Langsung ke konten utama

Pempek dan Tekwan Zahfira, ueeenake poll..

Serius gak ada sih yang nyuruh nulis review makanan. Tapi ini serius, makanannya emang enak.

Saya kenal pempek saat kecil dulu, berawal dari tetangga yang orang Jambi,  selalu mencari ART sekitaran Jambi dan Palembang.  Alasannya biar bisa masak makanan asal mereka.

Tetangga rumah ortu memang sering tukar-tukaran makanan. Maka akhirnya, kami jadi familiar sekali dengan pempek.  Meski pun  saat itu, pempek belum ada gerainya di Medan. 

Seiring saat ini, semakin menjamurnya pempek di Medan,  jadilah cita rasa pempek itu agak-agak berbeda ya.
kebanyakan tepung sih,  yang di gerai depan minimart.  Belum lagi cuko atau kuahnya yang encer. 

Akhirnya ada teman yang menjual pempek dan tekwan instan. 
Meski pun instan, produk ini jauh dari MSG dan pengawet. 
Soal rasa punnn,  beeuugh.  Endeuus. 

Nah, cerita dari ownernya,  pertama nguplek resep pempek hingga menjadi cita rasa yang sekarang itu gak instan. Ada banyak sekali proses yang sudah dilalui oleh kak Yamah, pemilik pempek dan tekwan Zahfira yang akan kita kupas tentang rasanya.

Mantan pegawai salah satu perusahaan pengolahan minyak sawit ini bercerita, dulu nya pempek nya sering gagal.
Namun semangat pantang menyerah yang dimiliki akhirnya membuat resep yang ia olah menjadi enak di lidah.

Saya sudah pernah order pempek. Untuk penyajian,  hanya tinggal goreng ulang dengan api kecil-sedang,  lalu ditambah cuko dan diberi pelengkap sesuai selera. Boleh irisan timun atau bubuk ebi.
Saya paling suka kapal selam dan pempek kulit.
Setelah memproduksi pempek, sekarang ada pula tekwan Zahfira. 

Sebenarnya sudah agak lama pengen order, tapi baru kesampaian sekarang.
isi Paket nya lengkap. 


Cara penyajian tekwan Zahfira yang mudah

Mau tau isinya? 
Ada bumbu racik yang akan kita masukkan ke air mendidih sekitar 1.5-2 liter air.
Kemudian ada tekwannya (Hehehe, jelas lah)

Soun/bihun, timun, daun sup, bawang goreng, kecap, jeruk kasturi, hingga cabe rawit giling sudah lengkap.
Oh ya, di dalam bumbu yang kita masukkan tadi ke air mendidih juga sudah lengkap ada jamur dan bengkoang dan rencah pelengkap lainnya.


Penampakan lengkap 1 paket tekwan Zahfira



Nah.. konkawan bisa lihat cara penyajian di gambar pertama ya..
Gak susah kok, dibanding harus menguleni lagi dari awal, hehehehe.

setelah berperang manja sebentar di dapur,  jadilah penampakan tekwan Zahfira seperti ini:


Rasanya, beuuuggh... Alhamdulillah Lazid


Setelah baca bismillah, terasa lah kuah tekwan yang merupakan perpaduan gurih dan asam dengan jeruk kasturi tadi, rasanya beneran segar.

Saya memang pecinta makanan asam-asam gurih,  makanya ketika ketemu yang satu ini,  rasanya bener-bener bikin nagih. 

Satu paket ini banyak loh isinya, hanya tinggal beli saja tambahan bihun jagung. Bisa dapat porsi 6 mangkuk.
hemat lah pokoknya. 

Kalo kepengen,  order dimana sih?

Sila hubungi kak yamah ya..
Di 085270753637. Boleh telepon juga Wa. 

InsyaAllah gak nyesal lah..
jangan lupa juga pesen pempek nya.  
Ikan tenggiri asli,  halal, tanpa MSG dan InsyaAllah enak..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…