Langsung ke konten utama

Heartburn pada Ibu Hamil

Pic by Google


Kalo mendengar heartburn apa sih yang terlintas di pikiran emak semua? 

Heartburn atau Refluks adalah perasaan terbakar yang dirasa di sekitar dada hingga tenggorokan. 

Ibu hamil tri semester akhir akan sering mengalaminya. 
Apalagi ibu hamil dengan riwayat asam lambung.

Duuuuh,  jangan tanya rasanya..
tidur jadi susah, kenyamanan langsung hilang.
Apalagi seringnya ibu hamil merasakan heartburn saat malam.

Apa saja yang harus dilakukan bila mau menghindari heartburn sih mak?

1. Makanlah dengan porsi kecil.

boleh.. ibu hamil boleh makan sering-sering tapi dengan porsi kecil.  Kenapa? 
Karena dengan bentuk perut yang sudah limited di akhir trisemester membuat perut ibu hamil cepat penuh. 
Ini sih yang membuat gas berdesakan di dalam perut sehingga membuat kita merasakan heartburn.

2. Hindari makanan bergas. 

Yuhhu.. Makanan bergas seperti kol, durian, apalagi minuman bersoda.  Ini makanan pantangan bila ibu hamil sering merasakan heartburn. 
Ditahan dulu ya mak selera nya hingga adek bayi lahir.

3. Hindari makanan berbumbu tajam.

Makanan berbumbu tajam seperti kare,  dan makanan spicy yang pedas-pedas harap dihindari ya mak.
Meski pun emak-emak kadang adalah pecinta kuliner yang pedas sampe dower, lebih baik dihindari agar kehamilan yang tinggal beberapa bulan lagi ini tidak bertambah menyiksa.

4. Jangan makan sebelum tidur.

Sebaiknya makan 2-3 jam sebelum tidur. Makan terlalu malam hingga langsung tidur selesai makan sebaiknya memang ditinggalkan. Lambung masih bekerja dan menciptakan banyak gas yang bisa naik ke tenggorokan bila kita langsung tidur. 

5. Letakkan kepala lebih tinggi dari perut.

Ibu hamil disarankan memakai bantal yang lebih tinggi dari pada perut agar heartburn bisa dihindari.

6. Tinggalkan kafein

Uhuk.. Kadang pecinta kopi tidak bisa meninggalkan kebiasaan yang satu ini meskipun sedang hamil.
tapi sebaiknya memang jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi atau pun coklat.


Naaaah..
itulah beberapa langkah dan saran yang bisa emak bagi agar tak lagi mengalami heartburn saat hamil ya mak.


Jangan lupa jaga kesehatan, biar fit hingga lahiran nanti..

♥♥♥♥

Komentar

LinRaNa Mom mengatakan…
sehat-sehat ya bumil.... semoga persalinannya lancar, Aamiinn...
Hydriani mengatakan…
Saya juga mengalami heartburn ini saat hamil 7 bulan sampai mau lahiran, rasanya sedap sekali yah sampai gak bisa tidur
chaelliza mengatakan…
Aamiin.
Makasih kak vivi ♥♥
chaelliza mengatakan…
Yes.. Rasanya nyesss.
kadang udah tau penyebabnya, tapi karena makanan itu enak, tetep aja dilakuin Hehehhe.

Dyah Ummu AuRa mengatakan…
sehat..sehat ya bumil. penyakitku banget nih asam lambung 😅 selain ini krn terllau sering muntah. sakit di ulu hati juga
chaelliza mengatakan…
Makasih kak dyah..

Iya, apalagi kalo muntah pas perut kosong. Serasa perut diperes ya kak..
Desy Zulfiani mengatakan…
Semoga lancar. Tiada kesusahan dlm lahiran semoga bayinya sehat juga.
chaelliza mengatakan…
Aamiin..
Makasih kak echy...
Oem Dilla mengatakan…
Sehat terus kak. For u for baby and for all families 😊
chaelliza mengatakan…
Makasih kak oem..
astri siregar mengatakan…
Makasi informasinya, kak, semoga sehat terus ya, kak....
chaelliza mengatakan…
Aamiin.. Sama2 astri..

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…