agar kakak tidak cemburu pada adik baru



Kelahiran bayi adalah moment yang ditunggu-tunggu orangtuanya.  Namun, ternyata ada yang tidak senang ketika anggota baru muncul.
siapa dia?
Kakaknya.


Duh, kok bisa ya mak si kakak gak senang dengan kehadiran makhluk imut yang baru?

Ada banyak faktor.
pertama, bisa jadi karena umur yang tidak berbeda jauh dengan kehadiran adik.

Kedua, merasa perhatian orangtua sudah beralih ke si adik.

Ketiga, menganggap adik adalah saingan. wah, apalagi kalo sebelum lahiran, calon kakak sering ditanamkan kata-kata yang tidak baik oleh orang sekitar. Misalnya,  "iiih,  nanti kamu gak disayang lagi sama mama, mama punya adek baru".
Dan kata-kata serupa lainnya.


Nah, di rumah kami sendiri beda anak ke empat dengan si adik persis 1,5 tahun.
Jelas sibling rivalry akan lebih kental terasa. Apalagi si kakak masih tetap menyusu.

Jadilah emak tetap antisipasi sadari awal dan warning ke paksu agar melakukan beberapa tips seperti di bawah ini, agar si kakak tidak cemburu pada adik barunya.

♥ jangan ada hak si kakak yang berubah

Misal si kakak masih menyusu, jangan katakan bahwa sekarang sudah milik adik, tidak boleh lagi menyusu,  karena di umur toddler si kakak tidak akan bisa menerima bahwa miliknya tiba-tiba berpindah tangan mendadak diambil oleh makhluk baru.


♥ beri perhatian ekstra si kakak

bayi baru lahir tidak akan mengerti bila kita melebihkan sementara si kakak agar tidak cemburu.
Sebaliknya, si kakak akan merasa diasingkan bila kita terus bersama si bayi.

Jadi, paksu lebih banyak bermain dengan si kakak, dan ketika bayi tidur emak pun selalu mengajak si kakak bermain.

Hal ini mengenyahkan ketakutan bahwa si adik akan mendominasi semua perhatian anggota keluarga.


♥ libatkan si kakak

Jangan katakan "Jangan pegang adik.."
atau "main dulu di luar ya.." Ketika si kakak ingin dekat dengan adiknya.

Coba libatkan si kakak akan keperluan adiknya.
Misalnya minta diambilkan minyak telon milik adik, atau yang lainnya.

Ini akan membuat dia merasa bangga ketika si emak melihat ia berhasil menjadi orang "dewasa".


♥ terus ingatkan si kakak

Ini emak lakukan berulang saat si kakak mau menyusu, emak akan mengatakan "Kakak sayang adik" lalu ia berkata iya.

selain itu , saat kakak mau tidur pun diulang, agar pesan tersebut masuk ke alam bawah sadarnya.



Ok, itulah beberapa pesan yang emak sampaikan ke paksu agar si kakak tidak cemburu pada adik barunya.

Semoga tips ini cocok juga diterapkan oleh emak lainnya ya!

6 Comments

  1. Ini gampang secara teori kak,, tapi realisasinya wow sekali di aku.. Makanya udah cukup 3 dulu sekarang, klo mo nambah tunggu minimal udah SD yg paling kecil, wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penuh perjuangan emang, emak2 sering gak tidur di awal lahiran gini, hehehehe

      Delete
    2. Selamat begadang ya mak...

      Delete
    3. Masa anak" cpt berlalu koq Kak. Tp kitanya yg tiap hr nungguin yaa rasanya wow liat si abang jahilim adeknya 😅😅

      Delete
    4. Hahahah, iya kak vivi.
      begadang yes. Apalagi macem bayi kembar yang disusui. Seminggu ini masih luar biasa

      Delete
    5. Iya, bener kak Mia. Rasanya waktu berjalan lambat,

      Delete