Mudahnya Membayar Domain dengan Jenius

Hulaaaa.. pa kabar Mak? Di masa new normal ini kita harus semakin ekstra menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga ya. Semoga kita sehat-sehat terus. Oh ya, selain covid 19 ancaman demam berdarah juga tetap ada. Tetap waspada ya.. sembari jaga-jaga boleh baca nih postingan Mba Sugi tentang Minuman Pencegah Demam Berdarah. Semoga menambah insight tentang demam berdarah ya..

Btw, sekitar satu bulan lalu saya dapet email dari Google Domain. Alert bahwa domain saya sudah mau genap setahun. Artinya saya harus bayar "uang sewa domain" bila saya masih ingin memakai laman bloggerparenting.com yang baru setahun saya pakai. 

Oh ya, saya ceritakan dulu saat pertama saya memakai domain blog ini. 2008 lalu saya memakai domain gratis blogspot untuk membuat blog. Saat itu adalah tahun-tahun akhir kuliah. Blog gratisan isinya cuma tulisan curhatan dan beberapa cerpen dan puisi. Hingga sekarang tak saya hapus sebagai jejak dewasa dalam menulis. Hingga si kakak mengajak ikut pelatihan nulis blog tahun 2018 akhir alias 10 tahun berikutnya akhirnya saya mulai rajin menulis.

Domain gratis masih saya pertahankan hingga akhirnya bocahudik.com menawarkan alamat bloggerparenting.com belum punya pemilik. Saya tertarik karena masih menulis bebas di blog meskipun kebanyakan tentang ibu dan anak. Akhirnya karena nama bloggerparenting membuat saya memiliki niche secara tidak sengaja.

Saat itu saya minta tolong sepenuhnya pada Kak Alfie hingga pembayaran langsung ke Google meminjam kartu kredit milik temannya. Maka ketika saya mendapat email dari Google Domain untuk membayar sewa kembali, saya pun otomatis meminta bantuan kembali pada kak Alfie. Sayangnya tidak ada kartu kredit kembali. Waduh saya mulai panik.

Cerita ke sana-sini di grup wa teman-teman blogger akhirnya dapat satu kesimpulan. Bila tak ingin membayar dengan kartu kredit, maka ada dua jalan lain. Yang pertama ke Bank di mana kita memiliki kartu debit. Minta Bank untuk membuat pengaturan kartu debit kita selayaknya kartu kredit. Cara kedua adalah membuat kartu Jenius. 

Setelah menimbang secara matang, akhirnya saya mencoba membuat kartu Jenius. Awalnya hanya mendownload aplikasi Jenius di smartphone. Aktivasinya sangat gampang. Hanya perlu melakukan video call dengan customer service yang bertugas. Namun sayangnya terkendala syarat double verifikasi. 

Bila kita langsung datang ke Bank BTPN maka syaratnya hanya KTP sebagai identitas. Namun bila aktivasi online saya memerlukan dua kartu identitas selain KTP. Misalnya Kartu SIM dan NPWP. Kartu SIM saya tak punya. Sementara NPWP saya enggan memberi karena saya berencana membatalkan kartu NPWP milik saya. Pembatalan itu dikarenakan saya tak butuh dan suami juga punya NPWP. 

Akhirnya saya coba saja datang ke BTPN untuk aktivasi secara langsung. Saat itu bulan Puasa. Berkali-kali mau datang ke sana selalu ada kendala. Akhirnya saya pun datang di hari Rabu tanggal 3 Juni lalu. Masih pukul 10 pagi. BTPN berada di Jalan Putri Hijau Medan, tepat di depan Rumah Sakit Putri Hijau.

Saat saya katakan pada security tujuan saya ke sana, maka saya dipersilahkan naik ke lantai dua. Sekali lagi bertemu security di depan pintu. Saya pun dipersilahkan duduk di sofa depan teller. 

Seseorang menghampiri saya, duh maaf saya lupa namanya. Beliau yang membantu saya mengaktifkan kartu Jenius yang saya ingin miliki. Si Bapak yang ramah itu awalnya menanyakan apa tujuan saya memiliki Kartu Jenius. Saya jawab untuk membayar domain dari Google. 

Lalu ia pun bercerita tentang customer yang membuat tabungan di sana. Dari awal sudah diberi insight agar hati-hati dengan salah guna kartu Jenius maupun akun yang telah aktif di smartphone miliknya. Ternyata ibu tersebut berbohong tentang tujuan memiliki Jenius. 

Ibu tersebut ternyata korban iklan dari pinjaman online. Penipu dari pinjol itu menyuruh si ibu buka tabungan Jenius dengan alasan dana pinjol akan lebih mudah ditransfer ke rekening tersebut. Ibu itu mengikuti semua langkah yang diperintahkan oleh penipu tersebut termasuk berbohong kepada petugas bank. 

Btw, membuka Jenius memang mudah sekali hanya dalam beberapa menit. Apalagi bila sebelumnya sudah mempunyai aplikasi di smartphone sepertiku yang hanya tinggal mengaktifkan saja ke bank. 

Setelah memiliki rekening Jenius dan juga aplikasi yang telah aktif, penipu itu langsung meminta data email, no telepon dan juga kode OTP ketika ia berusaha masuk ke akun ibu tersebut. Sayangnya si ibu terlalu polos memberikan semua yang diminta si penipu demi kelancaran dana pinjol yang diajukannya.

Ternyata si penipu gak puas sampe di situ, ia menyuruh si ibu untuk transfer ke rekening Jenius yang sudah aktif tersebut dengan dalih mengecek apakah benar rekening sudah bisa dipakai. Si ibu lagi-lagi percaya karena merasa itu adalah rekeningnya sendiri. 

Dalam sekian menit, akun sudah berpindah tangan. Data si ibu dicuri oleh penipu untuk mencari korban selanjutnya. Si penipu aman, namun si ibu menjadi daftar pencarian orang Polisi sekaligus OJK. 

Kenapa si penipu suka dengan Jenius? Selain kemudahan bertransaksi, lewat aplikasi tanpa perlu ke teller, Jenius bisa bertransaksi pengambilan uang dan transfer hingga 100 juta tanpa perlu ke teller (CMIIW).  Selain itu ada dua jenis kartu yang dimiliki. Satu kartu fisik, satu lagi virtual. Kartu virtual ini oke banget. Kenapa?

Saya langsung bisa bertransaksi membayar Google Domain menggunakan kartu virtual sepulang dari bank. Kartu virtual ini pun bisa kita isi limit sesuai dengan keinginan kita ketika hendak membayar sesuatu secara online. 

Jadi, tabungan utama bisa mengirim uang ke kartu virtual sesuai yang kita butuhkan seandainya kita takut keamanan kartu virtual kita disalahgunakan (tapi ini belum pernah terjadi, kecuali ceroboh memberi pada yang tidak jujur). 

Nah.. daripada berpanjang lebar lagi bercerita, yuk saya beritahu beberapa langkah mudah membayar Google Domain dengan Jenius. 

1. Buka Rekening Jenius

Untuk memudahkan pengaktifan di Bank lebih mudah bila kita membuat akun terlebih dahulu di Smartphone kita. Jadi proses pembukaan rekening tidak memakan waktu yang lama.

2. Cukup KTP dan Uang Setoran

Terkadang suka ada promo tertentu di BTPN tentang jenius. Jumlah uang setoran pun bisa berbeda tergantung promonya. Coba tanyakan saja pada customer service yang sedang bertugas.


3. Minta Aktifkan Aplikasi Jenius di Smartphone

Minta pada customer service untuk mengaktifkan aplikasi Jenius di smartphone kita agar memudahkan transaksi di mana pun berada. 

Selain itu, ketika rekening sudah aktif, maka kita bisa langsung bertransaksi membayar Google Domain meskipun kartu fisik belum keluar. 


Bagaimana Cara Membayar Google Domain Setelah Rekening Aktif?

1. Buka aplikasi


2. Klik Dashboard



3. Scroll hingga menemukan card center



4. Klik Card center lalu klik lihat ccv 


5. Copy kode CCV dan 16 nomer kartu


7. Buka Email dari Google Domain

Buka email dari Google Domain kemudian ikuti langkah yang diinstruksikan dengan meng-klik tombol "perpanjang". 

Kemudian masukkan 16 digit nomer kartu Jenius dan juga kode CCV. 

Ketika klik bayar, seketika secara otomatis google domain kita sudah diperpanjang hingga setahun ke depan. 

Nah, mudah banget bukan membayar memakai Kartu Jenius. Meski sebenarnya ada temen yang mau membantu meminjamkan kartu Jenius miliknya, namun bukannya tahun depan akan membayar domain kembali?


Nah, daripada menyusahkan teman berkali-kali mending kita buat rekening kita sendiri.

Selamat mencoba. 


Reactions

56 comments:

  1. aku pengen mengaktifkan jenius
    di sini ada fitur pembagian keuangan bukan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener. Jenius punya 2 kartu. Satu kartu m card alias kartu fisik layaknya ATM. Satu lagi e card alias kartu virtual. Lalu tabungan sendiri bisa dibagi menjadi 3 jenis. Jadi duit kita bisa kita bagi2 sesuai pos yangingin kita bedakan

      Delete
    2. Eh iya bisa langsung dibagi
      Ya cha. .
      Awak sedang mikir buka rek satu lagi, pake jenius praktis juga ya

      Delete
  2. Wahh ternyata Jenius bisa buat bayar domain. Keren euyy.
    Baca sharing tentang cust yang kena tipu pinjol juga buat kita harus lebih hati2 dalam bertransaksi menggunakan aplikasi apa saja. Thx reviewnya kak.

    ReplyDelete
  3. Aku punya jenius juga, cuma aku agak bingung,,kalau transfer ke bank lain apakah kena biaya charge 3ribu atau free ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free kak.dalam sebulan ada jatahnya. Coba kakak liat diaplikasi. Ada kok keterangan kita punya berapa kali free transaksi

      Delete
  4. Adanya aplikasi yang memudahkan untuk pembayaran domain bikin kita nggak bingung lagi deh. Buat rekeningnya juga mudah.
    Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi inget temenku yang memilih untuk ngga punya rekening bank. Tapi dia punya jenius. Katanya lebih mudah dan lancar untuk transaksi. Baca artikel ini jadi makin penasaran pengin cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, beneran mudah pake jenius. Bahkan kalo mau transfer bisa gratis dalam beberapa kali transaksi dalam sebulan meski beda bank

      Delete
  6. bisa transaksi sampai 100 juta tanpa perlu ke teller.
    Wah emang kudu hati-hati ya kalau gini, jangan sampai kejadian kayak si ibu itu terjadi lagi. Berharap dapat pinjaman online, malah kehilangan duit dan juga nama baik

    ReplyDelete
  7. Asik ya, tinggal install Jenius. Dulu pas kita gak punya kartu kredit, kita biasanya nebeng kartu kredit teman, minta tolong buat dibayarin uang perpanjangan domainnya. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Aku pun dulu begitu. Daripada bolak-balik nyusahin mending buat aja deh..

      Delete
  8. Jadi ingat deh, dulu teman yang kerja di BTPN pernah ajak aku buka Jenius. Gampang banget dia bilang. Mana diterima pula di berbagai negara. Tapi kok aku nggak kunjung bikin ya? Wkwkwk ...

    Ternyata manfaatnya juga bisa untuk membayar perpanjangan domain, baiknya segera unduh, nih.

    ReplyDelete
  9. Nice info gan. Tapi sayangnya di kotaku belum ada kartu jenius ini. Jadi kalau mau bayar online ya harus transfer lewat ATM.

    ReplyDelete
  10. Temanku dah ada yg gunain aplikasi ini kak. Katanya bagus dan mudah untuk bertransaksi. Kasihan ya si ibu itu. Kita harus lebih hati-hati untuk segala macam daya tipu mereka. Jangan terjebak dengan perangkap mereka.

    ReplyDelete
  11. wah, makin mudahnya dengan jenius. Perlu dicoba nih. Nggak perlu punya buku rekening pula. hehe

    ReplyDelete
  12. Udah pake kartu Jenius nih jdnya... Gak cm bs buat bayar domain, bayar apa aja bs ya, kemaren abis perpanjang domain, byr tv kabel ama debit di minimarket

    ReplyDelete
  13. Kalau una sih buat jenius sambil ngemall kak, hahaha
    Ada di cepo dan kerpur, atas ajakan the only mamak kos hihihi

    ReplyDelete
  14. Keren ya jenius bisa bayar apa aja tanpa potongan biaya, semoga makin banyak bank yg kayak gini ya :)

    ReplyDelete
  15. Wah kayaknya aku perlu juga nih buka kartu jenius nih kak daripada bikin kartu kredit yang lebih riskan ya, kalau ini saldonya kan bisa kita isi terserah kita ya kak

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata gampang banget ya kak, membayar domain dengan kartu jenius. Saya juga sama, masih suka ngerepotin teman kalau mau memperpanjang. Lumayan nih infonya, insyaa Allah saya coba tahun depan hehehe

    ReplyDelete
  17. Aku blm punya Jenius. Brarti harus apply Jenius dulu, di Medan kl ga salah di lt 1 sun plaza mall ada standnya.

    ReplyDelete
  18. Lucunya pas aktivasi registrasi musti VC, eh kt staf nya kartu kakak kurang jelas, terpaksa dtgi bank nya hehe

    ReplyDelete
  19. jadi kak si ibu tadi kek mana cerita selanjutnya? kok jadi kasian awak. bayaaadah. terus gk ada perlindungan konsumen gt kak dr btpn sndiri?

    ReplyDelete
  20. Jenius memang sangat membantu ya, Mbak. Saya pakai untuk bayar promosi pakai IG ads, iuran Netflix, dll. Mumpuni banget sebagai pengganti kartu kredit 😄

    ReplyDelete
  21. Nampaknya tulisan ini bikin aku auto pengen nebeng bayarin pas nanti perpanjangan domain.
    Hihi

    ReplyDelete
  22. Terima kasih review nya. Jadi pengen coba pake jenius.

    ReplyDelete
  23. baru ngeh gak punya sim wkwkwkwk kak chaaa itu minimal saldonya ada gak? pengen jg. brhubung bulan 8 akan habis masa domainnya huhu

    ReplyDelete
  24. Dua tahun ini saya bayar domain dengan pinjem kartu kredit temen. Emang sih langsung dibayar, tapi ya tetep aja jadi ribet karena harus ngerepotin temen. Kayaknya bisa dicoba ini jenius mak.

    ReplyDelete
  25. aku baru tau ternyata jenius bisa buat bayar dan memperpanjang domain, selama ini aku kalo perpanjang domain dari ovo. lain kali aku cona

    ReplyDelete
  26. Aku beberapa kalo ditawarin buka jenius pas jalan2 di mall. Tapi belom pakai juga, padahal bebas administrasi ya Kak. Wah memudahkan nih semua bs bayar pakai Jenius.

    ReplyDelete
  27. Mungkin bisa dikategorikan kalau pengguna Jenius ini emang Jenius. Hahaha

    Aku pake Jenius juga kak. Lumayan bisa digunakan sebagai pengganti kartu Mrt di Singapura. Sangat membantu

    ReplyDelete
  28. Semudah itu, sekarang, kalau mau punya rekening digital seperti jenius... Tak perlu antre atau berpanas-panasan. Memang mudah sekali.

    ReplyDelete
  29. wah kalau pakai domain dari google ada ribet ya mba bayarnya. untung sekarang ada jenius ya jadi aman deh mau perpanjang domain. seru juga nih bikin jenius untuk virtual card. biar mudah bertransaksi ya. terima kasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  30. Jadi juga ternyata bikin kartu Jenius untuk membayar domain di Google ya, Mbak. Memang sangat mudah transaksi dengan Jenius, cuma harus hati-hati biar tidak disalahgunakan orang lain. Dan kalau mau transaksi online baiknya pakai kartu virtual aja dan ditop up sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  31. Bisa saling mengingatkan kita nih Cha insyaallah untuk tahun2 mendatang biar gak kena masa tenggang krn kelupaan ya

    ReplyDelete
  32. Aku pake jenius ini gara-gara banyak blogger yang campaign. Penasaran kan, soalnya bisa bikin dari rumah. Pas bikin, ternyata manfaatnya banyak banget. Sering aku pake buat perpanjang subscribe bacaan digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah campaign sekarang juga bisa pakai jenius ya mba? jadi penasaran pengen buat juga, hihi. makasih infonya.

      Delete
  33. Aku mau buat kartu jenius gak sempat-sempat walau bisa dilakukan secara online... Apalagi bisa digunakan untuk membayar perpanjangan domain

    ReplyDelete
  34. jadi pengen pnya jenius aplgi bisa sbgi cc ya kak..untuk transaksi darurat bermanfaat banget nih..mksh infonya..

    ReplyDelete
  35. Emang menolong banget sih jenius ini, bisa jadi Credit Card juga, dan ternyata bisa bantu buat bayar domain

    ReplyDelete
  36. Saya pernah mau buka rek jenius tapi verifikasinya harus datang langsung ke counternya ya, dan di prvinsi saya cuma ada di kotanya, sedangkan saya ada di kabupaten. Jadi sampai sekarang nggak kesampaian deh bikinnya.

    ReplyDelete
  37. Saya baru mau nyobain Jenius juga nih mba. Sebelumnya masih pakai kartu kredit suami. Tapi kami mempertimbangkan untuk stop CC biar lebih disiplin atur duitnya. Wkwkwk. Terima kasih sarannya.

    ReplyDelete
  38. Aku kira jenius itu hanya bisa dipakai oleh anak-anak saja. Ternyata bisa juga buat para emaknya ya. Makasih sharingnya Mak.

    Itu kasus kayak si ibu itu, jadinya gimana? Apanterus dibekukan juga akunnya?

    ReplyDelete
  39. Dengan adanya dompet virtual memang sangat memudahkan ya untuk bayar apapun ya. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  40. dompet virtual seperti ini memang sangat bermanfaat ya
    apalagi jenius sudah bisa dipakai untuk bayar domain

    ReplyDelete
  41. aku pemakai setia jenius, untuk transaksi online bisa menggunakan e-card dan pastinya aman

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews