Langsung ke konten utama

agar kakak tidak cemburu pada adik baru




Kelahiran bayi adalah moment yang ditunggu-tunggu orangtuanya.  Namun, ternyata ada yang tidak senang ketika anggota baru muncul.
siapa dia?
Kakaknya.


Duh, kok bisa ya mak si kakak gak senang dengan kehadiran makhluk imut yang baru?

Ada banyak faktor.
pertama, bisa jadi karena umur yang tidak berbeda jauh dengan kehadiran adik.

Kedua, merasa perhatian orangtua sudah beralih ke si adik.

Ketiga, menganggap adik adalah saingan. wah, apalagi kalo sebelum lahiran, calon kakak sering ditanamkan kata-kata yang tidak baik oleh orang sekitar. Misalnya,  "iiih,  nanti kamu gak disayang lagi sama mama, mama punya adek baru".
Dan kata-kata serupa lainnya.


Nah, di rumah kami sendiri beda anak ke empat dengan si adik persis 1,5 tahun.
Jelas sibling rivalry akan lebih kental terasa. Apalagi si kakak masih tetap menyusu.

Jadilah emak tetap antisipasi sadari awal dan warning ke paksu agar melakukan beberapa tips seperti di bawah ini, agar si kakak tidak cemburu pada adik barunya.

♥ jangan ada hak si kakak yang berubah

Misal si kakak masih menyusu, jangan katakan bahwa sekarang sudah milik adik, tidak boleh lagi menyusu,  karena di umur toddler si kakak tidak akan bisa menerima bahwa miliknya tiba-tiba berpindah tangan mendadak diambil oleh makhluk baru.


♥ beri perhatian ekstra si kakak

bayi baru lahir tidak akan mengerti bila kita melebihkan sementara si kakak agar tidak cemburu.
Sebaliknya, si kakak akan merasa diasingkan bila kita terus bersama si bayi.

Jadi, paksu lebih banyak bermain dengan si kakak, dan ketika bayi tidur emak pun selalu mengajak si kakak bermain.

Hal ini mengenyahkan ketakutan bahwa si adik akan mendominasi semua perhatian anggota keluarga.


♥ libatkan si kakak

Jangan katakan "Jangan pegang adik.."
atau "main dulu di luar ya.." Ketika si kakak ingin dekat dengan adiknya.

Coba libatkan si kakak akan keperluan adiknya.
Misalnya minta diambilkan minyak telon milik adik, atau yang lainnya.

Ini akan membuat dia merasa bangga ketika si emak melihat ia berhasil menjadi orang "dewasa".


♥ terus ingatkan si kakak

Ini emak lakukan berulang saat si kakak mau menyusu, emak akan mengatakan "Kakak sayang adik" lalu ia berkata iya.

selain itu , saat kakak mau tidur pun diulang, agar pesan tersebut masuk ke alam bawah sadarnya.



Ok, itulah beberapa pesan yang emak sampaikan ke paksu agar si kakak tidak cemburu pada adik barunya.

Semoga tips ini cocok juga diterapkan oleh emak lainnya ya!

Komentar

jendelamamak mengatakan…
Ini gampang secara teori kak,, tapi realisasinya wow sekali di aku.. Makanya udah cukup 3 dulu sekarang, klo mo nambah tunggu minimal udah SD yg paling kecil, wkwk..
chaelliza mengatakan…
Penuh perjuangan emang, emak2 sering gak tidur di awal lahiran gini, hehehehe
LinRaNa Mom mengatakan…
Selamat begadang ya mak...
Nurhilmiyah mengatakan…
Masa anak" cpt berlalu koq Kak. Tp kitanya yg tiap hr nungguin yaa rasanya wow liat si abang jahilim adeknya 😅😅
chaelliza mengatakan…
Hahahah, iya kak vivi.
begadang yes. Apalagi macem bayi kembar yang disusui. Seminggu ini masih luar biasa
chaelliza mengatakan…
Iya, bener kak Mia. Rasanya waktu berjalan lambat,

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…