Langsung ke konten utama

Tandem Nursing, apa itu

mamanatural.com

Tandem Nursing,  pernah dengar gak mak?

Apa sih tandem nursing itu?
Nah, kali ini emak mau nulis tentang tandem nursing.

tandem nursing itu, adalah menyusui dua anak yang berbeda umur secara bersamaan.
Biasanya sih karena jarak yang dekat antara si kakak dengan si adik.


Nah, secara kemarin emak NWP, alias nursing while pregnant,  atau menyusui ketika hamil , maka otomatis setelah lahir si bayi, emak jadi tandem nursing. Yakni menyusui si kakak dan adik bayinya.


Boleh gak sih tandem nursing?

Boleh. Bahkan ada beberapa manfaat tandem nursing bila dilakukan secara benar.

Pertama, tandem nursing membuat bonding antara kakak dan adik bayinya erat. Ini karena si ibu tidak langsung menyingkirkan si kakak yang Tadinya adalah pemilik tunggal dari asi.

Kedua, ASI langsung keluar ketika bayi inisiasi menyusui.  stok asi pun menjadi melimpah.  Karena ASI diciptakan on demand,  maka ketika banyak keluar, maka akan banyak pula diproduksi.

Ketiga, Minim puting lecet.
Biasanya ibu yang baru melahirkan mengalami puting lecet,  namun ketika si kakak yang lebih expert menyusui masih aktif menyusui, ibu pun menjadi ingat untuk peletakan mulut bayi secara utuh ke seluruh areola.


Nah, itulah beberapa manfaat tandem nursing.

Jangan lagi katakan pada si kakak
"Jangan nyusu lagi ya, sekarang buat adik"
Hal ini akan berpengaruh kepada psikologis si kakak agar menjadikan adiknya sebagai musuh utama karena sudah merebut apa yang masih menjadi miliknya.

Namun perlu di ingat,  utama kan si adik agar nutrisinya tidak terganggu.

Dan tandem nursing benar-benar perjuangan ekstra.
Sungguh, sungguh tidak mudah dilakukan karena sangat melelahkan. Terlebih di malam hari.

karena memenuhi hak si kakak Selama 2 tahun adalah kewajiban emak, maka lakukan lah dengan Ikhlas.

Komentar

Nurhilmiyah mengatakan…
Wew, jadi ingat pengalaman sy, pas anak sulung n kdua jaraknya cm 20 bln. Jadi deh tandem nursing buat dua"nya. Alhamdulillah Allah beri pertolongan lulus ASI X sampai "Doktor ASI"

Artikel yg bagus ini. Makasih udah ngeshare yaa
chaelliza mengatakan…
Makasih kak Mia ♥♥

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…