiasan pada hadist berikut "Jika salah seorang sakit atau bersafar, maka ia dicatat mendapat pahala seperti ketika ia dalam keadaan mukim (tidak bersafar) atau ketika sehat.” (HR. Bukhari no. 2996)"

Bukan hanya orang sakit dan safar, bahkan wanita haid pun mendapatkan manfaatnya. MasyaAllah. 

Dari sekian banyak pemaparan yang Emak tulis tentang tahajud, masih mau ninggalin tahajud? Yang benar aja? Rugi donk!

Kuy ntar malam kita shalat tahajudbareng ya.. bareng-bareng di rumah masing-masing. 😁






blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

5 komentar untuk "Tips Menciptakan Kebiasaan Tahajud "

  1. Bismillah, semoga bisa istiqomah tahajjud, karena ini adalah ibadah langka ya mak. Ketika orang lain tidur, malah sholat. Ini seperti kiasan mengenai perjuangan untuk sukses itu sulit, kalau mudah, semua orang juga bisa. Begitu juga tahajjud, ada di waktu yang tidak biasa, yakni ketika waktunya tidur. Pastilah yang melakoninya menjadi orang yang spesial.

    BalasHapus
  2. Ketar ketir ntar malam nih soalnya gak sahur sepertinya. Seminggu abis lebaran masih sahur jadi masih memaksakan diri ((memaksakan)) solat malam

    Kayanya kalau gak sahur itu setelah terdengar adzan subuh baru bangun deh
    Aduh. Malu banget ini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga begitu.
      Kalo gak pas sahur, tahajudnya susyeee..
      Kadang tahajudnya dideket-deketin waktunya sama adzan subuh, biar subuh ga kesiangan, tahajud tetap terlaksana.

      Hapus
  3. Huhu sering saya terbangun tengah malam tapi langsung tidur lagi ... seharusnya menjadikannya alarm untuk langsung bangun lalu shalat tahajud ya.

    BalasHapus
  4. Awak masih banyak bolongnya kalo tahajud. 😩
    Harus lebih berusaha sekuat tenaga ini.
    Semangat Tahajud!!!

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️