Langsung ke konten utama

menghadapi si usil

wajib baca.com


Punya dua orang anak saja di rumah, sudah cukup untuk tau mana si usil yang suka jahil. 

konon lagi kayak emak yang punya lima.

Jadi, si usil di rumah kami juaranya adalah si tengah.  
Laki-laki satu ini, bukan cuma usil bin jail, kadang mamak rada naik tensi karena dia pun 'cerewet' di ambang batas.

Bukan cuma ngusilin yang di bawahnya, kakak nya pun tak lepas jadi korban keusilan dia.
Namun kadang,  ketika mengusili si adik, ia terkadang lupa bahwa yang ia lakukan berbahaya.

Misalnya, saat adiknya berjalan,  sengaja ia julurkan kakinya secara tiba-tiba hingga si adik terjatuh. 
kadang refleks emak langsung ngomel panjang kali lebar.

Trus emaknya menganalisa kembali, Kira-kira si nomer 3 ini usil apakah penyebabnya..

Anak usil biasanya ada beberapa sebab, 

1. Rasa ingin tau yang besar

Usil yang satu ini sebenarnya bukan karena ia nakal. Ia pengen tau apa sih yang akan terjadi bila ia lakukan A, B atau C.

Ini terjadi bila si nomer 3,  mulai eksplorasi. 
Saat masih toddler, Udah berhasil membongkar isi jam tangan emaknya. 

Emak gak marah, cukup reimburse ke bapaknya.  #Eeeh

Ini tanda si jail adalah anak yang pintar. 

Bila dibelikan mainan, jangan berharap mainan awet oleh si jail yang pengen tau.

Waktu umur 2 tahun, pernah bongkar mobil-mobilan cuma pengen tau ada supirnya gak di dalamnya. 

menghadapi anak jail model begini cukup beri motivasi dan arahan yang baik.

Dia semakin penasaran kalau kita larang tanpa penjelasan yang 'masuk di akalnya".


2. Menunjukkan agresivitas

Abis jailin si adik, dia beralih membuat nangis kakak nomer 2, setelah selesai dia pun beralih ke kakak nomer 1.

Anak yang terlalu aktif begini, cara menghadapinya cukup memberi aktivitas yang membuat tenaganya berkurang untuk usil.

Biasanya aktivitas di luar rumah seperti olahraga,  cukup untuk meringankan gejala agresivitas tinggi si anak jail model begini.

3. Mencari perhatian 

Anak jail bisa jadi mencari perhatian orang sekitar. 
Misalnya Saudara atau orangtuanya.

Mungkin ia merasa emak atau bapaknya belum memberi perhatian ekstra padanya di hari itu. 

Cara menghadapinya bukan dimarahin ya mak.
biasa model begini, dimarahin semakin menjadi jailnya. 

Kadang, si tengah sengaja jailin adiknya karena ingin adiknya bermain dengannya. 
Atau mencari perhatian emaknya yang lagi sibuk dengan anak yang lainnya. 

Biasanya bila keadaan sudah begini, cara menghadapinya emak meninggalkan aktivitas lain dan langsung berbicara empat mata dengannya.

Emak Panggil dia ke kamar, lalu memeluk nya. 
Tak lupa memberi nasehat bahwa apa yang dia lakukan salah.
Emaknya sedih kalau dia begitu, emaknya mau dia jadi anak sholih. 

Dan terakhir, mendoakan si anak jail.
agar jailnya menjadi jail yang berguna.

Dan Jujur,  saking gemasnya (naik tensi) liat si jail, justru jadinya ia lebih sering didoakan setiap mulai mau marah.

Karena emak pernah membaca kisah imam masjidil Haram, imam As Sudais kecil adalah anak yang jail. 

Saat emaknya sudah capek memasak untuk tamu yang akan hadir, semua masakan telah tersedia, ia pun mencampur semua makanan dengan pasir. 

Di tengah perasaan yang campur aduk, emaknya marah sambil berdoa..
"Jadi Imam Masjidil Haram lah ya nak.."

Dan doa baik emaknya, terkabul..

MasyaAllah..

Komentar

LinRaNa Mom mengatakan…
Kasus nomer satu tu, terima bongkar gak terima pasang ya mak hihihi

Di rmh kami mak sering maen beranteman. Dan pukul2annya bener2an..

Ngerihhhh, dan penuh dengan action2 menantang
Elsa Hayanin Lubis mengatakan…
Whahahaha di tiap rumah pasti ada satu yg tingkahnya lain dr pd yg lain xD
chaelliza mengatakan…
Secara 3 tiga nya laki ya kak..

Berasa nonton smack down ya kak vi..
chaelliza mengatakan…
Yes, bener sa
jendelamamak mengatakan…
Anak tengah biasanya wow memang tingkahnya ya kak. Nggak laki nggak perempuan sama aja. Tapi mereka pulak yang keliatan paling pintar dan kreatif.
chaelliza mengatakan…
Wkwkwk, Luarrr biasaaa

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…