Semangat Berbagi Semangat Islami


Coba renungkan.. minimal sekali saja dalam hidup, pasti kita pernah menerima kebaikan dari orang yang tidak kita kenal. Kalau saya? Jangan ditanya! Rasanya Allah begitu baik selalu mengirimkan orang-orang baik dalam hidup saya. 

Saya gak mau kepedean menyatakan kalau ini dikarenakan saya berbuat baik. Namun saya selalu percaya, doa ibu dan perlakuan baik ibu serta almarhum ibu mertua saya memang luar biasa ke orang lain. Tidak sekali dua kali, teramat sering bila bertemu dengan orang yang mengenal ibu mertua saya akan meneteskan air mata merindukan beliau yang selalu berbuat baik pada tetangga. 

Izinkan saya menceritakan pengalaman yang baru-baru ini terjadi ketika saya menggantikan posisi suami menjadi kurir yang membelanjakan seseorang yang tidak saya kenal. Belakangan ini memang kami menjadi kurir "belanja dapur" saat pandemi covid 19 mulai heboh di Medan. Namun sebenarnya kami hanya melayani perbelanjaan dalam satu kelurahan saja. Maka ketika  seseorang yang tidak dikenal minta tolong dibelanjain ke supermarket dan dikirim ke luar kota lewat kiriman kereta api, saya agak ragu membantunya.

Saat itu ia memang butuh sekali bahan belanja untuk keperluan berdagang di kotanya. Saat saya tahu bahwa ia berdagang di saat sulit ini untuk mempertahankan delapan karyawannya yang butuh menafkahi keluarga. Saya pun langsung cepat bergerak. Bukan hanya berbelanja namun juga pergi mengirimkan paket belanjaan ke layanan kereta api. 

Saya yang terburu karena harus segera menjemput anak yang dititip sementara ke rumah neneknya, melewatkan isi bahan bakar. Setelah selesai tugas mengantar paket baru berniat mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina pusat. Namun, tepat di simpang TVRI Medan dan JW Marriott motor saya mati. Terbayang wajah anak yang menunggu dan juga panas terik membuat dahaga. Dalam hati pun tak ingin mengeluh, hanya berucap "Ya Allah mudahkan.."
Tak jauh mendorong motor, di depan SAMSAT seseorang menghampiri. 

"Ibu, kehabisan bensin?" Tanya orang tersebut.
"Iya.." jawabku masih mengenakan masker dan helm yang belum dibuka. 
"Bu naik aja, saya dorong dari belakang sampai SPBU" ujarnya
"MasyaAllah, Alhamdulillah terimakasih banyak ya.." ucap saya penuh syukur.
"Saya lihat ibu sejak di simpang, akhirnya putar balik karena terbayang gak tega mendorong sampai SPBU" katanya lagi saat mendorong motor saya dari belakang.
"Ya Allah.  Terimakasih banyak ya.. Semoga sehat selalu dan rezeki lancar ya.. " berkali-kali mengucapkan terimakasih dan juga Hamdallah karena Allah menolong saya melalui orang tersebut. 

Saya yakin, saya tak akan bisa membalas kebaikan orang tersebut karena tak mengenalnya. Namun saya yakin, ketika seorang menebar kebaikan maka ia menebar aura positif yang akan kembali lagi kepadanya. 

Semangat menebar kebaikan dan berbagi ini juga mengingatkan saya pada seorang ibu yang tinggal di sekitar Medan Tembung. Beliau adalah Bunda Siti Saleha. Awal saya mengenalnya dari sebuah Rumah Tahfizh yang berdiri di dusun 4 Desa Bandar Setia, Percut Sei Tuan, Deli Serdang.
Bunda Saleha, pic from IG RumahTahfizh

Rumah Tahfizh Al Fatih, begitulah saat pertama kali dibuka sekitar empat tahun lalu. Rumah Tahfizh ini berdiri karena kenekatan Bunda Saleha. Di sebuah kesempatan beliau pernah mengisahkan terbesit keinginan untuk memiliki sebuah tempat mengaji dan menghafal Al-Qur'an gratis untuk penduduk sekitar sejak lama. 

Pertama kali membuka pendaftaran lebih dari 100 anak mendaftar termasuk anak saya. Luar biasa animo masyarakat dan membuat beliau bahagia karena tempat ini bermanfaat bagi umat. 

Semua Ustadz dan Ustadzah yang mengajar di sini diberi ganti uang transportasi dari kantong beliau sendiri. Tak puas dengan pengajian anak, setiap sebulan sekali beliau pun mengadakan pengajian untuk wali santri lengkap dengan snack gratis.

Perempuan kelahiran Binjai, 26 Juni 1976 ini pernah terharu saat wali santri berkata "Kami juga ingin berkontribusi bunda.. izinkan kami yang menyiapkan snack saat pengajian wali santri." Sontak bunda Saleha menangis haru.

Begitulah, Kebaikan Berbagi itu menyebar dan bisa jadi kembali lagi ke pelakunya. Beliau pun pernah mengisahkan saat memberi sepatah dua kata saat pengajian, bahwa langkahnya berbuat kebaikan ini selalu dimudahkan Allah. Bahkan kini beliau mampu mendirikan TK dan SD IT Al Fatih. 
Yayasan yang didirikan Bunda Saleha

Suasana SD IT Al Fatih

Dan semangat menebar kebaikan ini pula sejalan dengan kebaikan berbagi Dompet Dhuafa. 


Sekilas Tentang Dompet Dhuafa

Sejak tahun 1993 Dompet Dhuafa berdiri sebagai  Lembaga Amil Zakat milik masyarakat. Dompet Dhuafa berkomitmen untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf (ZISWAF) dan dana sosial lainnya bukan hanya dari individu, tapi juga masyarakat, lembaga maupun perusahaan.

Salah satu perintah ZAKAT yang terdapat dalam Al Qur'an  terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 43; 
وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ


Artinya : Dan dirikanlah Shalat , tunaikan lah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk. 


Zakat secara harfiah adalah memberatkan berkah. Namun, manfaat zakat ternyata banyak sekali. 


Manfaat Zakat:

1. Zakat itu menyucikan harta kita.
Terdapat dalam Alquran, di surat At Taubah ayat 103.

2. Dapat menciptakan rasa saling mengasihi antara kaya dan miskin. 

3. Dapat mengecilkan jurang pemisah (jarak yang jauh) antara si kaya dan si miskin.

4. Dapat menciptakan hidup yang lebih baik karena kekayaan tidak hanya beredar di kelompok tertentu. Tapi juga menyebar.

5. Menjalankan rukun Islam yang berhubungan dengan kehidupan sosial sebagai manusia.

6. Memotivasi kita agar mendapat harta sehingga di kemudian hari kita menjadi pelaku zakat.


Dengan begitu banyak paparan yang saya sampaikan, setuju kan dengan kebaikan berbagi? Karena kebaikan jangan berhenti pada diri kita sendiri. Tebarkanlah dan raihlah kebaikan berlipat-lipat.



Warning:

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”




Reactions

88 comments:

  1. Duh ini tulisan benar-benar mengingatkan saya untuk selalu berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang status sosial. Kadang malu sama Allah yang begitu baik pada saya sedangkan saya masih suka berhitung dengan manusia lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba..
      Tulisan ini juga jadi reminder buat saya. Sama-sama saling mengingatkan ya mba

      Delete
    2. Baik banget yaaa Abang itu. Ya itulah kadang alhamdulillah banget ya masih banyak orang baik di sekitar kita.

      Delete
  2. Wah kisah yang sangat inspiratif. Batuan yang diberikan oleh orang untuk mendorong sepeda mbak hingga ke SPBU sepertinya sederhana tetapi sangat bermanfaat sekali. Hal ini mengingatkan saya untuk melakukan kebaikan serupa. Siapa tahu hal kecil yang saya lakukan bisa bermanfaat bagi orang lain. Makasih mbak atas sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba ..
      Saya juga berusaha membalas kebaikan yang saya terima dengan berbuat baik kepada orang lainnya.

      Delete
  3. Jadi inget sekolah di deket rumah juga namanya Al Fatih. Bantuan kecil yang diceritakan di atas bikin terharu. Justru kita luput dari hal2 sederhana seperti itu ya mba. Sharingnya bikin semangat untuk berbuat baik 😍

    ReplyDelete
  4. Awalnya dari semangat berbagi dan memberi dalam hal terkecil.. dam meningkat menjadi sebuah entitas..lanjut ke sebuah komunitas..dan tidak mungkin akan terus tumbuh dan menjadi besar . . . Sebesar DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bang Iyus, semoga hal kecil yang dilakukan akan membesar seperti gulungan bola salju

      Delete
  5. Jujur saja artikel ini benar-benar mengetuk hati siapapun yg membacanya. Membuat diri tergerak untuk ingat selalu berbagi ke sesama. Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bang Rokhim. Ini juga reminder buat saya.

      Delete
  6. Pernah banget kehabisan bensin saat di jalan sepi, udah gitu masih hutan-hutan maklum kalimantan, alhamdulillah ada yang lewat dan menyedot bensin di tangkinya buat berbagi denganku, trs sama-sama ke penjual bensin terdekat. Berbagi memang indah

    ReplyDelete
  7. semoga dompet dhuafa dapat menyalurkan donasi dari donatur secara amanah ya kak Amin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya kak bayu.. Alhamdulillah selama ini dompet dhuafa selalu terbuka.

      Delete
  8. Bunda Siti Saleha inspiratif ya Cha, semangat menebar kebaikannya perlu kita teladani, senang ya bs mendapatkan motivasi dari orang2 baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. semoga semakin banyak yang terinspirasi

      Delete
    2. Betul sekali ya bahwa zakat itu bisa memperkecil jarak antara si kaya dan si miskin ya. Dengan dikasih zakat akhirnya terjadi silaturahim antarwarga

      Delete
    3. Semoga kita semua semakin bersemangat menunaikan zakat, infaq dan sedekah ya, dan dibalas dg kebaikan yg lebih banyak lg. aamiinn

      Delete
  9. Membaca tulisan ini membuat saya Teringat dengan apa yang pernah alami saat mudik dan kehabisan biaya diperjalanan, dan ada ajjah orang yang baik hati membantu hingga bisa sampai di kampung

    ReplyDelete
  10. Paparannya lengkap banget, Mbak. Membuat siapa saja yang membaca terketuk hatinya untuk ikut berbagi dan lebih peduli. Semoga menang ya ... semangat ✊✊

    ReplyDelete
  11. Islam itu indah banget. Berbagi itu sebetulnya mudah, semudah kita tersenyum. Asalkan hati tulis, besar kecil hal yang kita bagikan akan tetap besar pahalanya di mata Allah.

    ReplyDelete
  12. Bagaimana pun harta kita masih bercampur oleh hak orang lain. Jadi kita harus banyak bersedekah atau pun zakat.

    ReplyDelete
  13. setuju mbak, kadang kebaikan itu berlanjut ya mbak. saya yakin mbak dpt pertolongan pas mau ke spbu itu jg krn kebaikan mbak, dan bapak yg nolong itu jg insyaAllah akan mendapatkan kebaikan di dunia jg di akherat. aamiin

    ReplyDelete
  14. Benar sekali, Mbak Icha. Tak terhitung berapa banyak kebaikan orang yang saya terima. termasuk saat saya dalam perjalanan. Makanya hal itulah yang memposisikan diri saya, agar terus semangat juga menebar kebaikan, setidaknya lewat tulisan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya banyak bersyukur ya mas Bambang

      Delete
    2. Bener banget mas bambang, setidaknya ada hal yang sudah orang lakukan kepada orang lain dan kita teruskan ke orang lain. Salah satunya ilmu. Kita dapat ilmu dari orang lain dan kita sampaikan ilmu itu ke orang lain juga

      Delete
  15. MasyaAllah kebaikan berbagi luar biasa ya. Alhamdulillah saya juga mulai membiasakan diri membayar zakat sejak ada penghasilan sendiri. Pernah juga setor zakat lewat dompet dhuafa ngerasa banget kelebihannya semua laporan zakat transparan kita terima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, dan zakat juga dikelola lebih baik agar tidak hanya menjadi "ikan" ya Mba, tapi jadi "alat pancing"

      Delete
    2. Alhamdulillah dompet dhuafa transparan ya Mba

      Delete
  16. Saya setuju, kebaikan berbagi itu akan menular, akan berbalik kebaikan lagi pada diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nanik. Apalagi kita berbagi dengan ikhlas, Allah langsung cepat membalasnya.

      Delete
    2. Kalau orang tua saya dulu sering nolong orang, kalau ditanya alasannya bilangnya gini "Biar anak-anak nanti diperantauan juga ada yang menolong kalau ada kesulitan"

      Delete
    3. Kalau saya, sayanya yg mikir begitu.
      Mudah2an nanti keluarga saya juga ditolong Allah dengan mempertemukan kami dgn orang orang baik yg mau membantu kelak

      Delete
  17. Bener kak, manfaat zakat itu banyak sekali. Bukan hanya bagi yang menerima tapi juga bagii kita yang memberi. Yakn gak akan merugi jika kita berbuat baik

    ReplyDelete
  18. Bener mba. Hidup aku juga allhamdulillah slalu ditolong oleh orang-orang yang baik. Aku jadi belajar dari mereka tentang ketulusan. Karena setiap kebaikan da ketulusan yang kita berikan pada orang lain, akan kembali pulang pada si pemberinya. Allhamdulillah sekarang kita bisa berbagi kebaikan dengan siapun dengan mudah dengan adanya lembaga terpecaya dompet dhuafa ya

    ReplyDelete
  19. Kebaikan yang kita lakukan memang sebenarnya akan berbalik kepada diri kita lagi. Mungkin bukan dari orang dan nominal yang sama. Ini merupakan rahasia Allah. Begitu pula dengan waktunya. Bisa besok, lusa, minggu depan, tahun depan, atau malah dalam hitungan menit saja. MasyaAllah ...

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah kebaikan Bunda Siti Saleha ini benar benar menginspirasi ya. Tidak rugi orang yang selalu menebar kebaikan berbagi walaupun dikala sedang susah karena pasti kelak dibalas sama Allah

    ReplyDelete
  21. Benar sekali mbak, aku terkadang juga teringat kepada seseorang yang tidak aku kenal tapi dengan baiknya memantu aku mendorong motor saat aku kehabisan bensin di jalan dan mengantarkan sampai pombensi. aku belum sempat membalas kebaikannya.

    ReplyDelete
  22. Hal hal yg receh namun bikin haru sering kurasakan. Pernah pas aku kehabisan bensin sedangkan di tempat ku Kalo magrib bensin eceran pada tutup. Aku mendorong motor ku dgn keadaan kaki ku yg Sakit. Tidak disangka Ada orang yg ga dikenal yg nolongin aku. Terharu banget rasa nya. Sejak saat itu aku bertahan utk menebarkan kebaikan sebanyak yg aku bisa

    ReplyDelete
  23. Gak akan pernah rugi menebar kebaikan ya cha..
    apa yang engkau tanam, itu yang engkau tuai.
    jika benih kebaikan yang ditanam, kebaikan itu sendiri yang akan dituai...

    ReplyDelete
  24. Masha Allah, pengalaman yang luar biasa. Berbagi kebaikan itu ternyata mendatangkan pintu pertolongan dan kebaikan lainnya.

    ReplyDelete
  25. Saat Kita niat membantu orang lain, kebaikan itu akan kembali pada Kita. Allah akan memudahkan semua urusannya, akan ada yang membantu juga saat Kita kesulitan. Insyaallah berbagi itu akan berbuah kebaikan.

    ReplyDelete
  26. Masya Allah. Kisahnya sungguh inspiratif.
    Semoga semakin banyak Bunda Saleha lainnya.

    ReplyDelete
  27. Masha Allah, pas juga bulan penuh berkah gini, semangat berbagi melalui dompet dhuafa, karena dompet dhuafa is the best deh, selalu hadir terkemuka di setiap yang membutuhkan.

    Semoga Allah memberkahi semangat berbagi kita semua, aamiin :)

    ReplyDelete
  28. Suka banget sama kisah inspiratifnya semoga berkah ya. Dan memang bener manfaat zakat itu banyak banget untuk kebaikan muzaki dan penerima juga.

    ReplyDelete
  29. Tulisan yang mencerahkn.. Apalagi Ramadhan gini. Semangat berbaginya Harus tambah gedhe y mb.

    ReplyDelete
  30. Saya sudah lama mengenal dompet dhuafa. Memang terpecaya dan terbaik 🙏

    ReplyDelete
  31. MasyaAllah, berbuat baik itu nggak pernah sia-sia memang. InsyaAllah ada balasannya secara langsung atau tidak langsung. Mumpung bulan Ramadan harus banyak berbagi, salah satunya lewat Dompet Dhuafa ya.

    ReplyDelete
  32. Iya mbak... Udah banyak kebaikan orang yang gak dikenal. Bisa jd itu cerminan kebaikan kebaikan kita di masa lampau. Makanya sekecil apapun selalu berbuat baik karena memang akan kembali lagi ke kitanya...

    ReplyDelete
  33. Saya berbuat baik karena jika tidak rasanya kepikiran. Kadang saya mendapat balasan. Tapi yang terpenting bagi saya adalah saya mampu dan batin serta pikiran saya tidak tersedot ke sana

    ReplyDelete
  34. Subhanallah. Semoga terus diberi kesehatan untuk menyebarkan kebaikan ya. Aku dari kecil juga dididik seperti itu, berbuat baik nggak perlu mengharap imbalan. Pasti nanti adaaaa aja.

    ReplyDelete
  35. Alhamdulilah,selalu ada keabikan tak terduga

    andai semua mau menebar kebaikan dengan ikhlas dan tak mudah curiga, niscaya hidup akan lebih baik ya?

    ReplyDelete
  36. Menebar kebaikan bisa diawali dengan melakukan hal yang terkecil tetapi dampaknya besar, sama seperti yang telah dilakukan oleh dompet duafa yang saya ketahui..

    ReplyDelete
  37. Dengan menebar kebaikan insyaallah kita akan dapat kepuasan hati yang tidak bisa diukur dengan rupiah, apalagi dimasa sulit seperti sekarang ya mba.
    Dompet Dhuafa merupakan salah satu lembaga yang menginspirasi saya dengan segala pesan baiknya

    ReplyDelete
  38. Senantiasa melakukan kebaikan karena kita tidak tau lewat jalan yang mana kebaikan itu kembali lagi kepada kita.

    ReplyDelete
  39. Orang baik ad di mana-mana ya. Semoga semakin banyak orang baik dan kita pun bisa menjadi orang baik :)

    ReplyDelete
  40. Berbagi kebaikan sekarang semakin mudah ya...
    Ada Dompet Dhuafa yang siap membantu ya

    ReplyDelete
  41. semoga program dompet dhuafa dapat bermanfaat untuk masyarakat yg membutuhkan bantuan ya apalagi ditengah kondisi pandemi seperti ini. Emang bagus2 sih programnya

    ReplyDelete
  42. Masya allah. Di saat bensin habis, ada orang baik yang nggak dikenal dan memmbantu itu rasanya luar biasa banget ya Mba.

    ReplyDelete
  43. Banyak kudapatkan kisah betapa sedekah dapat menolak Bala. Pertama kali tahu hal ini lewat newsletter yan g dikirimin Dompet Dhuafa belasan tahun silam, sedekah menolak bala dan melapangkan urusan. Dan nyatanya kurasakan banget sekarang ini.

    ReplyDelete
  44. Kisah si ibu inspiratif banget ya. Kebaikan berbagi tak pernah mengurangi harta kita.

    Dompet Dhuafa juga konsisten melakukan kebaikan dengan terus berbagi.

    ReplyDelete
  45. Dompet Dhuafa ini sudah dikenal cukup lama banget. Biasanya memang pasti yang terbesit untuk kebaikan. Makin semangat pastinya berbagi kebaikan di bulan ramadhan ini yah. Dengan berbagi rezeki melalui zakat pastinya banyak yang akan terbantu.

    ReplyDelete
  46. Ternyata kebaikan yang ditebarkan pada seseorang akan berbalik kepada kita dengan cara yang ngak diduga, jadi jangan takut berbagi karena ada banyak hal yang akan kita dapatkan selain kebaikan di dunia dan akherat.

    ReplyDelete
  47. Semakin banyak yang berbuat baik, semakin banyak yang menerima kebaikan ini ya mba

    ReplyDelete
  48. Bacaan yang sangat bagus di bulan ramadhan. Aku ya kadang bingung pas buka sosmed atau aplikasi lain, malah yg keluar bacaan-bacaan toxic. Ini penyegaran banget buat aku. Saling mengingatkan memang baik ya.

    ReplyDelete
  49. Cerita yang inspiratif, mbak. Terima kasih sudah mengingatkan pembaca untuk terus berbagi kebaikan. Goodluck ya untuk lombanya.

    ReplyDelete
  50. Benar sekali, menebar kebaikan itu menular karena akan menginspirasi orang lain yang mengetahuinya. Berkah pandemi, semoga semakin banyak pula orang yang menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  51. Saling menebar kebaikan dengan cara seperti ini bagus dan tepat juga apalagi pas di bulan Ramadhan ini, jadi semangat belomba-lomba dalam kebaikan

    ReplyDelete
  52. Kebaikan harus ditebar dimana aja ya yang teristimewa ketika bulan ramadhan penuh keberkahan 😊

    ReplyDelete
  53. Bener ya kak,
    Berbuat baik itu lakukan saja, tanpa memandang bulu, terlepas dibalas atau tidak, Insyaallah kita dapat pahala..
    Pastinya dibalas, kalau tidak kepada kita, anak cucu yang nanti terima

    ReplyDelete
  54. MasyaAllah ya Kak
    Jaman sekarang mau Zakat / sedekah aja semakin dimudahkan.
    Keren nih program nya Dompet Dhuafa.
    Sukses ya..

    ReplyDelete
  55. Berbagi kebaikan itu memang tidak pernah rugi ya mbak. Pasti ada hikmah dan kembali pada kita dengan hal yang lebih baik.

    ReplyDelete
  56. Hampir sama pengalaman kita, saya motor suka mogok di jalan kak, mesti diengkol, selalu bersyukur selalu ada saja yang mau menolong

    ReplyDelete
  57. MasyaAllah ... Banyak sekali ya manfaat zakat. Segala bentuk kebaikan memang harus disegerakan. Saling mengingatkan dalam kebaikan pun sangat dianjurkan. Tolong-menolong adalah suatu kebutuhan.

    ReplyDelete
  58. Masyaa Allah, smg makin banyak yg tergerak hatinya utk berbagi ya mbak. Aamiin.

    Krn dgn berbagi membuat hati tenang dan rezeki bertambah

    ReplyDelete
  59. Setuju bgt, kadang kita membantu orang lain, bukan brarti dia yg akan balas, tp bs jd orang lainlah yg akan balas 😊🙏

    ReplyDelete
  60. masyaAllah ada aja ya kak pertolongan Allah itu ke kita. dan tidak diduga2.

    ReplyDelete
  61. Sebenarnya kak, adek itu merasa senang apabila bisa membantu orang lain. Tapi kadang adek sering dikompor-komporin juga jangan pedulikan orang lain karena orang lain belum tentu bisa bantu juga. Huft, tapi itulah yang dikatakan orang rumah adek kak. Padahal Allah sendiri yang menjajikan kebaikan apabila membantu orang lain.

    ReplyDelete
  62. Kebaikan yang berantai, memang pasti terjadi. Suatu saat kita pun akan mendapatkan kebaikan meski bukan dari orang yang kita tolong

    ReplyDelete
  63. Setiap kebaikan yang kita lakukan pasti akan dibalas ya kak. Mungkin kakak banyak dibantu org baik krn kakak juga berbuat demikian ke org lain. Semoga kita semua senantiasa berbuat baik kepada sesama

    ReplyDelete
  64. Saya banget ini sering tiba2 dibantu ama orang yang nggak dikenal. Dan memang itu jadi pelecut diri sendiri supaya bisa berbuat baik juga ke orang lain.

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews