Langsung ke konten utama

Bagaimana Ramadhan Berkesan

Alhamdulillah ketemu bulan Ramadhan kembali.
FYI, ihihihi Ramadhan emak sungguh berwarna sejak Ramadhan pertama setelah menikah.

Ramadhan pertama ketemu setelah 3 bulan menikah. Lengkap dengan hamil muda. Ini adalah pengalaman pertama puasa saat hamil.
Rasanya mirip miss kunti. Kalo pas lagi tensi drop berjalan mirip melayang.  Gak menapak di tanah.

Dan emak karena masih manja-manjanya baru pertama hamil, ada dua atau tiga hari yang terpaksa buka karena emesis (mual muntah saat hamil muda).

Ramadhan berikut nya ketemu menyusui.
niat hati puasa. Tapi karena saat itu disuruh balik ke rumah orangtua, bablas sebulan full tak puasa karena orangtua suka bilang, "kasihan,  nanti bayinya masuk angin"
"Nanti asi nya gak cukup.." And the bre and the bre bre bre.


Begitulah kalo tinggal sama orangtua. Kita terkadang gak punya kesempatan memilih yang kita mau. Meski sebenarnya maksud mereka baik.

Ramadhan ketiga, emak hamil muda lagi.
Clear. Puasa full.
Ramadhan ke empat, menyusui asi eksklusive.
Full kembali. Alhamdulillah.  semua dimudahkan Allah.

Ramadhan kelima seminggu sebelum Ramadhan,  emak melahirkan ke tiga.. Cuma dapat 3 puasa di akhir menjelang Hari raya.

Ramadhan ke enam, menyusui.
Ramadhan ke tujuh masih menyusui Alzam di akhir masa Menyapih.

Ramadhan ke delapan ajaib,  emak hamil lagi ke empat.
Ramadhan ke sembilan,  menyusui.
dan ini adalah Ramadhan ke sepuluh emak dalam pernikahan,  emak lagi hamil tua plus masih menyusui anak ke empat. Alhamdulillah.


Sebenarnya cerita di atas intermezzo aja.. hihihi

Bagaimana membuat Ramadhan berkesan,  sebenarnya bagi emak cuma satu.
Buatlah target Ramadhan!
Target Ramadhan kamu apa?


Target Ramadhan apa aja mak?
Banyak,  Buatlah sesuatu yang bernilai dan bisa membuat kita merindui Ramadhan untuk datang kembali.

Apa-apa yang kita inginkan menjadi kebiasaan di luar Ramadhan, bisa kita upayakan untuk menjadi target Ramadhan.

Apa saja ya mak?
Contoh:
Taddarus,  Tilawah,  Shalat Tarawih, Shalat Tahajud,  Shalat Dhuha,  membagi makanan dengan tetangga, bersedekah,  dan amalan lain yang kita ingin tetap melekat dengan kita meskipun Ramadhan usai.


Apa sih tandanya,  bila Ramadhan benar-benar berkesan?

Nanti di akhir Ramadhan saat shalat idul Fitri atau shalat maghrib awal Syawal,  kita akan terisak-isak tersedih betapa Ramadhan ternyata cepat sekali berlalu.

Jadi mak, apa target Ramadhan kamu?






Komentar

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…