eMak PoeNya - Parenting Blogger Medan
Showing posts from May, 2019Show All
Julaibib

gramha.net Ramadhan, pelan tapi pasti hampir bersiap meninggalkan kita. Sudahkah perjalanan hampir sebulan ini membekas di hati dan keseharian kita? Sudahkah kita pantas disebut kembali fitrah? Berbaju taqwa?  Soal ketakwaan, banyak sekali sahabat Nabi…

dua garis biru di mata emak-emak

Poster Film Dua Garis Biru Kali ini bukan mau review film ya mak.. Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang. Pas banget pas liburan. Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah k…

jerawat bayi

id.theasianparent.com Masih bayi, kok muka si baby jerawatan?  Hehehe, tenang mak..  ini bukan jerawat kayak abege atau pun orang dewasa lainnya. gak perlu skincare khusus buat menghilangkan jerawat dan gak perlu obat-obatan khusus. Jerawat baby ini …

menghadapi si usil

wajib baca.com Punya dua orang anak saja di rumah, sudah cukup untuk tau mana si usil yang suka jahil.  konon lagi kayak emak yang punya lima. Jadi, si usil di rumah kami juaranya adalah si tengah.   Laki-laki satu ini, bukan cuma usil bin jail, kadang mamak…

Medela Harmony, pas untuk mommy simple

Menyusui dua buah hati sekaligus (tandem nursing) membuat ku harus berpacu dengan waktu menghadirkan banyak ASI yang cukup. Belum selesai dengan anak yang satu, bayi sudah menangis minta menyusu. Kadang sebaliknya,  belum selesai dengan bayi, anak yang satu lagi sudah …

all about milk blister

breastfeeding magazine Hai mak.. Jan pala bosen belakangan ini tulisan awak tentang emak dan bayi. Hihihi Sebenarnya ini pengalaman lama. Saat anak kedua. Apa itu milk blister? Milk blister atau milk bleb,  atau nipple blister atau pun nipple bleb, adala…

bayi kuning, normal kah

Bayi kuning atau jaundice biasanya terlihat sekitar 2-3 hari setelah lahir.  sebenarnya keadaan ini normal karena secara sederhana tubuh bayi kelebihan bilirubin. zat ini biasanya akan diurai oleh hati. Tadinya, tugas ini ketika di dalam kandungan, dilak…

Let Down Reflex

www.loveandbreastmilk.com LDR, Ldr apa yang disukai emak-emak? Heheheh,  biasanya LDR yang diingat adalah Long Distance relationship. Ini dipastikan semua emak-emak gak suka. biaya ketemu mahal, uang dapur jadi dua kali pengeluaran,  biaya telekomunikasi,  …

tidur berkualitas ibu baru

islampos.com Tidur adalah kebutuhan Pokok bagi semua orang seperti layaknya makan dan nafas. Namun,  tidur yang cukup buat ibu baru,  sungguh sesuatu yang mahal. Padahal ibu baru rentan terhadap berbagai masalah kesehatan fisik dan psikis bila kurang tidur. …

merawat tali pusar bayi baru lahir

id.wikipedia.org Tali pusar atau tali pusat adalah bagian tubuh paling penting bayi ketika di dalam rahim. tali pusar berfungsi menjaga kelangsungan hidup janin di dalam rahim, karena janin bernafas dan makan melalui tali pusar. Lazimnya di Indonesia,  tali …

waktu mustajab saat Ramadhan

Sriwijaya post Bulan Ramadhan jangan disia-siakan Mak.. Selain penuh maghfirah atau ampunan,  bulan Ramadhan juga terselip saat - saat yang mustajab atau cepat nya doa terkabul di bulan puasa ini. Anak-anak di rumah, kebetulan juga diajarkan untuk berdoa di…

agar kakak tidak cemburu pada adik baru

Kelahiran bayi adalah moment yang ditunggu-tunggu orangtuanya.  Namun, ternyata ada yang tidak senang ketika anggota baru muncul. siapa dia? Kakaknya. Duh, kok bisa ya mak si kakak gak senang dengan kehadiran makhluk imut yang baru? Ada banyak faktor. pert…

Tandem Nursing, apa itu

mamanatural.com Tandem Nursing,  pernah dengar gak mak? Apa sih tandem nursing itu? Nah, kali ini emak mau nulis tentang tandem nursing. tandem nursing itu, adalah menyusui dua anak yang berbeda umur secara bersamaan. Biasanya sih karena jarak yang dekat ant…

Tetangga adalah Rezeki yang luar biasa

Anak ke 5 kami Rezeki,  bagi banyak orang adalah uang yang banyak atau harta yang melimpah.  punya banyak uang dan harta padahal belum tentu berkah. Namun,  rezeki punya bentuk lain yang kurang kita syukuri.  Kesehatan dan tetangga.  Orang-orang b…

anak bertanya manfaat puasa

www.nu.or.id "Kak,  bangun.. Sahur Yuk.." Terkadang ada beberapa anak yang perlu ekstra perjuangan untuk membangunkan makan sahur. Ada pula yang langsung semangat begitu dibangunkan. Tak jarang mereka mereka-reka, "Ma.. ini puasa ke 13 ya?&…

Hari raya, harus kah serba baru?

wikipedia Masih hari ke 12 Ramadhan,  emak udah cerita hari raya aja.. Hihihi, persiapan kalo anak-anak mulai nodong minta serba baru. Gak dink. Alhamdulillah anak-anak gak ngerti tuh hari raya harus baju baru, semua kue lengkap di meja, masak lontong atau ketu…

merawat rumah tangga

Secara hari ini anniv emak ke 9, hihihi Emak mau ngomongin tentang hubungan dalam rumah tangga. 9 tahun sebenarnya belum cukup lama untuk bisa sok berbagi pengalaman, namun juga bukan angka yang sekejap dilalui bersama. Kenapa mau berbagi, karena rumah tangga …

melatih anak hidup sederhana

Bulan Ramadhan bisa menjadi titik awal mengajarkan anak hidup sederhana. Kenapa sih harus hidup sederhana? Karena anak kita tidak perlu belajar untuk bisa hidup mewah namun untuk bisa hidup sederhana,  perlu banyak latihan. Emak punya beberapa tips nih untuk …

beberapa wasiat bapak

makam bapak Hari ini cuma nulis beberapa wasiat almarhum bapak jauh sebelum beliau meninggal.  judulnya kok mirip-mirip "jodoh wasiat bapak" ya.. wkwkwk pengen nulis ini, karena beberapa pesannya jauh dari kebiasaan yang jadi tradisi di lin…

menjewer telinga anak, no no no

bersama islam.com Anak bikin kesel kah mak? Tak jarang di waktu-waktu injury time, misalnya saat kita kecapekan atau mengantuk, hal ini membuat kita bermain fisik. Beberapa orangtua terkadang secara tidak sadar sering menjewer telinga anaknya. mungkin terlih…