Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tanda si kecil siap bersekolah

Foto 2 tahun lalu di hari pertama masuk sekolah


Apa kabar mak?
Wah..liburan telah usai, hari-hari ke sekolah dimulai kembali.
Buat emak yang punya anak usia sekolah, akan disibukkan dengan pagi menyiapkan anak ke sekolah. Mulai dari bangunin, bikin sarapan, nyiapin bekal hingga jadi tim hore-hore biar si anak sigap ke sekolah.


Nah, untuk emak yang punya balita,  terkadang bingung Kira-kira usia berapa sih anak kita layak untuk masuk dunia sekolah?  Beda anak beda pula tandanya ya mak. Gimana sih taunya kalo anak kita ternyata sudah siap untuk ke sekolah?


Untuk sulung saya sendiri, di usia 3 tahun 2 bulan, sudah punya 2 adik. Dikarenakan anak perempuan pun terlihat lebih mandiri dibanding anak lelaki pada umumnya, maka ia pun lebih dulu menunjukkan sinyal-sinyal ingin berangkat ke sekolah.

Apa saja sih mak tanda si kecil siap sekolah, yuk kita bahas satu-satu ya..

● si kecil minta sekolah

Untuk tanda yang satu ini, Tampaknya mudah sekali ya mak. Si kecil merasa siap dan antusias untuk memasuki dunia sekolah. Rasa-rasanya kalo si  kecil sudah minta ke sekolah, emak di rumah gak akan pusing untuk mereka-reka apakah anak sudah siap ke sekolah? 


Biasanya dengan mintanya si kecil ke sekolah diikuti dengan  minta dibelikannya peralatan sekolah.  Apakah tas, pensil,  buku atau alat mewarnai. Meskipun sebenarnya ketika ia masuk dunia sekolah, ia belum lagi diperintahkan untuk melakukan calistung.  Hehehe

Persis seperti si sulung. Ia sudah tahu minta dibelikan crayon dan juga kertas origami. Minta sekolah di umur 3 tahun dan bersemangat untuk bangun pagi. Asyiknya, di usia tersebut ketika masuk playgroup, sekolahnya sesuai harapan saya, tidak ada calistung (baca, tulis, hitung) kecuali pengenalan melalui lagu dan juga lebih banyak pelajaran kemandirian. 


● Sudah mandiri

Si kecil menunjukkan tanda-tanda kemandirian misalnya, ia sudah lulus toilet training. Contoh lain, ia sudah bisa mengutarakan kebutuhan dan juga kemauannya. Di saat haus sudah dengan baik berbicara minta diambilkan minum, saat ingin mengajak emak menemani atau membuatkan gambar ia sudah bisa berkomunikasi dengan cakap dan komunikan (orang yang diajak berbicara) juga mengerti.


● sudah tertarik dunia sekolah 

Si kecil suka sekali menghitung meskipun kita tak pernah memaksanya berhitung atau si kecil suka menulis beberapa abjad di kertas bekas presentasi kerja ayahnya. Atau bisa juga, si kecil tiba-tiba suka berperan menjadi "guru" dan menyuruh si adik atau anak seusianya untuk menjadi muridnya. 

Itu tandanya si kecil sudah siap ke sekolah meskipun ia tak minta. Terkadang ada anak yang secara eksplisit menyampaikan secara gamblang "Ma,  aku mau sekolah".
Namun ada juga anak yang tak meminta secara langsung keinginannya.  Entah karena ia takut ditolak atau karena si emak tak pernah menawarkan. 


● Usia sudah mencukupi

Ada anak yang usia 3 atau 4 tahun terlihat sangat cakap untuk masuk sekolah. Namun, ada pula anak yang sudah berusia 5 hingga 6 belum tertarik untuk pergi sekolah.

Nah,  bila anak berusia 5 hingga 6 belum teringin masuk ke tk/paud, sepertinya kita yang harus lebih dulu menawarkan si kecil.  Bila ia tidak ingin bersekolah di sekolah umum, boleh juga menawarkan kurikulum home schooling buatnya. 

Demikian 4 tanda si kecil siap untuk ke sekolah, namun yang perlu diingat oleh orangtua agar tidak memaksa anak yang berusia 3 atau 4 untuk buru-buru ke sekolah apabila ia belum siap. 

Ada beberapa catatan untuk anak usia 3 atau 4  bila mulai sekolah.

▪ Tidak memaksanya ke sekolah bila di suatu hari anak tidak mood sekolah. Karena anak usia tersebut, di sekolah memang untuk bersenang dan bermain. 

▪Tidak ada calistung. Perhatikan pula sekolahnya. Jangan sampai memaksa anak usia paud untuk belajar calistung.

▪Tidak mengikutkan anak tk/paud les membaca. Terkadang sekolah sudah pada pattern yang benar yaitu tidak memuat kurikulum calistung. Namun orangtua terkadang malah mengikutkan si kecil les calistung.

▪ Bila anak sudah masuk paud di usia 3, kemudian tahun depan ingin berhenti sekolah, biarkan saja. Mungkin ada kejenuhan.  Hal ini normal kok, nanti di usia yang lebih matang ia akan minta sekolah kembali.


Demikian mak, beberapa tanda anak siap ke sekolah beserta beberapa hal yang menjadi perhatian bila anak sekolah di usia cenderung muda.
Ssst,  emak nya udah siap belum jadi tim hore-hore si kecil? Hehe, semoga bermanfaat..
blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

46 komentar untuk "tanda si kecil siap bersekolah"

  1. Biasanya kalau ada anak-anak yang berangkat sekolah atau kebetulan lewat depan sekolah, maka akan ngelihat terus ....
    Dan di rumah akan bersikap seolah2 akan berangkat sekolah, bawa2 tas yang diisi buku, dsb. hehe ... lucu ya bund

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Dulu pas saya kecil juga suka ikut sepupu yang ke sekolah.

      Hapus
  2. Emaknya sedih gak tuh kak ditinggal anaknya? Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, gak..

      Cuma agak sepi sekejap, habis itu rame balik..

      Hapus
  3. Tapi pertama sekali anak sekolah pasti seru banget yaa. Mengantar dan kadang menunggu di sekolahan bikin senang. yang penting anak tahu sekolah itu bagaimana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya mba, tapi anak saya semua cuma diantar trus ditinggal.

      Hapus
  4. Saya setuju kita harus memperhatikan kesiapan anak untuk sekolah secara formal.Bersekolah terlalu cepat bikin anak bisen juga.Apalagi kalau suasana di sekolah gak kondusif untuk belajar sambil bermain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dona, beberapa anak memang cenderung bosan bila sekolah gak sesuai dengan imajinasinya.

      Hapus
  5. nice info nih kak.. terutama buat ibu muda yang sedang galau mencari jawaban kapan waktu yang pas buat nyekolahin anaknya.

    BalasHapus
  6. Iya Mak sesuatu yg perlu di ingatkanb buat para emak neh, bahwa kesiapan mental anak untuk bersekolah itu penting yac. Kesiapan anak untuk bisa bersosialisasi dan interaksi serata menerima orang baru (teman dan guru).

    BalasHapus
  7. Anak sulung mulai sekokah PAUD saat saya hamil si bungsu...huhuhu, mual hebat pula. Jadi yang enggak siap sayanya hahaha
    Tapi beneran, ada tanda kalau anak siap sekolah ya mbak dan lebih baik kita tidak memaksa

    BalasHapus
  8. Jadi inget anakku yang pertama, dia udah 7 tahun tapi sangat terlihat belum siap sekolah ga aku paksain, akhirnya tahun berikutnya barulah dimasukkan sekolah, memang aku juga ga maksain anak untuk sekolah terlalu muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Selvi. Dipaksa membuat anak juga gak Ikhlas pergi sekolah,

      Hapus
  9. Sebagai orangtua memang perlu tahu kesiapan anak dalam sekolah sehingga ke depannya sang anak tidak merasa tertekan dan terbebani untuk sekolah. Orangtua juga perlu memotivasi anak agar bersemangat sekolah, memberi perhatian lebih dengan mengantar, membuatkan sarapan yang sehat,dan hal hal kecil yang membuat anak bersemangat sekolah.

    Selamat bersekolah!

    BalasHapus
  10. Iya, Mba. Saya juga tidak memaksa anak untuk calistung, lebih baik di masukin les yg sifatnya olahraga atau keterampilan. Macam bola, renang taekondow drpd harus calistung. Ma kasih tipsnya ya, ilmu nih buat saya. ^_^

    BalasHapus
  11. Pingin sih menyekolahkan anak pas di usianya yg ke 7 tp pd 6 tahun semua masuk SD nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kak, biar lebih matang..
      malah suka heran kalo ada emak yang ngotot anaknya harus masuk sd di usia 5 tahun..

      Hapus
  12. Kemaren anakku masuk paud usia 4 kurang. Tapi memang bilang sama sekolah, nggak boleh kalau fokusnya di calistunh atau membaca, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. karena anak usia dini masuk sekolah paud hanya untuk "bermain" aja..

      Hapus
  13. Anak saya sekarang kelas 2. Dia masuk SD ketika umur 6. Dan setuju banget dengan tanda-tanda anak sudah siap masuk sekolahnya.

    BalasHapus
  14. Anakku nih yang blm tertarik buat sekolah haha, makanya yawda meski kanan kiri bilang ntr sekolahnya ketuaan aku selow aja, yg penting anaknya hepi. Setidaknya msh ada setahun ke depan nyiapin dia kalau mau sekolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener.. Kalo gak mau sekolah umum juga masih boleh sekolah homeschooling ya..

      Hapus
  15. aku dulu masuk sekolah TK karena poin ke-3. Katanya Ummi, pas kecil dan kebetulan lewat depan sekolahan lalu dengerin anak-anak nyanyi, dan nyampe rumah langsung bisa nyanyi lagu itu

    BalasHapus
  16. Anak ku malah kadang ga mau sekolah nih walau usia nya sudah cukup namun memang benar ya anak laki2 itu lbh cendrung manja dan mandiri nya aga lama ketimbang anak perempuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, mungkin karena anak laki lebih banyak kelihatan kepintaran motorik mba..

      Hapus
  17. Tugas orang tua nih berarti ga gimana caranya mengenalkan sekolah sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk anak. Kalau udah happy pasti siap buat sekolah

    BalasHapus
  18. Artikel menarik. Orang tua harus memperhatikan anak yang sudah siap untuk masuk dunia sekolah. Ternyata kesiapan itu berbeda antara satu anak dengan anak lainnya.

    BalasHapus
  19. Orangtua emang memiliki peran pentibg ya disini, mengajarkan anaknya tentang dunia sekolah tapi tetap bisa menyenangkan buat si anak

    BalasHapus
  20. Mnrt awak, min usia 4 thn de anak di sekolahkan.
    Tiga tahun masih terlalu kecil, awak kuatir, dan rindu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi tergantung anaknya emang kak..
      kadang malah maunya masuk tk umur 5 tahun aja..

      Hapus
    2. Sbnrnya awak pun maunya lima taon. Dua taon tk. Tujuh taon msk sd. Pas itu hmmm

      Hapus
    3. Iya kak vivi. Apalagi anak cowok kan matangnya beda sama anak cewek ya

      Hapus
  21. Anak aku udah bilang mau sekolah sejak umur 3 tahun mak.. Tapi aku belum sekolahin. Takutnya baru sehari dia udah nggak mau sekolah lagi, wkwk.. Pengalaman abang dan kakaknya gitu walaupun udah 4 tahun masuk PAUD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo si sulung kami tiga tahun sekolah, tahun depan cuti, masuk lagi tk di umur 5.

      Tapi yang belum ada cuti si nomer 3. Hehehe
      ini tahun ketiga sekolah, masih nampak semangat karena sekolahnya pindah dari sekolah 2 tahun ini..

      Hapus
  22. Sy dlu gk kenal paud sma tk langsung masuk sd usia 5 thn kk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, gak apa kok kak.
      paud dan tk kan cuma perkenalan dunia sekolah..

      Hapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️